Self Art & Culture

Eksplorasi Diri dan Kreativitas

Cara kita berpakaian pada dasarnya bisa menjadi cara paling mudah untuk bisa mengenalkan diri kita kepada orang baru. Selain tentunya sebagai bentuk jati diri, pakaian juga bisa menjadi cara kita menunjukan kreativitas yang kita miliki. Bahkan baju yang sama sekalipun bisa terlihat berbeda jika dipandankan dengan gaya yang berbeda pula, sesuai dengan kepribadian penggunanya. 

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menemukan gaya yang tepat untuk kita gunakan sehari-hari. Pertama, eksplorasi banyak gaya berpakaian. Kamu bisa mencoba banyak gaya terlebih dahulu, tidak perlu takut terlihat aneh, karena memang kita sedang dalam masa eksperimen untuk menemukan cara berpakaian yang nyaman dan cocok untuk kita. 

Kedua, coba bebaskan dirimu berekspresi. Terkadang dalam menggunakan pakaian tak jarang kita terpaku pada satu padanan gaya saja. Padahal ada banyak sekali cara padu padan yang bisa kita lakukan dalam menggunakan satu baju yang sama. 

Terakhir, tidak perlu was-was harus selalu mengikuti trend. Tren di industri fashion memang bisa terjadi dengan sangat cepat, tapi sebenarnya kita tidak perlu mengikuti semua trend yang ada. Kita punya kebebasan penuh akan diri kita mengenai tren yang mau kita ikuti dan juga tidak.

Nah, kalau kamu merasa sedang mengeksplorasi lebih banyak gaya berpakaian untuk menemukan ciri khas dirimu sendiri. Mungkin kamu juga bisa datang ke event-event festival yang memang diperuntukan untuk brand-brand fashion. Salah satu yang sudah berlangsung adalah USS Downtown Market Surabaya yang telah terlaksana pada 7-9 Oktober kemarin.

Setelah sukses menyelenggarakan acara di Kota Medan pada bulan Juli lalu, akhirnya USS juga menyelenggarakan event serupa di Kota Surabaya. Tidak hanya mengangkat kembali brand lokal di industri fashion, USS Downtown Market hadir untuk memberikan pengalaman belanja fashion dari brand yang sudah terakurasi. Mulai dari sneakers market, streetwear area, influencer market, hingga thrift & vintage area. 

Cara kita berpakaian memang bisa menjadi perkenalan pertama kita dengan orang-orang baru di sekeliling kita. Meski begitu, jangan lupa bahwa tidak semua nilai diri kita terlihat dari luar ada banyak hal berharga yang juga kita miliki dalam diri kita termasuk pola pikir dan juga cara kita bersikap.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024