Self Love & Relationship

Momen Pertemuan Baru

Masa pendekatan adalah salah satu momen di hidup kita yang paling penuh dengan perasaan. Mulai dari bahagia, khawatir, gelisah, malu, dan masih banyak lagi. Mungkin kita cukup sering mendengar stereotype kalau perempuan justru harus lebih banyak menunggu atau bahkan diharapkan untuk tidak terlalu aktif pada masa-masa pendekatan.

Dulu aku juga sempat punya pandangan demikian, tapi cara pandang ini berubah ketika suatu saat aku bertemu seseorang yang menarik perhatianku. Sayangnya memang orang ini kurang aktif dalam mengutarakan perasaan, mungkin dirinya memang bukan individu yang sangat baik dalam berkomunikasi. 

Pada momen itulah aku mulai berpikir bahwa sebenarnya perempuan juga boleh, loh, untuk bisa lebih aktif dalam mengungkapkan apa yang kita rasakan. Ini juga bukan hanya dalam hubungan percintaan, tetapi juga berlaku dalam hubungan kita bersama teman atau juga rekan kerja kita.

Aku belajar untuk mulai mengungkapkan apa yang sebenarnya aku mau atau rasakan, daripada hanya terus menunggu orang lain untuk melakukannya terlebih dahulu. 

Masa-masa pendekatan juga menjadi salah satu inspirsasiku dalam bermusik, momen ini juga menjadi inspirasi dari lagu terbaruku “The Way You Move”. Lagu ini sebenarnya bercerita tentang seorang perempuan yang sedang berada dalam masa pendekatan dan justru wanita ini lebih aktif dalam menunjukkan perasaan yang ia miliki. Melalui lagu ini aku ingin mematahkan stigma kalau perempuan nggak boleh ambil langkah duluan dan hanya boleh menunggu. Salah satu liriknya juga memang terinspirasi dari kejadian nyata saat tiba-tiba aku dikirimi ice cream saat proses pembuatan lagu ini oleh seseorang. 

Meski begitu, menurutku kita juga butuh waktu dan juga strategi yang tepat saat berkenalan lebih jauh dengan orang lain. Kemampuan membaca situasi menjadi sangat penting ketika kita ingin mengenal seseorang lebih dekat. Setiap orang tentu akan memberikan respon yang berbeda terhadap cara kita berkenalan. Ada yang mungkin butuh waktu lebih banyak, ada pula yang baik-baik saja saat kita langsung mengutarakan apa yang kita pikirkan atau rasakan. Kalau kita sudah benar-benar bisa membaca situasi, jangan malu untuk memulai percakapan lebih dahulu dengan orang lain.

Kebanyakan dari kita mungkin akan gengsi atau malu saat harus mulai berkenalan dengan orang baru, padahal tidak ada salahnya mencoba karena apa yang kita khawatirkan bisa saja tidak terjadi. 

Bahasa cinta setiap orang juga berbeda-beda. Kita seringkali juga hanya mengetahui bahasa cinta yang kita berikan pada orang lain, padahal bisa saja bahasa cinta yang kita inginkan justru berbeda.

Dua hal yang paling penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain, entah itu pasangan, kerabat, teman, ataupun rekan kerja adalah kemampuan berkomunikasi dan membaca situasi.

Aku berharap teman-teman yang akan mendengarkan lagu “The Way You Move” juga bisa meneriman pesan untuk bisa mulai berani mengambil langkah pertama dalam mengenal orang baru. Melodi lagu ini juga sangat playful, jadi semoga lagu ini bisa diterima dan memberikan kesan yang menyenangkan bagi teman-teman semua. Lagu ini juga memang ditulis dalam Bahasa Inggris, tujuanku juga untuk memperkenalkan Indonesia ke publik yang lebih luas. 

Related Articles

Card image
Self
Bertahan dengan Rutinitas dan Pilihan

Meski mungkin pada dasarnya kalau kita berbicara rutinitas dalam konteks pekerjaan mungkin jarang sekali ada orang yang begitu gemar bekerja setiap hari. Kembali lagi, mungkin memang kita tidak punya banyak pilihan, hingga mau tidak mau kita tetap harus menjalani rutinitas dan kesempatan yang ada.

By Rayhan Noor
26 November 2022
Card image
Self
Kebahagiaan Sederhana

Kalau aku hanya memiliki sedikit waktu bersama orang-orang yang aku sayang, mungkin aku akan berusaha menghabiskan waktu sebanyak yang aku bisa bersama mereka. Sejujurnya aku memang bukan orang yang bisa mengungkapkan rasa rindu atau sayang dengan kata-kata, tapi aku selalu merasa aku mendapat energi baru saat dikelilingi oleh orang-orang yang aku sayang.

By Nadine Fatiana
26 November 2022
Card image
Self
Pesona Awal Jumpa

Perkenalan kita satu sama lain sebenarnya punya pesonanya masing-masing. Kita sebenarnya sudah saling kenal satu sama lain sejak lama tapi belum punya banyak kesempatan untuk saling tegur sapa.

By Lomba Sihir
26 November 2022