Self Food For Thought

Food For Thoughts: Redam Cemas Di Masa Krisis

Saat ini dunia tengah dilanda pandemik COVID-19 secara tiba-tiba. Virus ini belum banyak diketahui informasinya – termasuk bagaimana cara menyembuhkannya – karena tergolong jenis baru yang belum dipelajari oleh ilmuwan. Berbagai negara – termasuk Indonesia – pun mengimbau masyarakatnya untuk tidak bersosialisasi dan berdiam diri saja di rumah untuk memperlambat penyebaran virus ini.

Hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa bergerak dan berinteraksi dengan sesama manusia. Dengan ‘karantina diri’ di dalam rumah saat ini kita pun menjadi tidak seperti seharusnya. Banyak yang bisa menerima keadaan, namun tidak sedikit pula yang masih belum terbiasa dengan perubahan ini. Alhasil mereka dilanda rasa stres dan cemas yang mungkin bisa berkepanjangan – mengingat imbauan untuk berdiam diri ini masih terus digalakkan hingga setidaknya beberapa minggu ke depan.

Beruntung masih banyak platform atau inisiatif yang berbaik hati mencoba menolong kita semua yang tengah dilanda kecemasan di masa tak menentu seperti saat ini. Setidaknya ada tiga rekomendasi dari GREATMIND yang bisa kita gunakan untuk menenangkan diri di rumah.

Yang pertama adalah aplikasi Calm. Aplikasi untuk meditasi ini memberikan resources gratis yang mereka namakan Take A Deep Breath berupa panduan untuk menenangkan diri melalui rekaman audio yang dapat diakses tanpa perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Dalam resources tersebut, Calm melakukan kurasi konten yang tidak hanya berisikan panduan meditasi, namun juga ada cerita pengantar tidur dengan suara yang menenangkan bagi anak-anak, panduan olahraga ringan, hingga jurnal yang dapat dicetak sendiri di rumah.

Selain Calm, aplikasi meditasi lainnya bernama Headspace juga memberikan program gratis dalam aplikasinya yang diberi titel Weathering The Storm. Dalam program yang dapat diakses melalui aplikasinya, Headspace memberi beberapa sesi meditasi untuk tetap fokus, menghilangkan panik, kelelahan, dan menghadapi perubahan.

Bagi yang lebih memilih program meditasi berbahasa Indonesia, The Golden Space Indonesia akan mengadakan sesi meditasi online berjudul Overcoming Anxiety pada Hari Senin 23 Maret 2020 mendatang. Akan ada dua sesi yakni pada pukul 8 pagi dengan Bahasa Indonesia dan sesi kedua pada pukul 7 malam dengan panduan berbahasa Inggris. Untuk bergabung dengan program ini, bisa mendaftarkan diri ke nomor 081293383162.

Semoga beberapa rekomendasi GREATMIND kali ini dapat menenangkan diri kita yang tengah dilanda kecemasan dalam suasana serba tidak menentu seperti saat ini. Tetap tenang dan mari berdoa bersama agar cobaan ini lekas berlalu.

Related Articles

Card image
Self
Lesson Learned: Depresi

Merasa sedih itu bagian dari hidup, tapi kalau sampai berlarut-larut dan menganggu aktivitas itu pertanda ada yang perlu dibenahi atau kamu perlu segera cari bantuan professional. Kita tidak bisa sepenuhnya mengontrol atau mengendalikan apa yang terjadi dan kita alami dalam hidup, tapi kita bisa mengendalikan cara kita memproses pengalaman tersebut. Tidak mudah tapi kita pasti bisa.

By Trisa Triandesa
31 July 2021
Card image
Self
Kesehatan Mental Harus Dibicarakan

Bicara tentang kesehatan mental, masih banyak sekali orang di masyarakat kita yang belum percaya bahwa seseorang bisa memiliki gangguan mental. Akhirnya, orang-orang yang mengalami hal tersebut enggan untuk menceritakan apa yang dirasakan dan memendamnya sendiri. Padahal ia sangat membutuhkan pertolongan untuk keluar dari kemelut benaknya. 

By Carissa Perruset
31 July 2021
Card image
Self
Yang Pergi dan Tak Terlupakan

Bagi kita kepergian orang yang dekat apalagi kita sayangi memang membawa derita dan luka mendalam. Apalagi orang tersebut begitu baik atau berjasa. Kenangan tentang mereka terkadang begitu indah tiada bercela. Tidak jarang proses berduka dialami dalam jangka waktu yang tidak singkat.

By Dr. Clara Moningka
31 July 2021