Self Lifehacks

Menemukan Kabar Baik dalam Hidup

Definisi momen bahagia menurutku adalah saat kita bisa berperilaku dengan tepat dan secukupnya. Artinya saat dimana kita mengerjakan sesuatu yang kita inginkan dan tidak memaksakan sesuatu hal harus selallu terjadi sesuai keinginan kita. Beberapa diantara kita mungkin pernah merasa sudah melakukan segalanya untuk pasangan atau orang-orang disekitar kita lalu kemudian ternyata kita tidak mendapat respon atau balasan yang sesuai dengan ekspektasi kita. Padahal mungkin saja orang lain merasa mereka tidak pernah meminta kita melakukan lebih. 

Definisi momen bahagia menurutku adalah saat kita bisa berperilaku dengan tepat dan secukupnya. Artinya saat dimana kita mengerjakan sesuatu yang kita inginkan dan tidak memaksakan sesuatu hal harus selallu terjadi sesuai keinginan kita.

Kalau dalam percintaan mungkin kita paham dengan istilah bucin. Saat dimana kita sudah melakukan segalanya tapi bisa saja kita tidak mendapat repon yang sesuai. Keseimbangan respon dan kasih sayang adalah kunci untuk bisa menjadi bahagia menurut saya. Kadang kita terlalu menginvestasikan hidup kita pada orang yang tidak berpikir demikan pada kita. Maka aku belajar bahwa interaksi yang seimbang adalah kunci untuk bisa merasa bahagia.

Dalam proses memahami hal ini dulu aku juga terbilang naif, maksudnya dulu aku belum sadar ternyata aku terlalu banyak mendahulukan orang lain. Sebenarnya kita memang wajib berbuat baik kepada semua orang tapi dengan parameter yang baik pula. Kita juga harus menghargai dan membahagiakan diri kita sendiri. Perasaan kita juga perlu dirawat, karena hati kita juga bukan terbuat dari baja. Secara manusiawi pasti kita pernah merasa kecewa. 

Kita juga harus menghargai dan membahagiakan diri kita sendiri. Perasaan kita juga perlu dirawat, karena hati kita juga bukan terbuat dari baja. Secara manusiawi pasti kita pernah merasa kecewa. 

Segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita pada akhirnya akan kembali berada di tangan kita sendiri. Dalam setiap peristiwa yang terjadi baik itu menyenangkan atau kurang membahagiakan sekalipun, kita punya porsi akan kejadian tersebut. Untuk itu kita perlu lebih bijak dalam merespon sebuah momen atau peristiwa. Ada saat dimana kita hanya diperlukan sebagai seorang pendengan, ada kalanya kita memang harus berkomentar. Semuanya kembali kepada penguasaan diri kita sendiri.

Aku menceritakan pengalamanku untuk bisa menjadi lebih bahagia dan melewati fase patah hati dalam trilogi lagu “Semoga”, “Kabar Baik”, “Untukku.” Sebenarnya tidak ada alasan khusus mengapa aku mengangkat topik ini. Selama berkarya di dunia musik memang laguku dekat dengan patah hati, tapi aku ingin meyampaikannya dari sudut pandang yang berbeda. Bahwa ada hal manis yang juga bisa kita rasakan saat menjalani fase move on. Aku berharap dengan lirik yang sederhana dan alunan musik yang tenang pesan tersebut bisa tersampaikan.  

Aku berharap teman-teman yang membaca tulisan ini dan mendengarkan laguku nantinya bisa berdamai dengan situasi sulit yang tengah dirasakan. Banyak hal pahit yang memang harus kita rasakan dalam hidup, saat kita sudah bisa menikmatinya, kita bisa memahami bahwa selalu ada hal-hal manis yang bisa kita ambil dalam setiap pengalaman hidup kita, meski pahit sekalipun. 

Banyak hal pahit yang memang harus kita rasakan dalam hidup, saat kita sudah bisa menikmatinya, kita bisa memahami bahwa selalu ada hal-hal manis yang bisa kita ambil dalam setiap pengalaman hidup kita, meski pahit sekalipun. 

Saat kita sudah bisa berdamai dengan keadaan, apa pun momen yang sedang terjadi akan menjadi kabar baik dalam perjalanan hidup kita. Akan ada fase dimana kita memang benar-benar merasa sakit, mungkin saat ditinggal dalam sebuah hubungan misalnya, kadang kita harus merasakan luka dulu baru kita bisa dengan ringan mengatakan bahwa bisa jadi orang tersebut yang yang terbaik untukku.

Related Articles

Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024
Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024