Self Lifehacks

20/21: Katakan Satu Kalimat Untuk Dirimu Di Masa Kecil

Tahun ini adalah tahun yang spesial, menjelang pergantian tahun GREATMIND bertanya 20 pertanyaan kepada 21 kontributor.

Greatmind: Apa yang ingin kamu katakan untuk diri di masa kecil?

Marvin Sulistyo: jangan pernah nyerah karena dulu dari kelompok minoritas. Jangan jadikan ini sebagai penghalang untukmu berani sosialisasi, belajar dan eksplor hal di sekitarmu. Tiap orang terlahir sama, punya kesempatan yang sama, hanya masalah mau tidaknya.

Inez Kristanti: you are good enough.

Petra Sihombing: Patcil jangan takut ya.

Gallaby: kamu butuh percaya diri yang kuat.

Hannah Al Rasyid: harus lebih nakal lagi, harus enjoy.

Asmara Abigail: be brave. Kayaknya itu penting banget buat aku di masa kecil karena pada akhirnya, dari kecil sampai sekarang, it's going to be okay.

Kenny Santana: semua hal berpotensi bikin sakit hati dan pasti akan sakit hati, tapi yaudah, itu akan membentuk orang yang lebih kuat dari sekarang. Tapi selama belum mengalami sakit hati itu enjoy your life. Kalau mengalami sakit hati enjoy the hurt.

Omara Esteghlal: siap-siap ini akan jadi menarik.

Adam A. Abednego: terima kasih sudah menjadikan saya yang sekarang.

Louise Monique Sitanggang: ayo Louise harus bekerja keras dan disiplin nggak boleh ngomong ntar.

Kelly Tandiono: bangor!

Andini Effendi: saya bisa jadi apapun yang saya mau.

Ify Alyssa: nggak jelas, trus suka ditantang dan kompetitif.

Trivet Sembel: nggak semua tai itu buruk, tai bisa jadi pupuk.

Rhaka Ghanisatria: jangan pernah takut buat gagal.

Abenk Alter: you'll be fine, you'll be great, just believe in yourself.

Dhira Naryana: ah gendut lo!

Soraya Cassandra: woy jangan tukang malakin orang. Waktu sd suka malakin anak-anak satu SD.

Dimas Danang: Danang, jangan berhenti belajar, merasa dan cobalah untuk tidak mendendam. Kamu akan baik baik saja. Ini aku, aku baik-baik saja.

Andra Alodita: Andra, nggak perlu sering sedih atau berkecil hati karena saat dewasa you'll be okay.

Masa kecil adalah masa yang membentuk kita di kala dewasa. Apa yang terjadi di sana dapat memberikan banyak pelajaran untuk kehidupan kita kini. Memahami masa kecil dapat menjadi cara untuk memahami diri kita saat ini. Segala kejadian yang terjadi di masa kecil dapat memperkaya kualitas diri jika kita mau melihat sisi terang di tiap pengalamannya. Yang terburuk sekalipun. Kita tak bisa mengubah masa lalu, tak bisa mengubah masa kecil. Tapi kita bisa mengubah masa depan dengan menjalani masa kini lebih baik. Salah satu cara menjalaninya adalah dengan penuh kesadaran atas berharganya pengalaman di masa lalu. Bukan untuk terus tinggal di masa itu melainkan untuk berdamai dengannya sehingga dapat memperbaiki masa kini. Jadi sudahkah kita berdamai dengan diri kita di masa kecil?

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024