Self Lifehacks

Doa dan Harapan Baik dari Orang Terkasih

Apa hal yang paling kamu ingat dari hubunganmu dengan orang tua?

Satu yang paling aku ingat adalah doa. Setiap orang tentu punya caranya masing-masing dalam menggambarkan hubungannya dengan orang tua. Aku merasa cukup beruntung bisa lahir dalam keluarga yang bisa dibilang baik-baik saja. Seiring berjalannya waktu, ternyata caraku memaknai kehadirkan orang-orang terkasih, khususnya orang tua, mulai berbeda. Sampai di satu titik waktu aku sadar, kini aku sudah mulai dewasa dan orang tuaku sekarang sudah tidak lagi muda. Kini, aku ingin lebih banyak menyimpan memori dengan orang tua. 

Di satu titik waktu aku sadar, kini aku sudah mulai dewasa dan orang tuaku sekarang sudah tidak lagi muda. Kini, aku ingin lebih banyak menyimpan memori dengan orang tua. 

Mulai dari situ, aku berusaha menangkap setiap momen yang aku habiskan bersama orang-orang tersayang. Hingga beberapa tahun lalu aku bersiap untuk merantau ke kota lain untuk bekerja, satu pesan dari Mama yang sangat melekat di kepala adalah “Papa dan Mama sudah mendidik kamu sampai hari ini, sekarang kamu bisa menentukan pilihan untuk melanjutkan hidup, satu yang akan terus mendampingi kamu adalah doa-doa kami”. Kedua orang tuaku masih hadir sampai saat ini dan ini tentu betul-betul aku syukuri.

Doa atau harapan baik ini juga tidak melulu hadir dari orang tua. Terkadang juga datang dari kakak, adik, pasangan, atau sahabat. Aku mungkin tidak akan selalu ada untuk orang-orang yang aku sayangi, pun sebaliknya, tapi apa yang mereka doakan terhadap kita itu yang akan terus mengiringi setiap langkah dalam hidup.     

Semua harapan-harapan baik ini aku rangkum dalam sebuah lagu berjudul “Doa”. Lagu ini tidak melulu tentang orang tua, tetapi tentang harapan baik dari setiap orang yang kita sayangi. Bahkan sesederhana ungkapan “hati-hati di jalan” selepas bermain bersama teman-teman juga adalah harapan agar kita bisa sampai rumah dengan selamat.

Menurutku, setiap pencapaian yang aku dapat hingga saat ini adalah hasil dari doa orang tua. Sebetulnya doa dari orang tua merupakan bentuk energi persetujuan, rasanya alam semesta ikut bahu-membahu untuk mewujudkan hal tersebut. Satu cerita menarik dari seorang kawan yang mendengarkan lagu ini, saat itu hubungannya dengan pasangan sedang menghadapi konflik yang cukup berat. Ternyata lagu ini berhasil membuatnya memutuskan untuk kembali menyayangi pasangannya dengan lebih tulus dan membangun hubungan yang lebih harmonis.

Sebetulnya doa dari orang tua merupakan bentuk energi persetujuan, rasanya alam semesta ikut bahu-membahu untuk mewujudkan hal tersebut.

Menurut aku kekuatan lagu ini untuk mengubah hidup orang ataupun pasangan dengan berbagai cara rasanya sangat luar biasa.  Karena makna sukses bagi setiap orang akan berbeda. Sukses bisa berarti punya sebuah rumah dengan kolam berenang, mungkin juga sesederhana masih bisa sarapan di esok pagi, atau orang tua yang berhasil melihat anaknya lulus SMA. Maka, setiap orang bisa memaknai lagu ini sesuai dengan pengalaman hidupnya masing-masing.

Lagu “Doa” ini aku rilis tanpa harapan besar. Aku akan dengan sangat senang hati menerima cerita dari teman-teman yang sudah mendengar lagu ini. Tentang bagaimana lagu ini berbicara pada kalian. Tentang bagaimana lagu ini menguatkan atau memberikan harapan bagi siapapun yang mendengarkan. Tidak harus luar biasa, tapi semoga lagu ini bisa memberikan sesuatu bagi teman-teman yang mendengarkan.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024