Self Lifehacks

Kebahagiaan Singkat

Salah satu analogi penggambaran hidup yang sering digunakan dan menurut saya cukup tepat adalah rollercoaster. Banyak yang mengatakan bahwa hidup kita penuh dengan naik turun seperti halnya rollercoaster. Saya rasa ini ada benarnya. Ada banyak sekali momen yang kita alami dalam keseharian, beberapa diantaranya mungkin terkadang sulit untuk dipahami dan kemudian berpengaruh kepada cara kita menjalani hidup.

Ada banyak sekali momen yang kita alami dalam keseharian, beberapa diantaranya mungkin terkadang sulit untuk dipahami dan kemudian berpengaruh kepada cara kita menjalani hidup.

Ketika mengalami momen yang sulit untuk dipahami lalu berujung pada perasaan tidak baik-baik saja, biasanya saya mencoba untuk mengambil waktu dan mencoba mundur beberapa langkah. Mencoba melihat dari perspektif yang lebih luas mengenai apa yang kita alami, mencoba mengambil waktu untuk diri sendiri.

Saat mengalami masa-masa sulit, menurut saya hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mencoba menguraikan sebenarnya apa yang kita rasakan, apa yang sedang saya hadapi saat itu. Terkadang pikiran kita begitu kusut sehingga kita bingung harus mulai dari mana, bahkan untuk menjelaskan perasaan kita pada orang lain terkadang juga bukan perkara mudah. Memahami diri adalah hal pertama yang bisa dilakukan sebelum mengambil langkah selanjutnya, entah itu mencoba bercerita dengan orang lain ataupun keputusan-keputusan lainnya saat menghadapi momen yang sulit.

Terkadang pikiran kita begitu kusut sehingga kita bingung harus mulai dari mana, bahkan untuk menjelaskan perasaan kita pada orang lain terkadang juga bukan perkara mudah.

Menulis lagu adalah salah satu cara saya untuk memahami diri. Saat mengalami hal yang luar biasa, baik itu sangat buruk atau sangat bahagia pikiran saya rasanya sangat runyam. Bahkan saat jatuh cinta pun bagi saya perasaan ini juga sulit untuk dijelaskan. Sehingga, menguraikannya melalui lagu baik dari segi musik atau lirik membantu saya memahami sebenarnya situasi seperti apa yang saya sedang alami. Dengan kata lain, membantu saya untuk mengenali diri dengan lebih baik.

Baru-baru ini saya juga merilis EP terbaru berjudul “hewantscoffeebutiamtea” yang sebenarnya berasal dari username Instagram saya.  Di sisi lain saya juga ingin teman-teman yang mendengarkan bisa berkenalan dengan Numcha yang sebenarnya melalui lagu yang tergabung dalam EP ini. Kali ini saya juga ingin mengeksplorasi lebih dalam mengenai dinamika perasaan yang dirasakan oleh seorang manusia, meliputi diri saya dan juga orang-orang yang ada di sekitar saya.

Salah satunya juga saya ceritakan melalui lagu “Afterglow”. Ada makna ganda yang sebenarnya ingin saya sampaikan melalui lagu ini. Pertama adalah gambaran momen saat matahari terbenam, saya ingin menyampaikan nuansa serta pemandangan yang menakjubkan sekaligus juga mengajak teman-teman untuk lebih mengenali warna diri kita yang sesungguhnya. Sama seperti saat kita ingin mengabadikan momen matahari terbenam yang indah namun hanya terjadi sekejap mata, saya juga ingin mengabadikan momen berharga dalam hidup saya melalui lagu.

Momen-momen bahagia yang kita lalui bersama keluarga, sahabat, pasangan, atau bahkan diri sendiri boleh saja hanya berlangsung sebentar, tapi kenangan akan kebahagiaan yang sebentar itu bisa membantu kita untuk tetap bisa bertahan di masa-masa sulit. Sebenarnya saya tidak ingin membebani diri dengan harapan yang luar biasa saat merilis musik.

Momen-momen bahagia yang kita lalui bersama keluarga, sahabat, pasangan, atau bahkan diri sendiri boleh saja hanya berlangsung sebentar, tapi kenangan akan kebahagiaan yang sebentar itu bisa membantu kita untuk tetap bisa bertahan di masa-masa sulit.

Saya hanya ingin musik saya bisa menemani siapapun yang mendengarkan, baik di kala sulit ataupun bahagia. Semoga saat mendengarkan EP ini kamu tidak lagi merasa sendirian. Sama seperti orang-orang lain, saya juga pernah mengalami masa-masa sulit dan berjuang untuk berdamai dengan segala kesulitan hidup. Meski begitu, semoga kita tetap bisa menemukan paling tidak satu alasan untuk berbahagia hari ini.

Sama seperti orang-orang lain, saya juga pernah mengalami masa-masa sulit dan berjuang untuk berdamai dengan segala kesulitan hidup. Meski begitu, semoga kita tetap bisa menemukan paling tidak satu alasan untuk berbahagia hari ini.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024