Self Work & Money

Jangan Lupa Bersenang-Senang

Merasa tidak sih kalau kita ini punya kecenderungan menjadi seorang masokis? Ya, seseorang yang suka sekali menderita. Seakan apa yang kita lakukan harus sampai bersimbah darah baru bisa puas. Harus kerja lembur 24 jam agar bisa mencapai hasil maksimal. Harus melewati akhir pekan di depan laptop tanpa henti demi menepati jadwal deadline. Di pikiran kita berhasil itu adalah kerja keras. Apapun caranya, bagaimanapun caranya. Bekerja keras memang perlu untuk menjadi orang yang berhasil. Tapi terkadang kita tidak sadar banyak yang kita korbankan untuk sampai ke sana. Bahkan kita melupakan faktor bersenang-senang di dalamnya. Akhirnya ketika proses kerja keras kerap kali kita komplain, mengeluh, marah-marah. Mengorbankan suasana hati yang baik setiap hari demi mencapai sukses dengan kerja keras itu. Coba kita tanyakan kembali deh memang harus sampai begitu untuk mendapatkan apa yang kita mau?

Bekerja keras memang perlu untuk menjadi orang yang berhasil. Tapi terkadang kita tidak sadar banyak yang kita korbankan untuk sampai ke sana.

Kecenderungan menjadi seorang masokis tadi sering kali membuat kita merasa bersalah jika kita bersenang-senang. Misalnya saja sebenarnya kita bisa tidak mengerjakan sebuah tugas karena tenggat waktu yang masih cukup panjang. Dan kita sebenarnya bisa meluangkan waktu untuk bermain video game kesukaan. Tapi karena perasaan bersalah itu kita membatalkannya dan justru mulai mengerjakan pekerjaan. Seakan tidak memberikan toleransi sedikit pun pada diri sendiri demi mencapai keberhasilan yang ideal menurut kita yaitu bekerja keras tanpa henti, tanpa istirahat, tanpa bermain-main. Sebab pemikiran kerja keras harus menderita itu juga kita sampai-sampai mengabaikan berbagai faktor negatif di kantor yang membuat suasana tidak nyaman. Politik di kantor, bos galak, teman kerja tukang gosip, semua itu kita tolerir. Seringnya kita berpikir bahwa kalau bisa melewati itu semua berarti kita dapat menjadi seseorang yang lebih kuat nantinya. Memang benar demikian?

Berbagai studi dan penelitian membuktikan bahwa untuk mencapai produktivitas yang maksimal kita harus bersenang-senang dalam bekerja. Jangan salah ya, maksudnya bukan sampai lalai mengerjakan tugas. Tapi mengerjakannya dengan pikiran tenang, suasana hati yang riang gembira. Salah satunya adalah dengan meluangkan waktu untuk bersenang-senang dan mendapatkan suasana lingkungan yang juga menyenangkan untuk mendorong semangat bekerja. Contoh sederhana ketika bekerja kita mendengarkan musik yang kita suka. Lalu sambil bekerja kita ikut bersenandung atau bahkan menggoyangkan badan. Ini hal simpel yang bisa membuat pikiran kita tidak stres saat fokus pada suatu pekerjaan dan justru sel-sel otaknya bisa berpikir lebih jernih. Jadi pekerjaan itu tidak seperti obat pahit yang terpaksa harus diminum tapi seperti es krim yang ingin kita habiskan.

Untuk mencapai produktivitas yang maksimal kita harus bersenang-senang dalam bekerja.

Begitu pula dengan rekan kerja dan bos yang menyenangkan. Datang ke kantor tidak lagi dengan berat hati tapi justru dengan amat suka rela. Itulah mengapa penting sekali untuk bisa meningkatkan ikatan hubungan sosial dengan mereka. Bukan untuk menjilat ya melainkan untuk membuat suasana kantor lebih ramah tidak seperti berada di tempat asing. Bermain badminton bersama seusai kerja, misalnya, bisa meningkatkan unsur solidaritas di antara kita dan rekan kerja. Tidak perlu benar-benar membuatnya jadi sahabat atau membuat geng layaknya di sekolah. Cukup meningkatkan kedekatan saja dari sekadar tahu nama menjadi tahu hobinya apa. Inilah juga yang akan membuat produktivitas kita meningkat karena berpikir bisa lebih bekerja sama dengan orang yang terasa dekat dengan kita. Tambahkan juga humor dan guyonan selama bekerja. Jangan buat semuanya jadi terlalu serius. Ketika otak dalam frekuensi tegang kita akan lebih mudah berpikir negatif yang dapat membuat kita cepat lelah. 

Seperti juga yang dikatakan oleh Dale Carnegie, seorang penulis asal Amerika, “People rarely succeed unless they have fun in what they are doing.” Untuk mencapai misi dalam hidup kita memang tidak bisa hanya menggerakkan satu aspek saja dan melupakan aspek lainnya. Sebab semua aspek dalam hidup saling berkaitan. Bekerja, bersenang-senang, beristirahat, semua saling berkaitan satu sama lain dengan porsi yang seimbang. Kalau kita sudah bisa menemukan hal menyenangkan di pekerjaan, lakukanlah itu berkali-kali. Jagalah agar tidak hilang. Itulah kunci sukses kita nantinya. Namun satu hal lagi yang tidak kalah penting di antara semua faktor adalah menemukan pekerjaan yang kita cintai dulu. Kalau tidak mau seperti apapun upaya kita membuatnya menyenangkan kita tidak akan merasa puas. Tidak akan berhenti untuk merasa menderita sepanjang perjalanannya. 

Bekerja, bersenang-senang, beristirahat, semua saling berkaitan satu sama lain dengan porsi yang seimbang.

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024