Self Lifehacks

Berteman dengan Sendu Kala Hujan

Setelah sekian lama, akhirnya kita bertemu kembali dengan musim hujan. Setiap orang memiliki persepsi tersendiri akan hujan. Sebagian mungkin larut dalam kenangan, sebagian lagi bisa jadi malah sibuk memikirkan cara untuk bisa sampai ke tujuan dengan selamat. Di tengah cuaca di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir apa perasaan yang sering hadir dalam benakmu?

Pekan pertama di 2024, kini kita kembali beraktivitas seperti sedia kala, setelah sejenak mengambil napas dan bersiap kembali memulai rutinitas. Sepekan sudah berlalu, tidak ada salahnya melihat dan meluangkan waktu untuk merasakan apa saja yang sudah terjadi dalam sepekan terakhir.

Di tengah udara yang sekarang lebih sejuk menjelang penghujung petang, tak jarang hal ini berperan pada emosi dan juga perasaan kita. Sinar matahari khususnya memiliki peran yang cukup penting terhadap perasaan yang dialami oleh manusia. Menurut Cunningham (1979), cahaya matahari dapat memengaruhi mood seseorang melalui hubungan simboliknya terhadap kejadian yang menyenangkan. Sinar matahari umumnya diasosiasikan dengan kegiatan berlibur, piknik, atau kegiatan luar ruang lainnya. Maka, wajar kalau di awal tahun ini teman-teman ada yang merasa belum kembali sepenuhnya ke rutinitas yang sebelumnya dijalani.

Sinar matahari umumnya diasosiasikan dengan kegiatan berlibur, piknik, atau kegiatan luar ruang lainnya.

Momen saat ini bisa saja membuatmu jadi lebih murung atau sulit kembali produktif seperti yang kamu inginkan. Hal ini tak hanya dialami oleh dirimu sendiri, melainkan hal perasaan kolektif yang dirasakan banyak orang. Kendati demikian, ini bukan berarti kita harus terlarut dalam perasaan tersebut bergitu saja. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk kembalikan menyemangati diri saat cuaca cenderung sendu:

Dapatkan Sinar Matahari Selagi Memungkinkan

Meskipun cuaca tidak secerah biasanya, kita bisa mencoba bangun lebih pagi dan menyempatkan diri ke luar rumah. Tidak perlu jauh, cukup berjalan santai di sekitar rumah selama 15 menit juga sudah cukup untuk membiasakan diri bertemu dengan sinar matahari. Kalau ruangan tempatmu bekerja memiliki jendela, hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapat akses terhadap sinar matahari yang lebih banyak.

Manfaatkan Momen Akhir Pekan

Memang menghabiskan waktu untuk tidur di penghujung pekan terkadang terdengar lebih menyenangkan daripada harus ke luar rumah. Tapi tidak ada salahnya untuk menjadikan akhir pekan sebagai waktu untuk kabur sejenak dari hal-hal yang selalu kamu temui dan pikirkan sepanjang hari. Bisa dengan makan siang bersama keluarga, jalan-jalan ke taman kota, atau menonton film terbaru di bioskop.

Luangkan Waktu Berolahraga

Sudah umum betul rasanya pembahasan mengenai peran olahraga dalam menjaga kondisi kesehatan mental kita. Tidak hanya fisik, olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental kita, dengan hormone endorphin yang diproduksi. Kamu bisa juga mencoba jenis olahraga baru atau rute baru yang sebelumnya belum pernah kamu lalui. Coba eksplorasi pengalaman baru yang bisa membawamu pada perasaan-perasaan membahagiakan yang sebelumnya belum pernah kamu rasakan.

Dengan kondisi cuaca yang masih tidak menentu, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan. Bukan hanya fisik tetapi juga mental. Di tahun yang baru ini, kita tidak serta merta harus langsung berubah menjadi pribadi yang benar-benar berbeda. Tidak masalah menjalani hari seperti sebelumnya, tapi tetap buka peluang untuk petualangan baru yang bisa jadi lebih menyenangkan. Selamat menjalani hari baru di 2024!

Di tahun yang baru ini, kita tidak serta merta harus langsung berubah menjadi pribadi yang benar-benar berbeda. Tidak masalah menjalani hari seperti sebelumnya, tapi tetap buka peluang untuk petualangan baru yang bisa jadi lebih menyenangkan.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024