Self Lifehacks

Agar Tak Jatuh Dalam Godaan

Greatmind

@greatmind.id

Redaksi

Ilustrasi Oleh: Salv Studio

Banyak sekali bahasan tentang mengapa manusia jatuh dalam godaan alias menyerah kepada dosa. Memang melakukan dosa lebih mudah dan hampir tidak ada tantangannya. Sebaliknya melakukan hal yang baik, mencari pahala, mencari hal-hal yang positif, akan membuat kita mengeluarkan usaha, pemikiran, dan aksi yang jauh lebih banyak.

Sebelum kita menyalahkan diri sendiri saat jatuh dalam godaan dosa, ada baiknya kita mengenal tahapan-tahapannya. Ada tiga tahapan yang akan dilewati saat kita akan jatuh dalam godaan, kenalilah sehingga kita tahu kapan saat yang tepat untuk berhenti.

Yang pertama adalah adanya pandangan negatif tentang diri sendiri. Ya, godaan dimulai dengan ilusi tentang diri, lebih tepatnya pandangan miring tentang diri sendiri. Tidak penting apakah memiliki nama besar atau mempunyai track record yang baik, selama kita sendiri mulai mempunyai kebencian pada diri sendiri maka kenalilah bahwa itu merupakan awal jatuh ke dalam godaan.

Yang kedua, mulai menyalahkan hal di luar diri sendiri termasuk Tuhan. Ini berbahaya saat kita melihat godaan sebagai bagian normal dari jalinan alam semesta. Seolah-olah sudah takdirnya. Padahal godaan dan takdir itu seperti air mengalir di sungai yang berbeda. Godaan harus disadari terjadi karena kita mudah dicobai oleh bujukan dan keinginan diri sendiri.

Yang ketiga adalah tantangan. Ini yang terakhir; dalam godaan akan tetap ada godaan. Kita akan tetap berkubang dan menikmati godaan atau keluar dari situ. Tentu saja kita harus sadar ada hasrat yang konsisten mengantarkan kita pada jalan penuh dosa.

Lalu bagaimana caranya keluar dari godaan yang muncul? Ada enam cara untuk keluar dari godaan.

Berdoa

Ini adalah solusi terbaik ketika godaan mengetuk pintu hati. Bahkan jika kita berdoa selama 10 menit, kita dapat dengan mudah menahan diri dari godaan. Memang, doa tidak mengubah Tuhan, tetapi mengubah diri kita sendiri.

Lakukan Hal Yang Paling Disukai

Setiap kali godaan mengetuk pintu, lakukan hal-hal yang paling kita sukai karena akan mampu mengubah fokus dari godaan tersebut. Dengan cara ini, kita dapat menyelamatkan diri dari melakukan dosa yang tidak perlu. Godaan hanya memberi kita kesenangan selama beberapa menit, jadi selalu fokus pada kebahagiaan permanen.

Mendengar Musik

Meski terdengar janggal, nyatanya musik dapat menyembuhkan semua masalah termasuk mencegah godaan karena musik merupakan cara terbaik untuk menenangkan diri. Ketika godaan datang, coba dengarkan musik favorit atau dengarkan musik yang membangkitkan semangat.

Bicaralah Dengan Teman

Saat berbicara dengan orangtua atau teman baik, maka suasana hati akan berubah biasanya ke arah positif.

Ucapkan Kata-Kata Positif

Jangan menggunakan kata-kata negatif untuk menggambarkan situasi, tetapi gunakan kata-kata positif untuk mengubah situasi. Kita menerima apa yang kita katakan melalui telinga sehingga apa pun yang diucapkan langsung masuk ke dalam diri.

Lakukan Hal Baik Dan Pergilah

Ketika godaan datang dalam pikiran, segera ubah lingkungan kita. Berjalan di luar itu akan menyegarkan suasana hati dan kita dapat memiliki kemenangan atas godaan. Lakukanlah juga perbuatan baik. Melakukan perbuatan baik tidak hanya akan membantu orang yang kita bantu tetapi juga akan menenangkan diri kita sendiri.

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024