Self Lifehacks

Menyimpan Momen Berharga

Kenangan punya banyak tempat untuk disimpan. Terkadang dalam sebuah lagu, benda, atau kehadiran seseorang. Maka, ada banyak cara pula untuk dapat menyimpan sebuah momen untuk selalu kita ingat. Menurutku, menulis buku harian, membuat playlist untuk momen-momen spesial, atau mengambil foto adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan memori dengan baik. Asalkan jangan terlalu sibuk, berusaha menyimpan momen dalam sebuah foto tanpa benar-benar menikmati waktu yang ada.

Menurutku, menulis buku harian, membuat playlist untuk momen-momen spesial, atau mengambil foto adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan memori dengan baik.

Musik adalah salah satu medium yang bisa menyimpan kenangan dengan sangat baik, setidaknya menurutku pribadi. Ini adalah hal yang juga menjadi caraku untuk menghabiskan waktu dengan Papa. Salah satu momen paling spesial untukku bersama Papa adalah saat kita bernyanyi bersama, sembari memainkan gitar. Tempatnya mungkin biasa saja, di rumah, tapi rasanya sudah sangat menenangkan dan menyenangkan sekali.

Ada banyak lagu yang mengingatkan momen aku bersama Papa. Mulai dari lagu-lagu The Beatles, ada pula sebuah lagu berjudul “There’s A Lull In My Life”, juga banyak lagi lagu dan musik di luar sana yang mengingatkan aku sama Papa. Hingga akhirnya aku merilis sebuah lagu yang aku rasa cukup menggambarkan momen-momen yang aku habiskan bersama Papa.

Lagu berjudul “Amuleto” ini pada awalnya tidak terbayangkan untuk menjadi sebuah lagu yang aku buat untuk Papa. Ide ini kemudian muncul setelah mendengar musik yang disuguhkan oleh temanku, Felix. Begitu mendengar petikan gitar di lagu ini, aku langsung teringat akan momen bernyanyi dan bermain gitar dengan Papa. Nama “Amuleto” sendiri berasal dari Bahasa Argentina yang berarti good luck charm atau jimat keberuntungan. Kebetulan, nama Papaku juga Lucky, jadi rasanya pas sekali. Aku merasa musik adalah jimat keberuntungan yang Papa berikan untukku.

Bagiku, rasa rindu itu penting untuk kita hargai. Dengan memahami bahwa kita bisa merindukan sesuatu, pada saat kita berada di sebuah momen baik, kita akan ingat bahwa kita harus memaksimalkan waktu tersebut agar dapat kita kenang lebih lama. Ada banyak cara melepas rindu, aku biasanya dengan menelepon atau mengirim pesan pada orang-orang tersayang kalau mereka sedang tidak berada di dekatku.

Dengan memahami bahwa kita bisa merindukan sesuatu, pada saat kita berada di sebuah momen baik, kita akan ingat bahwa kita harus memaksimalkan waktu tersebut agar dapat kita kenang lebih lama.

Melalui lagu “Amuleto”, aku berusaha menghadirkan nuansa musik yang bisa nyaman untuk didengarkan seharian oleh aku dan Papa, semoga pesan yang sama juga bisa tersampaikan pada teman-teman semua.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024