Self Lifehacks

Belajar Bertanggung Jawab dan Berempati

Masa muda adalah waktu dimana kita banyak belajar dari kesalahan. Setiap hari kita akan selalu belajar hal baru, berhadapan dengan pilihan, dan penentuan keputusan yang kemudian akan menentukan kehidupan kita di masa mendatang. Kalau diingat kembali bisa dibilang saat awal usia dua puluhan aku cukup sembrono dalam mengambil keputusan, cenderung implusif. Rasanya masa muda adalah waktu yang tepat untuk mengeksplorasi dunia lebih banyak.

Hari ini adalah hasil dari keputusan yang kita ambil di masa lalu. Tugas kita saat ini adalah menjalaninya dengan tanggung jawab penuh. Belajar untuk menerima dan menjalaninya dengan lebih sungguh-sungguh. Kalau masa muda adalah masa eksplorasi, fase menuju dewasa adalah saat dimana kita harus mulai realistis dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Perasaan ini yang kemudian coba aku sampaikan melalui lagu “The Party Is Over”.

Hari ini adalah hasil dari keputusan yang kita ambil di masa lalu. Tugas kita saat ini adalah menjalaninya dengan tanggung jawab penuh.

Lagu “The Party Is Over” sebenarnya berangkat dari pengalaman pribadi atau bisa dibilang sebagai bentuk cerminan diri terhadap pengalaman di masa lalu. Aku berusaha menggambarkan hidup di fase menuju dewasa sebagai pesta yang sudah selesai. Cukup depresif memang, butuh diakui, itu kenapa aku kemudian berkolaborasi dengan Tuan Tigabelas untuk lagu ini. Jadi aku membawakan sisi yang agak muram, lalu Tuan Tigabelas menghadirkan nuansa yang lebih penuh harapan.

Perjalananku menuju dewasa melalui banyak hal, satu yang cukup berperan signifikan adalah musik. Sebenarnya untuk mulai menulis lagu sendiri baru aku mulai sekitar tahun 2021, tapi ketertarikanku terhadap dunia musik sudah dimulai jauh sebelum itu. Pilihan genre yang bisa dibilang tidak terlalu umum, dengan nuansa RnB, Soul, dan Hip-Hop, kemudian mengantarkanku untuk berkontribusi dalam kolektif “Salon RnB”.

Kolektif ini dimulai tanpa sengaja sebetulnya. Berawal dari sempitnya kesempatan untuk tampil di festival musik mainstream. Inisiatif kami untuk membuat acara sendiri akhirnya berkembang menjadi sebuah kolektif yang secara umum diikuti oleh musisi independen. Kolektif “Salon RnB” sendiri dimulai oleh aku, Moneva, dan RL Klav. Sekarang kami dan belasan orang lainnya memulai perjalanan eksplorasi kami dalam dunia musik bersama-sama.

Setiap orang pasti akan berubah, tentu dengan harapan menjadi manusia yang lebih baik. Secara umum, entah sebagai musisi atau manusia, aku merasa di usia saat ini aku lebih bersedia untuk belajar dan pelan-pelan memahami diri sendiri. Belajar untuk lebih memikirkan diri dan kehidupan hari ini, juga masa mendatang.

Setiap orang pasti akan berubah, tentu dengan harapan menjadi manusia yang lebih baik. Secara umum, entah sebagai musisi atau manusia, aku merasa di usia saat ini aku lebih bersedia untuk belajar dan pelan-pelan memahami diri sendiri.

Lagu “The Party Is Over” sebenarnya merupakan rangkaian menuju album Simpathy Empathy yang rencananya akan dirilis pada pertengahan tahun ini. Aku merasa sekarang, kehidupan dengan internet dan mendia sosial membuat banyak orang kurang mampu berempati dan bersimpati pada orang-orang disekitar. Harapannya lagu ini bisa menjadi teman bagi kita untuk sama-sama belajar menjadi manusia yang bisa berempati dengan lebih baik.

 

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024