Self Lifehacks

Berani Mencoba Lagi

Pernahkan kamu mempertanyakan apa yang harus kamu lakukan saat dirimu merasa mengambil keputusan yang salah atau saat kamu tidak puas dengan hasil kerjamu sendiri?

Tenang, kamu tidak sendirian. Setiap orang pasti pernah ragu, tentu mungkin skalanya akan selalu berbeda-beda. Tapi keraguan juga tidak selalu buruk, terkadang dengan sedikit keraguan kita menjadi lebih berhati-hati terhadap apa yang akan kita katakan atau keputusan apa yang kita ambil. Bukan berarti kita menjadi orang yang tidak pernah puas, melainkan berusaha untuk tetap memberikan sedikit ruang untuk mengembangkan diri menjadi sedikit lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Keraguan juga tidak selalu buruk, terkadang dengan sedikit keraguan kita menjadi lebih berhati-hati terhadap apa yang akan kita katakan atau keputusan apa yang kita ambil. Bukan berarti kita menjadi orang yang tidak pernah puas, melainkan berusaha untuk tetap memberikan sedikit ruang untuk mengembangkan diri menjadi sedikit lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Pertama-tama, terima kasih sudah memutuskan untuk membaca tulisan ini, pada dasarnya ini juga adalah salah satu keputusan yang kamu ambil di hari ini. Banyak sekali keputusan yang harus kita buat setiap harinya, mulai dari mau bangun di bunyi alarm ke berapa, mau sarapan atau langsung berangkat kerja, mau pakai baju apa, hingga keputusan yang lebih rumit seperti ingin sekolah dimana. 

Tidak semua keputusan yang kita ambil akan tepat dan bijak, karena hidup memang selalu tentang beradaptasi dengan keadaan dan belajar untuk menghadapinya dengan lebih baik. Beberapa orang mungkin hanya perlu mencoba satu atau dua kali, tapi kalaupun ternyata kita harus mencoba lebih banyak dari orang lain, itu bukan sebuah hal yang memalukan.

Tidak semua keputusan yang kita ambil akan tepat dan bijak, karena hidup memang selalu tentang beradaptasi dengan keadaan dan belajar untuk menghadapinya dengan lebih baik.

Kita tentu selalu bisa belajar menjadi manusia yang lebih baik. Kita bisa belajar bagaimana cara agar lebih tenang saat mengambil keputusan atau mengerjakan sesuatu, tapi apa yang terjadi setelahnya tidak ada yang pasti. Saat kamu membaca tulisan ini atau mungkin artikel serta video lain di Greatmind merupakan salah satu bentuk usahamu agar bisa lebih tenang atau belajar menjadi pribadi yang lebih baik dari pengalaman orang lain. Banyak orang berkata bahwa kita bisa belajar dari pengalaman orang lain, mungkin benar, tapi kita semua berjalan di jalur yang berbeda. 

Kalau kamu mencari jawaban akan kegelisahan yang kamu rasakan dari orang lain, sepertinya hal itu akan sulit terwujud. Karena memang tidak akan ada yang sepenuhnya merasakan apa yang kamu lalui, kamu memiliki buku perjalananmu sendiri yang bisa hanya bisa ditelusuri oleh dirimu sendiri. Kalaupun memang hasil dari keputusan yang kamu ambil tidak seperti apa yang kamu bayangkan, tidak masalah, kamu bisa mencoba untuk mengambil waktu sejenak dan mencoba memahami apa yang sedang kamu alami atau rasakan.

Tulisan ini bisa saja hanya terasa seperti omong kosong kalau kamu hanya mengandalkan hal ini sebagai kunci jawaban dalam permasalahan yang kamu hadapi. Kalimat afirmasi, entah itu dari teman terdekat, buku, ataupun media tentu bertujuan untuk membantumu agar sedikit lebih tenang tapi memang tidak akan menyelesaikan apapun kalau kamu tidak melakukan apa pun.

Pada akhirnya, hanya dirimu yang tau dan bisa menyelesaikan masalah atau kegelisahanmu sendiri. Jadi mari ambil napas sejenak, dan kita coba lagi hari ini!

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024