Self Lifehacks

Musik dan Nostalgia

Bagi sebagian orang, musik adalah elemen yang tidak terpisahkan dari hidup. Hadir sebagai teman jalan pagi, menenangkan diri di perjalanan, hingga menjadi kawan saat harus begadang menghadapi deadline. Musik juga sering kali memengaruhi perasaan serta mood kita, saat sedang mendengarkan lagu sedih entah kenapa kita bisa ikut berempati dan juga terlarut dalam perasaan yang dibawakan oleh lagu. Sebaliknya, saat mendengarkan lagu yang gembira, kita juga ingin ikut bergerak selaras dengan irama musik yang didengarkan.

Lalu, sebenarnya apa alasan yang membuat banyak orang senang mendengarkan musik?

Selain karena dapat membantu kita meregulasi mood, musik juga memberikan kita kesenangan. Secara scientific, mendengarkan musik ternyata memberikan sinyal di otak yang serupa saat kita mendapat imbalan berupa makanan, uang, atau alkohol. Sehingga tubuh kita pun memberikan respon yang serupa saat kita mendengarkan musik. Respon yang sama saat kita menerima hadiah secara fisik.

Secara scientific, mendengarkan musik ternyata memberikan sinyal di otak yang serupa saat kita mendapat imbalan berupa makanan, uang, atau alkohol.

Alasan berikutnya adalah karena sensasi nostalgia yang diberikan. Pernah nggak kamu sedang beraktivitas lalu saat mendengar sebuah lalu tiba-tiba teringat sebuah kejadian di masa lalu atau juga adegan dalam film favoritmu sepanjang masa? Musik tidak hanya bisa memberikan pengalaman menyenangkan di saat ini tetapi juga menyimpan beragam kenangan dari masa lalu.

Musik tidak hanya bisa memberikan pengalaman menyenangkan di saat ini tetapi juga menyimpan beragam kenangan dari masa lalu.

DI tahun ini, kita sudah kembali mendapatkan banyak kesempatan untuk mendengarkan musik secara langsung bersama teman dan keluarga. Tidak lagi hanya melalui perangkat digital di dalam kamar. Kalau kamu sedang mencari festival musik yang ramah untuk seluruh anggota keluarga menuju akhir tahun ini, Joyland 2023 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Joyland 2023 akan dilangsungkan pada 24-26 November 2023 di GBK Baseball Stadium Senayan. Acara kali ini juga akan dimeriahkan oleh Interpol, Mew, d4vd, eaJ, BAP., Bernadya, Mocca, The Panturas, Reality Club, dan sejumlah nama lainnya. Tidak hanya musik di sini kamu juga bisa menonton pertunjukan stand-up comedy yang sudah dikuratori oleh Soleh Solihun, juga penayangan film yang dipilih oleh Palari Films.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024