Self Love & Relationship

How To: Menanam Cinta

Greatmind

@greatmind.id

Redaksi

Ilustrasi Oleh: Salv Studio

Urusan cinta meski kadang menyenangkan, namun seringnya juga rumit. Semuanya selalu berawal dari bahagia: dua orang bertemu, saling suka, dan kemudian jatuh cinta. Saat bersama, tumbuhlah harapan akan kehidupan yang indah dilengkapi dengan impian-impian yang tak kalah serunya.

Tetapi kemudian dalan perjalannya, kedua orang ini akan terbentur dengan realitas tanggung jawab keseharian. Realitas itu beraneka ragam bentuknya, mulai dari rutinitas dan aktivitas kantor, kesibukan yang berbeda, kebutuhan bersosialisasi yang tidak sama, hingga bisa juga jarak yang semakin jauh. Belum lagi tajamnya kata-kata yang mampu membuat luka pasangannya.

Kunci utama putusnya cinta adalah adanya keyakinan bahwa cinta itu membutuhkan pemeliharaan. Cinta itu sangat organik dan memang perlu dirawat. Perawatan itu pun tidak bisa dilakukan dalam jangka pendek. Selama hubungan itu terjalin, sepanjang itulah cinta diuji dengan benturan-benturan kecil yang harus segera diselesaikan. Berikut beberapa langkah yang efektif untuk merawat cinta Anda dan pasangan.

Minta Maaf Dengan Perasaan Menyesal

Jangan gengsi untuk mengucapkan atau meminta maaf jika terjadi kesalahan. Ketimbang cari banyak alasan, lebih baik jadilah yang pertama mengucapkannya. Pasangan bisa menilai usaha ini sebagai ekspresi empati juga perhatian untuknya.

Tetap Terkoneksi

Bahkan saat Anda dan pasangan tinggal satu atap, bukan berarti bisa saling cuek dan tidak mengetahui keberadaan satu sama lain. Berilah perhatian dengan menanyakan keadaan dan keberadaannya. Seringlah menghabiskan waktu berduaan meski memiliki jadwal yang sangat sibuk. Letakkan ponsel, saling memandang, bercakap-cakap, dan dengarkan. Lakukanlah itu setiap hari.

Jangan Mengambil Jarak Secara Pribadi, Tetapi Waspada Saat Jarak Itu Tercipta.

Kita semua membutuhkan waktu sendirian, ruang untuk memiliki pikiran dan mengejar sesuatu yang kita inginkan, lepas dari betapa besarnya kita mencintai pasangan. Ketika Anda merasa pasangan menjauh, tanyakan "Apakah Anda perlu waktu untuk diri sendiri atau ada sesuatu yang perlu  didiskusikan?" Jangan sampai pasangan kesal karena menganggap Anda berusaha menciptakan jarak.

Berikan Kebebasan.

Jangan menjadi egois dengan mengekang pasangan. Biarkan pasangan bisa menjalin hubungan di luar Anda dengan keluarga dan teman dekat secara terpisah maupun bersama. Kita mungkin saling mencintai, tetapi memiliki kebutuhan yang berbeda untuk bersosialisasi, sejarah yang berbeda dengan berbagai teman, dan keinginan yang sangat berbeda untuk kumpul-kumpul keluarga besar. Perlu adanya tolerasnsi dan saling menghormati kebutuhan yang berbeda satu sama lain.

Ciptakan Cerita Pribadi

Sembari mencintai pasangan, Anda masih bisa memciptakan kisah yang sangat personal yang kaya dengan cerita, kenangan, dan lelucon. Memiliki cerita personal bisa menghadirkan senyum, air mata, tawa yang sangat dibutuhkan pada saat-saat Anda mencoba untuk terhubung kembali setelah konflik atau saat berjarak. Tidak peduli seberapa konyol, kisah-kisah personal ini dapat menumbuhkan ikatan khusus yang kuat.

 

Rayakan Perbedaan.

Rayakan perbedaan minat, latar belakang, atau pandangan dunia kepada pasangan tanpa memecah keromantisan. Perbedaan hanya perlu didiskusikan dan dikompromikan dengan penuh kasih sehingga bisa memperkaya hubungan Anda.

Ekspresikan Penghargaan

Untuk membangun cinta yang abadi kita perlu hadir untuk satu sama lain. Di dalamnya termasuk meminta maaf atas pelanggaran kita sendiri dan berempati dengan perubahan hidup. Anda perlu memberitahu pasangan betapa Anda mencintai sekaligus menghargai perhatian serta apapun yang telah diupayakan oleh pasangan. Penting bagi pasangan untuk mendegar pada hari biasa, secara teratur, bahwa dia penting bagi Anda, bahwa Anda benar-benar peduli.

Related Articles

Card image
Self
Lesson Learned: Depresi

Merasa sedih itu bagian dari hidup, tapi kalau sampai berlarut-larut dan menganggu aktivitas itu pertanda ada yang perlu dibenahi atau kamu perlu segera cari bantuan professional. Kita tidak bisa sepenuhnya mengontrol atau mengendalikan apa yang terjadi dan kita alami dalam hidup, tapi kita bisa mengendalikan cara kita memproses pengalaman tersebut. Tidak mudah tapi kita pasti bisa.

By Trisa Triandesa
31 July 2021
Card image
Self
Kesehatan Mental Harus Dibicarakan

Bicara tentang kesehatan mental, masih banyak sekali orang di masyarakat kita yang belum percaya bahwa seseorang bisa memiliki gangguan mental. Akhirnya, orang-orang yang mengalami hal tersebut enggan untuk menceritakan apa yang dirasakan dan memendamnya sendiri. Padahal ia sangat membutuhkan pertolongan untuk keluar dari kemelut benaknya. 

By Carissa Perruset
31 July 2021
Card image
Self
Yang Pergi dan Tak Terlupakan

Bagi kita kepergian orang yang dekat apalagi kita sayangi memang membawa derita dan luka mendalam. Apalagi orang tersebut begitu baik atau berjasa. Kenangan tentang mereka terkadang begitu indah tiada bercela. Tidak jarang proses berduka dialami dalam jangka waktu yang tidak singkat.

By Dr. Clara Moningka
31 July 2021