Self Work & Money

Menjaga Fokus Agar Tetap Optimal

Fokus. Satu kata yang sering kali muncul saat membahas hal-hal yang bersinggungan dengan topik produktivitas. Salah satu kalimat yang cukup akrab kita dengar adalah agar menjaga fokus saat mengerjakan sesuatu. Berusaha menghindari distraksi seperti ponsel dan media sosial adalah satu hal, tapi kemampuan di dalam diri untuk bisa menjaga fokus saat mengerjakan suatu hal adalah hal lain. Kemampuan untuk bisa fokus tidak akan lepas dari performa kita di tempat kerja ataupun kemampuan kita untuk bisa benar-benar paham saat belajar.

Sebelum membahas bagaimana cara kita untuk melatih fokus, ada baiknya kita terlebih dahulu memahami kenapa kita mudah kehilangan fokus. Ada beberapa kemungkinan, mulai dari kualitas dan kuantitas tidur yang tidak tercukupi, stress yang menumpuk di dalam pikiran, kebiasaan menunda pekerjaan, hingga hal-hal yang lebih serius seperti gangguan pada kesehatan mental atau kondisi lain yang berhubungan dengan jaringan saraf kita.

Kali ini kita akan membahas cara-cara yang bisa kita lakukan, kalau memang alasan kita kehilangan fokus adalah hasil dari rutinitas atau gaya hidup kita sehari-hari. Kalau memang alasannya lebih serius, jangan ragu untuk menghubungi professional agar kamu bisa mendapat bantuan yang tepat. Lalu apa saja yang bisa kita coba lakukan untuk meningkatkan konsentrasi?

Persiapkan Kondisi Untuk Fokus

Terkadang kita merasa ada terlalu banyak hal yang harus kita selesaikan segera. Padahal, kita hanya manusia biasa yang tentu saja harus menyelesaikan semua pekerjaan yang kita miliki satu per satu. Jadi, sebelum memulai hari atau mengerjakan hal yang selama ini membuatmu merasa terbebani, coba situasikan dirimu terlebih dahulu. Kamu bisa mulai menuliskan urutan prioritas pekerjaan yang ingin kamu selesaikan atau latihan pernapasan selama tiga menit sebelum kamu memulai hari.

Pastikan Kamu Cukup Istirahat

Istirahat dan produktivitas kadang seolah menjadi dua hal yang bertolak belakang, sebenarnya kedua hal ini seharusnya berjalan beriringan dan saling menopang satu sama lain. Saat kamu kurang tidur atau mungkin tidur lama dengan kualitas yang kurang optimal. Kalau memang tidak bisa menjaga pola tidur karena pekerjaan, paling tidak niatkan untuk tidur lebih optimal di akhir pekan. Coba jadwalkan jam tidur dan bangun yang selalu sama setiap harinya.

Istirahat dan produktivitas kadang seolah menjadi dua hal yang bertolak belakang, sebenarnya kedua hal ini seharusnya berjalan beriringan dan saling menopang satu sama lain.

Luangkan Waktu Untuk Berolahraga

Anjuran untuk olahraga sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Olahraga rutin juga bisa membantu memelihara ketajaman ingatan dan tentu saja melatih kemampuan kita untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan suatu hal.  

Kurangi Multitasking

Kemampuan untuk mengerjakan banyak hal dalam satu waktu memang rasanya sudah menjadi bagian dari tuntutan hidup yang harus kita hadapi. Tanpa kita sadari, kebisaan untuk selalu mengerjakan banyak hal dalam satu waktu juga bisa menumpuk stress yang ada di pikiran kita, alhasil kita jadi sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang harus kita selesaikan. Kita bisa melatih kemampuan berkonsentrasi dengan mengerjakan sebuah tugas dengan sebaik-baiknya dalam satu waktu. Sehingga, kita terbiasa untuk menjaga fokus dalam kurun waktu tentu yang secara jangka panjang dapat membantu meningkatkan kemampuan fokus kita secara keseluruhan.

Tanpa kita sadari, kebisaan untuk selalu mengerjakan banyak hal dalam satu waktu juga bisa menumpuk stress yang ada di pikiran kita, alhasil kita jadi sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang harus kita selesaikan.

Setelah mencoba beberapa hal diatas, semoga kita bisa menjaga kemapuan fokus kita. Sehingga, kita bisa berjalan selangkah lebih dekat dengan hal-hal yang sebenarnya ingin kita capai.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024