Self Work & Money

Hidup Untuk Hari Ini

Sun Wahyu

@soonsunsoon

Pengusaha Kuliner

Fotografi Oleh: Sun Wahyu

Selama masih berada di dunia, merasa takut gagal adalah hal yang wajar. Namun gagal sebenarnya hanyalah sebuah perspektif. Tidak ada seorang pun yang sebenarnya layak diberikan label gagal. Latar belakang saya bukan dari industri kuliner. Saya tidak pernah belajar secara khusus tentang bagaimana mengaduk adonan, memanggang, hingga menghiasnya. Tapi kemudian saya terus mempelajarinya tekniknya, banyak membaca, dan mencoba resep. Kadang gagal membuat resep. Wajar. Tapi saya tidak menghentikan langkah karena masa depan tidak ada yang tahu. Seberapapun kita merasa takut jangan pernah membiarkan rasa takut itu menelan kita bulat-bulat. Akan terasa percuma jika kita terus membiarkan rasa takut itu terpelihara dalam benak. Worrying about the future doesn’t do anything. Berikan yang terbaik saja setiap harinya. Itulah yang terpenting.

Seberapapun kita merasa takut jangan pernah membiarkan rasa takut itu menelan kita bulat-bulat.

Beruntungnya sejak kecil orangtua saya pun membesarkan tanpa ketetapan tertentu sehingga saya dibebaskan untuk menjadi apa saja yang diinginkan. Mereka membebaskan saya untuk mengalami berbagai emosi yang timbul dari setiap keputusan yang saya buat. Sehingga rasa takut itu pun tidak terkungkung di dalam diri, namun diimbangi dengan motivasi yang kuat untuk mencoba lagi. Begitu pula ketika saya akhirnya memutuskan untuk menyudahi karier sebagai desainer grafis. Saya sempat merasa terjebak di dalam industri tersebut. Merasa bahwa menjadi seorang desainer grafis tidak akan membawa saya ke mana-mana. Ada rasa takut tentunya karena belum memiliki bayangan akan menjadi apa setelah itu. Namun karena terbiasa untuk menentukan pilihan dan keputusan, saya jadi lebih berani mengambil risiko. Sebelum akhirnya menjatuhkan keputusan untuk menghidupi bisnis kuliner saya pernah menjajal di dunia keramik. Kala berhenti menjadi desainer grafis, saya mulai menyadari ketertarikan saya pada proses pembuatan produk. Lalu mencoba menekuni media keramik, saya kemudian kembali menemukan jalan buntu karena sulitnya mengontrol proses pembuatan keramik, sedangkan saya memiliki kecenderungan menyukai situasi yang bisa dikendalikan. Walau dalam proses pembelajaran keramik, saya belajar tentang adanya hal yang di luar kontrol kita, dan itu adalah hal yang wajar.

Sejak kecil, orangtua membebaskan saya untuk mengalami berbagai emosi yang timbul dari setiap keputusan yang saya buat. Sehingga rasa takut itu pun tidak terkungkung di dalam diri, namun diimbangi dengan motivasi yang kuat untuk mencoba lagi.

Eksplorasi diri saya setelah itu diawali dari keisengan membuat sebuah tampilan situs. Dulu saat menjadi desainer grafis kebetulan sering membuat proyek tersebut dan mulailah saya membayangkan situs apa yang ingin dibuat. Saya berpikir kalau memiliki toko kue akan seperti apa tampilan situsnya. Dari mengembangkan situs tersebut saya pun seakan mengingat kebiasaan waktu kecil yang suka membantu ibu membuat kue. Lagi-lagi karena coba-coba, saya pun berkutat di dapur membuat kue. Semakin sering mencoba membuat satu resep, saya penasaran untuk membuat yang lain.Secara tidak sadar proses dari memikirkan ide sebuah kue mulai dari namanya, imajinasi tampilannya, hingga proses meracik, memanggang dan menghias mengingatkan saya akan proses seperti di laboratorium kimia. Ya, ketika sekolah dulu saya menikmati mata pelajaran kimia dan proses perubahan wujud dari studi itulah yang secara tidak langsung menumbuhkan minat saya pada proses pembuatan kue. Dari wujud tidak nyata (ide, inspirasi) berubah menjadi sebuah resep, menggabungkan elemen-elemen bahan dan menjadi sebuah kue, ketertarikan pada proses inilah yang akhirnya membuat saya berani menekuni bisnis kue ini.

Kian hari saya menyadari alasan mengapa dulu saya merasa kurang menikmati bekerja menjadi desainer grafis. Ternyata saya adalah seseorang yang suka sesuatu yang dinamis. Ketika berkecimpung di dapur semuanya itu saya dapatkan. Membuat sesuatu dari nol sampai berbentuk indah sungguh memuaskan hati. Sejujurnya Surely Someday Kitchen, bisnis kue online yang saya jalani sekarang juga bukan hanya sekadar bisnis. Saya memandangnya seperti proyek pribadi yang penuh dengan eksplorasi diri. Bisnis ini menyadarkan saya tentang banyak hal terutama tentang diri saya sendiri. Saya belajar tentang apa yang saya inginkan dalam hidup dan ternyata saya ingin berkarya di mana karya itu berasal dari hal-hal yang dekat dari dalam diri. Contohnya salah satu nama kue yang saya ambil dari nama lukisan. Sejak melihat lukisan bertajuk August Blue saya mulai membayangkan kira-kira seperti apa tampilan kue dengan nama tersebut, kira-kira kandungan apa saja yang ada di dalamnya, serta rasanya apa. Saya berusaha menerjemahkan dari apa yang saya lihat, dengar, ke dalam bentuk kue. Jadi setiap kue yang dihasilkan biasanya berasal dari hal-hal sederhana. Sesederhana mendengar sebuah judul lagu atau sebuah lanskap pemandangan.

Karena terbiasa untuk menentukan pilihan dan keputusan, saya jadi lebih berani mengambil risiko.

Meskipun begitu, tentu yang namanya bisnis tetap punya gol dan harapan walau saya tidak dengan langkah agresif mencapainya. Tentu saya mensyukuri bisa mendapatkan penghasilan dari hal yang saya nikmati kerjakan, tetapi untuk saya pribadi ukuran sukses tidak melulu tentang profit, tetapi bagaimana diri kita berkembang seiring dengan berjalannya usaha. Membangun Surely Someday Kitchen nyatanya lebih bertujuan personal yaitu untuk membantu saya memahami diri saya lebih jauh lagi, memahami proses berkarya di mana mediumnya kebetulan adalah kue dan selalu jujur dengan diri sendiri. Juga menyadari bahwa proses berkarya saya juga tidak lepas dari peran kedua orang tua. Ayah saya yang dulu adalah penjual mobil antik dan akrab dengan barang-barang antik memengaruhi selera saya pada desain yang kemudian saya suntikan pada foto-foto kue. Tak berbeda dengan ibu saya yang jelas-jelas mengenalkan pada dunia kuliner. Dari resep-resep yang dulu kami buat bersama, saya meruncingkan tekniknya, menyempurnakan keahlian yang ibu bagikan pada saya. Nama Surely Someday pada akhirnya adalah tentang attitude untuk menjadi diri yang lebih baik lagi, hidup untuk sekarang. Apabila masih belum berhasil, tidak apa, mulai lagi dengan pengetahuan yang baru sampai akhirnya menjadi lebih baik selanjutnya.

Untuk saya pribadi ukuran sukses tidak melulu tentang profit, tetapi bagaimana diri kita berkembang seiring dengan berjalannya usaha.

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024