Drama. Satu kata yang menurutku cukup bisa menggambarkan kehidupan dan interaksi antar manusia di dalamnya. Ada banyak lingkup kehidupan yang kita jalani dan alami sebagai manusia, meliputi hubungan dengan diri sendiri, keluarga, teman, hingga pasangan. Sebagai musisi, aku kemudian tertarik untuk menceritakan kehidupan sehari-hari yang kita jalani dalam sebuah karya yang kemudian terangkum dalam mini album “Drama”.

Drama. Satu kata yang menurutku cukup bisa menggambarkan kehidupan dan interaksi antar manusia di dalamnya. Ada banyak lingkup kehidupan yang kita jalani dan alami sebagai manusia, meliputi hubungan dengan diri sendiri, keluarga, teman, hingga pasangan.

Menceritakan sosok manusia dalam kehidupan sehari-hari, keempat lagu dalam mini album kali ini sepertinya memang lebih menggambarkan sudut pandang laki-laki dalam kehidupan. Berangkat dari pengalaman pribadi dan juga cerita dari teman-teman sekitar, ada berbagai kejadian yang kemudian rasanya cocok untuk bisa menggambarkan dinamika kehidupan kita sehari-hari.

Salah satu lagunya, “Cenayang”, menjadi salah satu lagu dengan cerita yang sepertinya masih belum terlalu banyak dibahas dengan detil. Menceritakan pengalaman laki-laki yang harus beradu argumen dengan perempuan yang kebanyakan hanya diam seolah membuat kita harus menebak apa yang sebenarnya ia pikirkan.

Menurutku untuk bisa membuat hidup menjadi lebih sederhana adalah dengan menjadi diri kita apa adanya. Jujur rasanya masih menjadi pilihan paling baik untuk tidak membuat hidup kita jadi lebih rumit dari yang seharusnya. Kalau memang ada seseorang yang sifatnya buruk, sebagaimana pun berusaha untuk disembunyikan, suatu hari pasti akan terungkap juga dan dampaknya justru bisa lebih buruk. Jujur saja dengan diri kita sendiri, sebarkan kebaikan sekecil apa pun itu. Tidak perlu terlalu banyak mengubah diri, aku rasa ini poin utama untuk membuat hidup kita tidak banyak drama.

Jujur rasanya masih menjadi pilihan paling baik untuk tidak membuat hidup kita jadi lebih rumit dari yang seharusnya. Tidak perlu terlalu banyak mengubah diri, aku rasa ini poin utama untuk membuat hidup kita tidak banyak drama.

Keempat lagu dalam mini album kali ini juga diceritakan dengan bahasa yang sederhana. Misalnya lagu “Jangan Paksakan”, dengan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti aku ingin menyampaikan bahwa terkadang memang ada hubungan yang lebih baik untuk direlakan daripada terus diperjuangkan tapi memang tidak lagi sejalan. Atau juga di lagu “Terlahir Kembali” aku juga menceritakan pengalaman pribadi dan juga hasil bercakap dengan teman bahwa tidak apa-apa kalau memang hari ini kita gagal, kita selalu bisa bangkit dan mencoba menyempurnakan diri di hari esok. Setiap manusia memang akan punya dramanya sendiri-sendiri.

Dalam waktu dekat ini aku juga akan membawakan karya di mini album ini dan karya-karya sebelumnya di Jakarta pada 28 Januari 2023 mendatang. Sekaligus menjadi ajang perkenalan diri Abda yang mungkin sebelumnya lebih dikenal dengan nama Abdul di salah satu ajang pencarian bakat. Di tahun ini aku juga sedang menyiapkan lagu baru dan kalau tidak ada halangan aku juga menyiapkan album yang akan keluar di tahun ini.

Related Articles

Card image
Self
Kesadaran: Pemotong Ilusi Waktu

1 hari = 24 jam. Rasanya semua orang tahu "fakta" ini. Dengan estimasi 15 derajat garis bujur per jam, seluruh dunia ini terbagi menjadi zona-zona waktu. Tetapi apakah seseorang yang tinggal di zona WIT (Waktu Indonesia Timur) hidup di masa depan dan yang tinggal di zona WIB (Waktu Indonesia Barat) hidup di masa lalu?

By Sugiarto
17 February 2024
Card image
Self
Sebuah Pesan Hangat dari Perpisahan

Setiap hubungan yang dimulai tentu pada akhirnya akan selesai, meski kita tidak pernah tau kapan atau bagaimana itu akan terjadi. Di saat kita harus berpisah dengan seseorang, baik itu teman atau terlebih pasangan, akan ada banyak perasaan yang kemudian muncul dalam satu waktu.

By Kaleb J
17 February 2024
Card image
Self
Momen Manis Saat Jatuh Cinta

Ketika berbicara tentang momen jatuh cinta, setiap orang tentu memiliki kisahnya masing-masing. Bahkan setiap zaman memiliki pesona cara berinteraksi yang berbeda-beda, termasuk saat jatuh cinta.

By Jasmine Nadya
10 February 2024