Self Lifehacks

Dimulai Dari Nol

Richie Wirjan

@richiewirjan

Konsultan & Mentor Branding dan Kewirausahaan

Selama hampir satu tahun kita menjalani naik turunnya kehidupan karena pandemi. Kamu pasti setuju kalau tahun 2020 memang tahun yang berbeda. Tulisan ini bukan tentang pandemi, tetapi bagaimana kita sebaiknya memulai 2021 di saat pandemi masih terus berlangsung.

Kamu mungkin adalah orang yang mengalami begitu banyak kehilangan; kehilangan pekerjaan karena operasional perusahaan terpaksa diefisiensikan, kehilangan banyak waktu karena di masa pandemi ini justru jadwal meeting malah semakin padat, atau bahkan yang paling mendukakan adalah kehilangan nyawa dari orang yang terkasih. Di sisi yang lain, mungkin kamu adalah kelompok orang yang banyak menemukan. Entah menemukan hobi yang baru, mendapatkan ilmu atau skill baru karena cukup waktu untuk belajar, menemukan kebiasaan baik yang baru, atau bahkan menemukan jati dirimu yang sebenarnya.

Apakah kamu kehilangan atau menemukan sesuatu yang baru, keduanya ada di tanganmu dan pikiranmu.

2021 bukan berarti harus resolusi baru. Jangan sampai seminggu pertama kamu di tahun baru ini malah dimulai dengan rasa bersalah karena bila dibandingkan dengan teman terdekat, resolusimu masih sama seperti di tahun 2020 atau bahkan 2019. Ada yang ingin jadi lebih kurus, namun sampai hari ini belum kesampaian. Ada yang punya target untuk naik jabatan dan naik gaji di tahun 2020, tapi atasan malah berkata lain. Pertanyaannya, apakah dengan evaluasi singkat seperti itu malah memukulmu dengan keras dan membuatmu berkata bahwa kamu gagal? Hentikan pola pikir seperti itu. Hidup bukan perdagangan yang seolah-olah kamu buat seperti jual dan beli. Seringkali kamu membuat target besar yang masuk di akal namun tidak dirasa, sehingga yang kamu lihat hanyalah tercapai atau tidak tercapai, berhasil atau gagal. Padahal di balik semua target resolusimu, selalu ada langkah-langkah kecil yang membawamu menuju tujuan. Hargai langkah kecilmu.

2021 bukan berarti harus resolusi baru. Jangan sampai seminggu pertama kamu di tahun baru ini malah dimulai dengan rasa bersalah…

Kamu terlalu sibuk untuk berlomba dengan pencapaian orang lain, padahal Tuhan sudah menentukan jalan khususnya untukmu. Kita semua sama-sama melalui proses di tahun 2020, sehingga ketika masuk ke tahun 2021 ini, kita tidak harus mulai dengan menekan tombol reset atau kembali mulai dari nol lagi. Tidak. Luka masa lalu yang kamu alami mungkin tidak bisa 100% hilang walaupun kamu sudah memaafkan. Akan tetapi kamu tetap bisa membawa kisah tersebut untuk menguatkan orang lain. Kamu gagal berinvestasi karena kamu kurang bijaksana – pelajaran itu tidak harus dibuang percuma tetapi bisa kamu bagikan untuk mengajarkan sahabat terdekat.

Padahal di balik semua target resolusimu, selalu ada langkah-langkah kecil yang membawamu menuju tujuanmu. Hargai langkah kecilmu.

Apa yang sudah kamu putuskan dengan bijak untuk dijalani, ya silahkan diteruskan. Apa yang menurutmu tidak baik dan sudah seharusnya kamu hentikan, ya putuskan untuk tidak dijalani. Pergantian tahun bukan hanya sekedar berubah tanggal dan me-reset segalanya; jadikan ini sebuah momentum untuk mendorong kamu kembali berani berharap dan jujur melangkah. Selamat tahun baru untuk dirimu yang berlalu dan yang akan datang.

Apa yang sudah kamu putuskan dengan bijak untuk dijalani, ya silahkan diteruskan. Apa yang menurutmu tidak baik dan sudah seharusnya kamu hentikan, ya putuskan untuk tidak dijalani.

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024