Self Lifehacks

Good Enough: Mengasah Rasa Percaya Diri

Nurul Idzni

@nurulidzni__

Penulis & Pengusaha Kreatif

Pernah nggak sih, kamu ada di situasi di mana kamu harus mengemukakan pendapat tapi kamu merasa tidak percaya diri dengan pendapat kamu? Atau saat kamu mendapat kesempatan untuk bertanya, tapi kamu merasa sepertinya pertanyaan kamu masih kurang oke bila ditanyakan pada orang lain?

Rasa tidak percaya diri sebenarnya adalah hal yang wajar sekali dialami setiap orang, bahkan bagi orang-orang yang kita anggap sudah sering tampil baik di tempat umum tak jarang juga punya sisi insecure yang membuat dirinya tidak percaya diri atau mungkin malu saat sudah ada di depan umum.

Rasa tidak percaya diri sebenarnya adalah hal yang wajar sekali dialami setiap orang, bahkan bagi orang-orang yang kita anggap sudah sering tampil baik di tempat umum tak jarang juga punya sisi insecure yang membuat dirinya tidak percaya diri atau mungkin malu saat sudah ada di depan umum.

Semua orang pasti ingin berpenampilan menarik, dipadang baik dan terlihat meyakinkan, nggak ada satupun orang yang ingin dipandang salah oleh orang lain. Meski begitu, saat rasa tidak percaya diri datang ada beberapa hal yang bisa coba kita lakukan untuk membuat diri kita merasa lebih baik.

Pertama, coba tanyakan ke diri sendiri, kenapa kita merasa takut hingga merasa tidak percaya diri saat tampil di depan publik? Misalnya, kita takut bernyanyi di depan umum karena takut dianggap aneh, dianggap lucu, atau bahkan dianggap bahan tertawaan bagi orang lain. Setelah menemukan alasannya, coba kita pikir-pikir lagi, alasan-alasan tersebut mungkin hanya ada di benak kita sendiri. Belum tentu alasan yang selama ini kita pikirkan juga benar-benar dirasakan oleh orang lain saat melihat kita.

Kedua, coba tenang dan tarik napas dalam. Anggap semua hal buruk itu hanya ada di kepala kita.

Ketiga, latihan. Practice makes perfect, jadi misal dalam beberapa hari ke depan kamu punya suatu acara di mana kamu harus berbicara di depan umum. Kamu bisa coba alokasikan beberapa hari sebelumnya untuk berlatih. Bisa berlatih di depan kaca, di depan teman, atau kamu bisa rekam dirimu sendiri dan lihat kembali untuk evaluasi. Kamu juga bisa menuliskan terlebih dahulu topik yang akan kamu bicarakan.

Keempat, saat kamu melihat orang lain sedang merasa kurang percaya diri coba berikan dukungan. Kita bisa saja ada di posisi yang sedang mereka alami saat itu, dengan memberikan mereka dukungan sebenarnya kita juga bisa memberikan keyakinan diri bahwa apa yang sedang kita lakukan saat ini juga bisa dilakukan oleh orang lain saat kita sedang tampil di depan umum.

Jadi apa yang kita berikan, kita dapatkan. Semoga beberapa hal yang sudah dibahas tadi bisa memberikan kamu semangat untuk tampil lebih percaya diri ya ke depannya.

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024