Self Lifehacks

Berbelanja dengan Penuh Kesadaran

Bagaimana caramu menggambarkan pola berbelanja yang biasanya kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

Beberapa tahun terakhir kita mungkin sering kali mendengar sebuah istilah yang tak jarang juga disalah artikan oleh banyak orang, yaitu self-reward. Tak jarang, istilah satu ini kemudian dijadikan alasan untuk berbelanja hal-hal yang mungkin sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan atau inginkan. Untuk bisa menghindari hal-hal seperti ini, mungkin kita butuh belajar mindful shopping.

Ada banyak sekali cara menerapkan mindfulness dalam kegiatan kita sehari-hari, salah satunya adalah dengan melatih kesadaran kita dalam berbelanja. Penerapan mindful shopping juga bisa membuat kita tidak mudah kalap dan mempertimbangkan lebih baik sebelum kita memutuskan untuk berbelanja. Hal ini tidak hanya bisa memberikan dampak baik bagi keadaan finansial kita, tetapi juga bisa menghemat waktu dan juga ruang penyimpanan kita di rumah.

Ada banyak sekali cara menerapkan mindfulness dalam kegiatan kita sehari-hari, salah satunya adalah dengan melatih kesadaran kita dalam berbelanja. Penerapan mindful shopping juga bisa membuat kita tidak mudah kalap dan mempertimbangkan lebih baik sebelum kita memutuskan untuk berbelanja.

Untuk bisa menjadi individu yang lebih berkesadaran dalam berbelanja, ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu coba lakukan. Pertama, buat daftar belanja. Coba tuliskan barang-barang yang memang ingin kamu beli sebelum kamu pergi ke tempat perbelanjaan, dengan begitu kamu bisa memiliki panduan yang jelas dan tidak mudah kehilangan fokus saat berbelanja.

Kedua, perhatikan juga kualitas barang yang kamu beli. Jangan langsung membeli barang hanya karena harganya lebih murah. Terkadang kita butuh merelakan hati untuk bersabar sedikit dan mengeluarkan biaya yang lebih besar agar bisa menggunakan sebuah barang dengan lebih lama.

Ketiga, kamu juga bisa mempertimbangkan brand lokal saat berbelanja. Saat kita menggunakan produk hasil karya dalam negeri, kita tidak hanya berkontribusi mendukung UMKM tetapi kita juga bisa menemukan keunikan lain yang mungkin tidak akan kita temui dari brand-brand besar.

Kalau kamu tertarik untuk mengeksplorasi lebih jauh produk-produk Tanah Air, terlebih dalam industri fashion kamu bisa mengunjungi LOCALFEST 2023 yang kini hadir pada 27-28 Mei di Lapangan Banteng, Medan. LOCALFEST tahun ini hadir untuk pertama kalinya di Medan sebagai wadah untuk menunjukkan potensi industri kreatif lokal. Didukung oleh Super Adventure, gelaran acara kali ini menampilkan sebuah festival urban kreatif dalam bidang fashion, kuliner, musik, hingga seni.

Tidak kalah menarik, LOCALFEST Medan tentunya menghadirkan Music Performance setiap harinya. Musisi seperti The Sigit, Lomba Sihir, Armada, dan masih banyak musisi lokal lainnya yang hadir meramaikan LOCALFEST Medan dan tentu saja menjadi daya tarik bagi para penggemar musik di kota Medan. Pembelian tiket hanya bisa dibeli melalui Blibli sebagai exclusive e-commerce partner LOCALFEST Medan 2023.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024