Self Art & Culture

Belajar dari Film

Banyak hal yang bisa kita dapatkan melalui film. Mulai dari hiburan, pembelajaran, sampai pengalaman. Setiap orang punya pengalaman masing-masing saat menonton film atau mungkin ada sebagian lainnya yang justru memilih bentuh hiburan yang lain. Setelah melalui dua tahun masa pandemi, salah satu kegiatan yang banyak dirindukan adalah untuk bisa kembali menonton film bersama, baik di festival film secara offline ataupun bioskop. 

Selain sebagai hiburan, menonton film juga bisa mendatang manfaat lain bagi diri kita. Salah satu manfaat sederhananya adalah meningkatkan mood. Narasi yang disampaikan dalam film yang disampaikan dengan baik juga dapat memberikan pengaruh pada kondisi hati kita. Pernah nggak, saat selesai nonton film tentang perjuangan seseorang, tiba-tiba kamu merasa kembali bersemangat dalam menjalani kegiatan? Nah, menonton film yang sesuai dengan kebutuhan kita juga pada dasarnya bisa kembali memberikan kita semangat dalam berkegiatan.

Menonton film juga bisa menjadi sarana kita untuk belajar banyak hal, tidak melulu soal teori atau ilmu alam tetapi belajar berempati. Film dengan penokohan yang baik, biasanya berhasil membuat kita memahami reaksi yang diberikan oleh tokoh pada film tersebut. Bahkan karakter antagonis sekalipun, tak jarang berhasil membuat kita paham bahwa di setiap tindakan terkadang ada alasan yang sering kali kita abaikan. Melalui film kita bisa belajar bagaimana memahami perasaan orang lain dan juga memanusiakan manusia.

Film dengan penokohan yang baik, biasanya berhasil membuat kita memahami reaksi yang diberikan oleh tokoh pada film tersebut. Bahkan karakter antagonis sekalipun, tak jarang berhasil membuat kita paham bahwa di setiap tindakan terkadang ada alasan yang sering kali kita abaikan.

Selain itu film juga bisa menjadi sarana bagi suatu negara untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya yang dimiliki. Mulai dari gaya hidup hingga pola pikir dari suatu kelompok juga bisa kita lihat melalui film. Meski sekarang kita sudah mulai bisa berbergian tapi film tetap menjadi salah satu alternatif cara kita untuk bisa “berkunjung” ke banyak tempat di dunia.

Kini, keadaan sudah berangsur-angsur membaik, kita juga sudah bisa kembali menonton film di bioskop. Tahun ini, Festival Film Europe on Screen juga kembali hadir. Rangkaian acara “Road to Europe on Screen” akan menghadirkan pemutaran tujuh film Eropa yang bisa kamu tonton di pusat budaya negara-negara Eropa di Jakarta. Beberapa lokasinya antara lain di Erasmus Huis, GotheHaus, Istituto Italiano di Cultura, dan Francais d’Indonesie (IFI).

Road to Europe on Screen akan diadakan mulai 3-5 Juni 2022. Event ini akan diadakan dalam format hybrid. Penayangan film secara offline akan diadakan mulai dari 16-26 Juni 2022 diberbagai kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta. Bagi kamu yang mungkin belum berkesempatan hadir atau ingin ikut serta secara offline juga dapat mengakses melalui website festival scope mulai dari tanggal 20-30 Juni 2022.

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024