Self Lifehacks

Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan. Sebagian lainnya menggunakan ungkapan ini sebagai dalih agar bisa sedikit melarikan diri dari berbagai tanggung jawab yang perlahan-lahan mulai mendekat.

Pada akhirnya, usia kita memang akan selalu bertambah seiring waktu tanpa perlu persetujuan. Meski begitu, menjadi pribadi yang lebih dewasa butuh proses dan kesediaan diri untuk beradaptasi dengan keadaan dan menghadapinya lebih baik dari hari kemarin. Pada dasarnya hidup adalah pembelajaran seumur hidup. Kata belajar sendiri tak jarang dilekatkan kepada anak-anak, sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan guru dan buku. Padahal, ada banyak sekali sumber pembelajaran hidup yang tak terhingga di sekitar kita. Hal-hal yang kemudian membuat kita belajar menentukan sikap seiring berjalannya waktu.

Pada akhirnya, usia kita memang akan selalu bertambah  seiring waktu tanpa perlu persetujuan. Meski begitu, menjadi pribadi yang lebih dewasa butuh proses dan kesediaan diri untuk beradaptasi dengan keadaan dan menghadapinya lebih baik dari hari kemarin.

Andragogi, ialah sebuah istilah yang didefinisikan sebagai proses seseorang belajar menjadi dewasa. Cara kita belajar dan berproses menjadi dewasa tentu tidak bisa disamakan dengan proses belajar yang dilakukan oleh anak-anak. Belajar untuk dewasa adalah bentuk pembelajaran yang harus kita lakukan seorang diri, tanpa campur tangan langsung dari guru atau orang tua sekalipun.

Maka, kesiapan seseorang untuk belajar mengambil tanggung jawab dan menjadi pribadi yang lebih dewasa akan selalu berbeda-beda. Ada tiga hal yang bisa coba dilakukan untuk belajar menjadi pribadi yang lebih dewasa. Pertama, kesediaan untuk melatih diri. Semakin banyak pengalaman yang kita temui, semakian banyak hal yang bisa kita pelajari, biasakan diri dengan segala hal-hal baru yang bisa membantu kita untuk menghadapi situasi dengan lebih baik. Kedua, konsisten. Sadari bahwa perubahan dalam diri kita untuk menjadi lebih baik tidak akan terjadi dalam sekejap mata. Terakhir, evaluasi. Lihat kembali perkembangan diri kita dalam beberapa waktu. Coba jujur pada diri sendiri hal-hal apa yang masih bisa kita perbaiki, dan cari cara untuk perlahan-lahan memperbaiki kekurangan tersebut.

Kesiapan seseorang untuk belajar mengambil tanggung jawab dan menjadi pribadi yang lebih dewasa akan selalu berbeda-beda.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024