Self Health & Wellness

Menjaga Ritme Istirahat

Kapan terakhir kali kamu bisa tidur nyenyak dan bangun dengan kondisi segar?

Ketika membahas mengenai cara menjaga kesehatan, baik fisik maupun psikis, kualitas tidur sering kali tidak terlalu mendapat tempat yang cukup krusial. Mungkin kita lebih familiar dengan anjuran untuk menjaga asupan nutrisi dan olahraga secara rutin. Padahal, tidur juga memiliki peran penting dalam kualitas hidup kita. Aktivitas fisik, nutrisi, dan kualitas tidur adalah hal yang akan saling membantu satu sama lain dalam menjaga kondisi kesehatan kita kita.

Aktivitas fisik, nutrisi, dan kualitas tidur adalah hal yang akan saling membantu satu sama lain dalam menjaga kondisi kesehatan kita kita.

Pada dasarnya tubuh kita memiliki jam biologisnya sendiri. Secara alami kita akan merasa segar dan siap beraktivitas saat terkena cahaya matahari, lalu kemudian mulai mempersiapkan diri untuk beristirahat saat matahari mulai terbenam. Kini, sebagian besar dari kita mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dengan jendela kecil dan cahaya buatan dari lampu. Kita lantas mulai membentuk jam biologis yang baru dan bisa saja membuat kita menjadi sulit untuk mengatur waktu istirahat. Tak jarang kita merasa disiplin hanya berlaku saat bekerja dan tidak butuh diterapkan dalam menjaga ritme istirahat kita.

Kini, sebagian besar dari kita mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dengan jendela kecil dan cahaya buatan dari lampu. Kita lantas mulai membentuk jam biologis yang baru dan bisa saja membuat kita menjadi sulit untuk mengatur waktu istirahat.

Salah satu cara untuk bisa memperbaiki kualitas tidur kita adalah dengan mendapatan sinar matahari yang cukup. Paling tidak sekali dalam seminggu kita bisa coba mulai menyempatkan diri untuk berjalan-jalan di alam terbuka. Di tengah banyaknya berita perihal kualitas udara yang memburuk saat ini, mungkin memang sulit bagi kita untuk menghirup udara segar. Salah satu opsinya adalah dengan mengunjungi tempat-tempat yang dipenuhi pepohonan seperti taman kota.

Kalau kamu tinggal di Jakarta, Urban Forest adalah salah satu tempat yang mungkin bisa menjadi pilihanmu untuk berjalan-jalan santai dan menikmati sinar matahari bersama orang-orang terdekat. Bisa makan-makan bersama keluarga, pasangan, atau berbincang tentang apa yang kamu alami selama satu minggu penuh bersama teman-teman. Di sini kamu juga bisa mengajak peliharaan kamu untuk jalan-jalan, lho.

Hal menarik lainnya dari menghabiskan waktu di taman kota adalah beragam interaksi antara manusia yang mungkin selama ini jarang kita temui. Sekumpulan remaja yang tertawa lepas sembari menikmati jajanan, keluarga kecil yang berjalan-jalan sembali melihat hewan, atau anak-anak yang melepaskan energi mereka dengan berlarian kesana-kemari. Sinar matahari sering kali juga bisa membantu kita untuk meningkatkan mood yang mungkin sulit dikendalikan karena terlalu sering menatap layar untuk bekerja.

Sinar matahari sering kali juga bisa membantu kita untuk meningkatkan mood yang mungkin sulit dikendalikan karena terlalu sering menatap layar untuk bekerja.

Setelah menghabiskan cukup waktu di bawah sinar matahari dan juga bercengkarama dengan manusia-manusia lain, ini juga bisa membantu kita untuk meningkatkan kualitas tidur kita. Kerja keras sering kali menjadi satu-satunya pilihan bagi kita untuk bertahan, tapi setelahnya kita juga berhak untuk istirahat sejenak dan mempersiapkan diri untuk kembali berjalan.

Istirahat yang berkualitas juga bisa membantu kita dalam mengendalikan emosi, sekaligus membantu memelihara kesehatan mental kita secara keseluruhan. Pikiran yang tenang juga akan memberikan pengaruh baik pada tubuh, sehingga hari-hari kita bisa dijalani dengan lebih ringan.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024