Self Lifehacks

Bersyukur Adalah Pilihan

Merasa cukup adalah hal yang sepertinya terkadang sulit untuk kita miliki. Mungkin karena terpaan informasi dan pembanding diri yang telalu banyak. Bisa juga karena tekanan sosial yang membuat kita merasa harus selalu meraih pencapaian baru setiap harinya.

Meski terkadang terasa seperti bukan masalah besar, tapi kecewa akan diri sendiri karena merasa tidak pernah cukup sebenarnya bisa memberikan beban pikiran yang menguras energi kita. 

Lalu, apakah kamu pernah mencari tau bagaimana cara untuk bisa merasa puas terhadap hidup yang kita jalani?

Mungkin jawaban umum yang biasanya kita dengar adalah dengan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Tentu hal ini perlu diusahakan dan tidak semudah itu untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Terlebih kalau kita sedari kecil tinggal di lingkungan yang menumbuhkan rasa kompetisi pada anak-anak yang sebaya. Kebiasaan kita membandingkan diri bisa jadi sudah tumbuh jauh sebelum kita menyadari hal tersebut. Mungkin dari membandingkan ranking saat terima rapot, peringkat saat bermain game bersama, hingga posisi di tempat kerja saat sudah dewasa.

Untuk bisa mulai berhenti membandingkan diri dengan orang lain, langkah awal yang bisa kita ambil adalah dengan memahami betul diri kita sendiri. Tahap pertama yang bisa dicoba adalah dengan memahami reaksi kita saat merasa kalah dibanding orang lain. Biasanya emosi tersebut dipicu oleh rasa ingin melindungi hal-hal penting dalam diri kita, seperti pencapaian, nilai diri, rasa hormat, atau perasaan bahwa kehadiran kita diperlukan oleh orang lain.

Setelah memahami alasan mengapa kita beraksi terhadap pemicu tersebut, kemudian pikirkan kembali apakah ada hal yang bisa kita lakukan untuk mengubah hal tersebut? Misalnya kita merasa kecewa karena nilai kita yang tidak sebaik anak-anak lain di sekolah, kita bisa berupaya terlebih dahulu untuk belajar lebih giat. Setelahnya jika memang ternyata kita lebih mampu berkembang di bidang lain, maka kita bisa belajar untuk mengikhlaskannya karena kita tau kita sudah mencoba yang terbaik.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk merasa cukup dan bahagia akan hidup yang kita miliki sekarang adalah dengan terus mengingat nilai utama yang kita pegang. Coba untuk mengeksplorasi banyak hal dalam hidup lalu temukan satu atau beberapa hal penting yang bisa mendorong kita untuk tetap berjalan. Kalau sudah, maka kita hanya perlu berjalan menyusuri jalur yang telah kita pilih.

Coba untuk mengeksplorasi banyak hal dalam hidup lalu temukan satu atau beberapa hal penting yang bisa mendorong kita untuk tetap berjalan. Kalau sudah, maka kita hanya perlu berjalan menyusuri jalur yang telah kita pilih.

Pada akhirnya rasa syukur adalah hasil dari sebuah keputusan yang kita ambil. Kita bisa memutuskan bahwa kita cukup bahagia dengan apa yang kita miliki hari ini. Akan selalu ada tantangan atau kesulitan baru yang kita hadapi keesokan harinya. Tapi fakta bahwa kita masih bisa berjalan hingga sejauh ini harusnya sudah cukup untuk membuat kita merasa bahagia dengan hal-hal yang sederhana. Ada banyak hal yang terjadi secara serempak di dunia, baik yang menyenangkan atau justru sebaliknya, tapi kita memiliki kendali akan sudut pandang mana yang bisa kita ambil untuk melihat dunia tempat kita berjalan dan hidup sejauh ini.

Akan selalu ada tantangan atau kesulitan baru yang kita hadapi keesokan harinya. Tapi fakta bahwa kita masih bisa berjalan hingga sejauh ini harusnya sudah cukup untuk membuat kita merasa bahagia dengan hal-hal yang sederhana.

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024