Self Lifehacks

20/21: Katakan Satu Kalimat Untuk Dirimu Di Masa Kecil

Tahun ini adalah tahun yang spesial, menjelang pergantian tahun GREATMIND bertanya 20 pertanyaan kepada 21 kontributor.

Greatmind: Apa yang ingin kamu katakan untuk diri di masa kecil?

Marvin Sulistyo: jangan pernah nyerah karena dulu dari kelompok minoritas. Jangan jadikan ini sebagai penghalang untukmu berani sosialisasi, belajar dan eksplor hal di sekitarmu. Tiap orang terlahir sama, punya kesempatan yang sama, hanya masalah mau tidaknya.

Inez Kristanti: you are good enough.

Petra Sihombing: Patcil jangan takut ya.

Gallaby: kamu butuh percaya diri yang kuat.

Hannah Al Rasyid: harus lebih nakal lagi, harus enjoy.

Asmara Abigail: be brave. Kayaknya itu penting banget buat aku di masa kecil karena pada akhirnya, dari kecil sampai sekarang, it's going to be okay.

Kenny Santana: semua hal berpotensi bikin sakit hati dan pasti akan sakit hati, tapi yaudah, itu akan membentuk orang yang lebih kuat dari sekarang. Tapi selama belum mengalami sakit hati itu enjoy your life. Kalau mengalami sakit hati enjoy the hurt.

Omara Esteghlal: siap-siap ini akan jadi menarik.

Adam A. Abednego: terima kasih sudah menjadikan saya yang sekarang.

Louise Monique Sitanggang: ayo Louise harus bekerja keras dan disiplin nggak boleh ngomong ntar.

Kelly Tandiono: bangor!

Andini Effendi: saya bisa jadi apapun yang saya mau.

Ify Alyssa: nggak jelas, trus suka ditantang dan kompetitif.

Trivet Sembel: nggak semua tai itu buruk, tai bisa jadi pupuk.

Rhaka Ghanisatria: jangan pernah takut buat gagal.

Abenk Alter: you'll be fine, you'll be great, just believe in yourself.

Dhira Naryana: ah gendut lo!

Soraya Cassandra: woy jangan tukang malakin orang. Waktu sd suka malakin anak-anak satu SD.

Dimas Danang: Danang, jangan berhenti belajar, merasa dan cobalah untuk tidak mendendam. Kamu akan baik baik saja. Ini aku, aku baik-baik saja.

Andra Alodita: Andra, nggak perlu sering sedih atau berkecil hati karena saat dewasa you'll be okay.

Masa kecil adalah masa yang membentuk kita di kala dewasa. Apa yang terjadi di sana dapat memberikan banyak pelajaran untuk kehidupan kita kini. Memahami masa kecil dapat menjadi cara untuk memahami diri kita saat ini. Segala kejadian yang terjadi di masa kecil dapat memperkaya kualitas diri jika kita mau melihat sisi terang di tiap pengalamannya. Yang terburuk sekalipun. Kita tak bisa mengubah masa lalu, tak bisa mengubah masa kecil. Tapi kita bisa mengubah masa depan dengan menjalani masa kini lebih baik. Salah satu cara menjalaninya adalah dengan penuh kesadaran atas berharganya pengalaman di masa lalu. Bukan untuk terus tinggal di masa itu melainkan untuk berdamai dengannya sehingga dapat memperbaiki masa kini. Jadi sudahkah kita berdamai dengan diri kita di masa kecil?

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024