Self Lifehacks

Dunia Ini Panggung Sandiwara

Greatmind

@greatmind.id

Redaksi

Ilustrasi Oleh: Mutualist Creative

Mereka yang bukan tergolong generasi milenial pasti akrab dengan lirik berbunyi, “Dunia ini panggung sandiwara. Cerita yang mudah berubah. Kisah Mahabrata atau tragedi dari Yunani.” Syair puitis yang ditulis oleh musisi senior Ian Antono dan sastrawan Taufiq Ismail ini merupakan lirik sebuah lagu ikonik Indonesia yang mengajarkan bahwa kehidupan di dunia hanyalah sebuah panggung – dengan manusia sebagai aktornya. Lalu kalau begitu, mengapa kita masih saja suka bersandiwara?

Coba ingat kembali, seberapa sering kita memakai topeng dalam keseharian? Berpura-pura bahagia padahal ada luka yang kita sembunyikan, berpura-pura kaya demi ikut dalam pergaulan ibukota, berpura-pura rajin bekerja demi citra diri, dan masih banyak kemungkinan pura-pura lainnya yang sering dilakukan.

Di balik kepura-puraan ini, sesungguhnya terdapat rasa takut yang berusaha kita tutupi. Rasa takut untuk menampilkan diri apa adanya, takut menunjukkan perasaan yang sebenarnya, atau ketakutan lainnya – yang mungkin kita sendiri tidak menyadari keberadaannya.

Menurut psikolog terkemuka Carl Rogers, dalam buku Authentic: How to be Yourself & Why It Matters tulisan Profesor Stephen Joseph, orang-orang yang ‘bermasalah’ dalam hidupnya adalah orang yang selalu berpura-pura karena tidak menjadi diri mereka sendiri. Karena kunci kebahagiaan dalam hidup adalah di saat kita bisa dapat menjadi diri sendiri.

Namun pada praktiknya menjadi diri sendiri adalah suatu hal yang tidak semudah membalik telapak tangan. Menjadi diri sendiri adalah sebuah latihan seumur hidup yang membutuhkan komitmen dan dijalani dari momen ke momen – seiring dengan perkembangan diri kita sebagai manusia. Pada dasarnya, apa yang menjadi ‘diri kita sendiri’ senantiasa berada di dalam jiwa kita. Hanya saja kita butuh memberikan ruang dan waktu bagi diri kita untuk merasa.

Saat kita menjadi diri sendiri, artinya kita jujur atas apa yang tengah kita rasa, inginkan, dan menjadi nilai dalam diri. Agar bisa jujur sepenuhnya dan menyampaikan kejujuran tersebut baik ke diri sendiri maupun ke orang lain, yang pertama harus dilakukan adalah dengan memupuk hubungan yang mendalam terhadap diri sendiri hingga terbentuk rasa percaya. Mirip seperti saat kkta mencoba membangun hubungan dengan orang lain, bedanya ini dengan diri sendiri.

Mulailah dengan ‘tersadar’ – menyadari segala sesuatu yang terjadi pada diri kita dan sekeliling. Rasakan dan ingat semua pikiran yang melintas dalam kepala hingga yang terkecil sekalipun. Rasakan juga bagaimana tubuh bekerja dan berinteraksi dengan dunia setiap harinya.

Biasanya kemampuan untuk tersadar ini dapat ditingkatkan lewat praktik-praktik semacam meditasi, yoga, dan menulis jurnal secara rutin. Latihan semacam ini akan membantu diri kita lebih present – atau sadar bahwa kita berada pada saat ini dan bukan mengawang-awang pada masa lalu ataupun masa depan. Semakin sering berlatih maka semakin lihai pula kita untuk dapat mengoreksi diri saat ada sesuatu dalam jiwa yang ‘keluar dari jalur’.

Memahami kapan kita ‘keluar jalur’ atau tetap pada ‘jalurnya’ memang hanya bisa dirasakan lewat intuisi dan perasaan – bukan lewat pikiran. Perasaan keterbukaan, kebahagiaan, dan kebebasan menjadi sinyal positif bahwa kita tengah ada dalam ‘jalur’. Sebaliknya, saat kita berpura-pura, perasaan yang muncul adalah ketegangan, ketidaknyamanan, kehampaan, dan lain sebagainya.

Dengan memelajari cara untuk dapat tersadar dan memahami perasaan, kita pun dapat membangun koneksi yang kuat dengan diri dan lebih percaya dengan diri sendiri. Jika telah percaya dengan diri sendiri, maka tak perlu lagi berpura-pura dengan memakai topeng karena kepuasan tercapai dengan menjadi diri sendiri.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024