Self Lifehacks

Memulai Kesempatan Kedua

Selama dua tahun terakhir, kami sebenarnya lebih aktif untuk tampil di panggung secara langsung, mengingat banyak teman-teman yang juga sudah lama menantikan untuk bisa menonton pertunjukkan musik secara langsung. Kami juga tetap terus memproduksi lagu untuk album baru kami nantinya. Sensasi pertunjukkan musik secara langsung yang sulit dilakukan selama beberapa tahun terakhir membuat kami mencoba untuk bereksperimen dalam proses rekaman lagu terbaru kami berjudul “Sekali Lagi”.

Untuk pertama kalinya kami menggunakan konsep rekaman secara live. Tantangan dalam menjalankan ide ini sebenarnya ada pada tahap persiapan yang harus dilakukan dengan benar-benar matang. Karena ingin dilakukan secara langsung, maka aransemen lagu dan seluruh bagian dari lagu sudah harus dipersiapkan untuk menghindari kesalahan dalam proses perekaman. Ketika proses rekaman berlangsung kami hanya perlu menyesuaikan energi dan mood lagu, pada dasarnya kami berusaha menghadirkan penampilan kami di panggung dalam produksi rekaman studio untuk lagu ini.

Sejak tahun 2018, Soulvibe juga terus memproduksi dan merilis beberapa lagu yang mungkin mayoritas bernuansa elektronik karena secara garis besar kami ingin menampilkan nuansa musik di era 80-an akhir. Kali ini kami ingin lebih menghadrikan aransemen musik di awal 80-an hingga 70-an akhir. Syukurnya prosesnya berjalan lancar dan kami juga sangat puas dengan hasil yang didapatkan dari persiapan yang cukup panjang.

Kamu mungkin juga pernah bertemu dengan seseorang yang tepat di waktu yang tidak tepat. Entah karena kondisi sekitar ataupun hal-hal yang ingin kamu selesaikan di dalam diri sendiri. Ketika keadaan memungkinkan di kemudian hari dan kita berkesempatan untuk bertemu sekali lagi dengan orang tersebut di situasi yang lebih baik, rasanya tidak ada salahnya untuk memberikan kesempatan kedua sekali lagi.

Lagu “Sekali Lagi” sebenarnya menceritakan hal yang universal, tentang kesempatan kedua dalam sebuah hubungan. Kalau dilihat dari sudut pandang lagu ini, kesempatan kedua dalam hubungan dilihat sebagai hal yang positif, dengan catatan memang hubungan tersebut tidak berakhir karena masalah ataupun konflik. Kamu mungkin juga pernah bertemu dengan seseorang yang tepat di waktu yang tidak tepat. Entah karena kondisi sekitar ataupun hal-hal yang ingin kamu selesaikan di dalam diri sendiri. Ketika keadaan memungkinkan di kemudian hari dan kita berkesempatan untuk bertemu sekali lagi dengan orang tersebut di situasi yang lebih baik, rasanya tidak ada salahnya untuk memberikan kesempatan kedua sekali lagi.

Kesempatan kedua dalam sebuah hubungan dapat dilihat dengan perspektif yang sangat luas. Kalau memang tidak ada masalah berarti dan kita siap untuk mencoba lagi, kesempatan kedua mungkin menjadi hal yang masuk akal untuk dicoba.

Tak jarang hubungan kita selesai dengan seseorang karena masalah komunikasi. Tidak hanya kepada pasangan, hal ini juga bisa terjadi dalam hubungan pertemanan ataupun pekerjaan. Komunikasi adalah aspek yang sangat penting dalam hubungan antar manusia. Untuk bisa menyelesaikan miskomunikasi, ada baiknya kita tidak menunda-nunda dalam upaya meluruskan masalah yang ada. Sesegera mungkin mulai diskusi yang diperlukan untuk sama-sama memahami sudut pandang satu sama lain. Menunda menyelesaikan kesalah pahaman kita dengan orang lain justru bisa mengundang masalah baru yang seharusnya tidak ada.

Kita bukan peramal yang bisa memahami isi hati dan pikiran orang lain, maka kalau ada saran atau kritik ada baiknya kita berusaha menciptakan momen untuk bisa mendiskusikan hal tersebut. Kuncinya adalah menyegerakan komunikasi untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Melalui lagu “Sekali Lagi”, kami harap teman-teman yang mendengarkan bisa merasa bahwa kesempatan kedua itu bisa diusahakan dan tidak masalah untuk dilakukan kalau memang keadaannya memungkinkan. Dari segi musik dan visual yang dihadirkan kami juga berharap teman-teman bisa merasakan retro nostalgia, apalagi yang mungkin merasakan momen menonton musik di TVRI era 80-an.

Teman-teman yang belum pernah merasakan juga bisa menikmati sensasi retro dengan video yang kami hadirkan di kanal YouTube dengan rasio video yang bernuansa tv tabung. Semoga apa yang ingin kami sampaikan dapat diterima dengan baik dan memberikan kebahagiaan bagi siapapun yang mendengarkan.  

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024