Self Health & Wellness

Menemukan Kembali Semangat Hidup

Ada banyak kejadian kurang menyenangkan yang pernah saya alami. Salah satu yang paling memengaruhi diri saya hari ini terjadi di tahun 2011 lalu. Pasa saat itu, saya masih seorang mahasiswa dan harus berupaya untuk mencukupi kebutuhan hidup saya sendiri karena menghadapi perbedaan sudut pandang dengan keluarga. Setelah memutuskan untuk keluar rumah, selama satu tahun saya harus berusaha membiayai diri saya sendiri meski ibu saya masih tetap membantu tapi itu adalah kali pertama saya mulai mandiri. 

Setelah menjalani hal tersebut selama satu tahun, saya merasa mulai kehilangan semangat untuk hidup. Merasa terlalu banyak masalah yang hadir di waktu yang bersamaan membuat saya kesulitan untuk menghadapi stress hingga berujung menimbulkan keinginan untuk mengakhiri hidup. Sudah beberapa kali sebenarnya pikiran ini muncul, pertama kali saat saya masih berusia 15 tahun. Saya tumbuh dengan orang tua yang sering kali bertengkar, hingga akhirnya berpisah saat saya berumur 10 tahun. Semenjak itu saya merasa ada banyak masalah yang saya rasakan terutama dari lingkungan sekitar saya. 

Kepindahan saya ke Jakarta pada tahun 2016 lalu sebenarnya diawali dengan niat untuk bisa kembali pulih dan menghidupi hidup saya dengan sebenar-benarnya. Kala itu saya mengalami gangguan mental bipolar disorder, saya mendapat diagnosa ini sejak tahun 2012. Selama empat tahun saya mencoba beragam cara untuk bisa merasa lebih baik, mulai dari menemui psikolog, psikiater, rukiah, dan berbagai cara lainnya tapi saya merasa rangkaian cara tersebut tidak optimal dan saya merasa tidak bisa berfungsi dengan baik.

Kemudian saya bertemu dengan tante saya yang kebetulan adalah seorang praktisi meditasi di The Golden Space Malaysia dan juga pengajar di The Golden Space Indonesia. Saat mendengar kata meditasi saya merasa mungkin cara yang cocok untuk bisa membuat saya merasa lebih baik. Meski entah apa yang menjadi dasar dari pemikiran ini akhirnya saya memutuskan untuk mencoba dan kemudian pindah ke Jakarta.

Berangkat dari pengalaman saya menghadapi masalah dan juga perjalanan saya mencari keinginan dan alasan untuk melanjutkan hidup, sedikit demi sedikit saya mulai menemukan kekuatan dalam diri saya. Tantangan hidup memang tidak akan berkurang, hanya saja kegigihan saya untuk tetap hidup semakin kuat setelah melakukan meditasi. Untuk itu saya ingin berbagi kepada teman-teman yang juga sedang mengalami hal serupa, saya ingin memberikan kembali apa yang telah saya alami dan pelajari. Itulah alasan saya mulai menjadi seorang praktisi meditasi di The Golden Space Indonesia.

Tantangan hidup memang tidak akan berkurang, hanya saja kegigihan saya untuk tetap hidup semakin kuat setelah melakukan meditasi.

Berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain untuk menemukan kembali semangat hidup pada dasarnya memberikan saya kepuasan batin yang tidak bisa dijelaskan. Ada sebuah kepuasan dalam diri yang mengatakan bahwa ternyata hidup saya sekarang masih memiliki makna.

Mungkin ilmu yang saya miliki dan bagikan masih sedikit, tapi ketika itu bisa menjadi manfaat bagi orang lain, bagi saya ini adaah hal yang tidak ternilai harganya. Satu yang ingin saya sampaikan bagi teman-teman yang mungkin tengah mencari semangat untuk hidup.

Hidup pasti ada tantangan dan naik turun, tapi temukanlah alasanmu untuk hidup dan melanjutkan perjalananmu. Temukan di dalam dirimu keinginan dan kekuatan untuk terus melanjutkan hidup.

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024