Self Lifehacks

Awal dan Akhir

Richie Wirjan

@richiewirjan

Konsultan & Mentor Branding dan Kewirausahaan

Ilustrasi Oleh: Salv Studio

Pernahkah kamu merasakan suatu awal dan akhir di waktu yang bersamaan? Beberapa saat yang lalu, saya sempat duduk terdiam di ruang tunggu sebuah rumah sakit ternama. Ada keramaian di saat orang berlalu lalang mengurus panjangnya proses administrasi, tapi ada pula yang terhanyut dalam lelahnya menunggu sebuah panggilan. Mendadak seorang perawat berlari mendekat ke ruang tunggu, memanggil seorang ibu yang duduk termangu di sudut ruang. "Ibu, tolong ikut saya sekarang!" Tersentak saya mendengar sebuah tangisan hebat seorang ibu, sembari berlari sang bunda berteriak "Anakku...!"

Kita adalah mahluk hidup, yang berjalan pada batasan waktu tanpa tahu kapan kita berada dan berlalu – pastikan  kita hidup hari ini.

Sekejap seisi ruang tunggu menjadi senyap, berusaha berempati melihat kasih sang ibu. Di saat yang bersamaan, seorang ayah menggendong bayinya yang masih merah, melangkah keluar rumah sakit dengan penuh harap. Sebuah akhir dan awal, sebuah awal dan akhir. Mungkin kita berpikir, bahwa awal dan akhir hanyalah tentang debu; Ke mana kita berasal, di tanahlah kita kembali. Tetapi awal dan akhir bukanlah selalu tentang hidup dan mati, melainkan juga tentang sebuah kejadian – yang selayaknya musim – akan silih berganti.

Ketika kamu berhenti, bukan berarti hidup tak berarti. Tetapi justru kamu menyadari bahwa kamu perlu ruang dan waktu lebih untuk mencari sebuah arti.

Setiap awal yang baru memberikan kesempatan untuk kita lebih tertunduk, karena kita menyadari bahwa kita tidak tahu seperti apa di depan sana. Kita belajar merendahkan diri, memberanikan diri untuk menjadi 'bodoh' kembali karena banyak bertanya kepada orang lain. Kenapa begitu? Supaya kita bisa melangkah dengan lebih yakin ke depannya.

Setiap awal pasti punya akhir. Akankah kita mengakhirinya dengan baik? Entah itu sebuah hubungan yang mungkin memang tidak pasti ke mana ujungnya, atau kebiasaan buruk yang justru menghambat kita untuk maju. Beranilah memutuskan dan mengubah musim hidup kita sendiri. Ingatkan diri bahwa setiap keputusan kita menentukan kemana kita pergi – naik atau turun. Saya saat ini pun memasuki sebuah musim yang baru, musim di mana saya kembali belajar tunduk pada otoritas, yang mana sebelumnya saya sebagai entrepreneur memiliki kuasa untuk membuat berbagai keputusan. Selain itu, saya pun kembali diingatkan akan pentingnya tanggung jawab dan komitmen sebagai seorang suami dan ayah, supaya saya terus bersemangat memasuki musim yang baru.

Apakah kamu juga sedang memasuki musim yang baru? Terkadang terasa berat dan gelap, seolah-olah tak berujung. Berusahalah membagi cerita dan keluh kesahmu dengan orang terdekat, karena biasanya perubahan 'musim' membuatmu menutup diri; Takut kesulitanmu dilihat orang dan kamu dicap buruk oleh mereka. Hiraukan, sebab waktumu atau musimmu berbeda dengan orang lain.

Percayalah bahwa Tuhan tidaklah diam; Dia menjagamu dari jauh dan menemanimu dari dekat.

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024