Drama. Satu kata yang menurutku cukup bisa menggambarkan kehidupan dan interaksi antar manusia di dalamnya. Ada banyak lingkup kehidupan yang kita jalani dan alami sebagai manusia, meliputi hubungan dengan diri sendiri, keluarga, teman, hingga pasangan. Sebagai musisi, aku kemudian tertarik untuk menceritakan kehidupan sehari-hari yang kita jalani dalam sebuah karya yang kemudian terangkum dalam mini album “Drama”.

Drama. Satu kata yang menurutku cukup bisa menggambarkan kehidupan dan interaksi antar manusia di dalamnya. Ada banyak lingkup kehidupan yang kita jalani dan alami sebagai manusia, meliputi hubungan dengan diri sendiri, keluarga, teman, hingga pasangan.

Menceritakan sosok manusia dalam kehidupan sehari-hari, keempat lagu dalam mini album kali ini sepertinya memang lebih menggambarkan sudut pandang laki-laki dalam kehidupan. Berangkat dari pengalaman pribadi dan juga cerita dari teman-teman sekitar, ada berbagai kejadian yang kemudian rasanya cocok untuk bisa menggambarkan dinamika kehidupan kita sehari-hari.

Salah satu lagunya, “Cenayang”, menjadi salah satu lagu dengan cerita yang sepertinya masih belum terlalu banyak dibahas dengan detil. Menceritakan pengalaman laki-laki yang harus beradu argumen dengan perempuan yang kebanyakan hanya diam seolah membuat kita harus menebak apa yang sebenarnya ia pikirkan.

Menurutku untuk bisa membuat hidup menjadi lebih sederhana adalah dengan menjadi diri kita apa adanya. Jujur rasanya masih menjadi pilihan paling baik untuk tidak membuat hidup kita jadi lebih rumit dari yang seharusnya. Kalau memang ada seseorang yang sifatnya buruk, sebagaimana pun berusaha untuk disembunyikan, suatu hari pasti akan terungkap juga dan dampaknya justru bisa lebih buruk. Jujur saja dengan diri kita sendiri, sebarkan kebaikan sekecil apa pun itu. Tidak perlu terlalu banyak mengubah diri, aku rasa ini poin utama untuk membuat hidup kita tidak banyak drama.

Jujur rasanya masih menjadi pilihan paling baik untuk tidak membuat hidup kita jadi lebih rumit dari yang seharusnya. Tidak perlu terlalu banyak mengubah diri, aku rasa ini poin utama untuk membuat hidup kita tidak banyak drama.

Keempat lagu dalam mini album kali ini juga diceritakan dengan bahasa yang sederhana. Misalnya lagu “Jangan Paksakan”, dengan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti aku ingin menyampaikan bahwa terkadang memang ada hubungan yang lebih baik untuk direlakan daripada terus diperjuangkan tapi memang tidak lagi sejalan. Atau juga di lagu “Terlahir Kembali” aku juga menceritakan pengalaman pribadi dan juga hasil bercakap dengan teman bahwa tidak apa-apa kalau memang hari ini kita gagal, kita selalu bisa bangkit dan mencoba menyempurnakan diri di hari esok. Setiap manusia memang akan punya dramanya sendiri-sendiri.

Dalam waktu dekat ini aku juga akan membawakan karya di mini album ini dan karya-karya sebelumnya di Jakarta pada 28 Januari 2023 mendatang. Sekaligus menjadi ajang perkenalan diri Abda yang mungkin sebelumnya lebih dikenal dengan nama Abdul di salah satu ajang pencarian bakat. Di tahun ini aku juga sedang menyiapkan lagu baru dan kalau tidak ada halangan aku juga menyiapkan album yang akan keluar di tahun ini.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024