Self Love & Relationship

Musik Sebagai Medium Bercerita

Menuangkan kegelisahan tantang hubungan yang toxic dalam lagu adalah caraku untuk menyembuhkan diri sendiri, karena ini adalah hal yang bisa kulakukan dengan baik. Apapun yang kita lalui dalam hidup entah itu sangat menyiksa atau sangat membahagiakan, melalui musik kita selalu dapat menyajikannya menjadi sesuatu yang indah. Musik mampu menghantarkan kejadian yang sangat buruk sekalipun menjadi sesuatu karya yang menawan. Sekelam apa pun pengalaman yang kita rasakan, aku percaya itu tetap bisa disampaikan dari perspektif yang artistik. 

Musik mampu menghantarkan kejadian yang sangat buruk sekalipun menjadi sesuatu karya yang menawan. Sekelam apa pun pengalaman yang kita rasakan, aku percaya itu tetap bisa disampaikan dari perspektif yang artistik. 

Toxic love jelas bukan hal yang baik untuk siapapun tapi terkadang sulit untuk bisa keluar dari hubungan yang tidak sehat. Mungkin bisa terdengar agak suram tetapi aku mencoba membahas ini melalui perspektif artistik, bagaimana seseorang bisa dengan sengaja menyakiti dirinya sendiri dengan berada pada hubungan yang tidak sehat. Aku menuangkan ini pada lagu “Cigarette”, yang memiliki dua sisi yang berbeda. Satu yang membahas sisi di mana kita memiliki kecenderungan untuk menyalahkan atau menyakiti diri sendiri saat terjebak dalam toxic relationship, satu lagi membahas bagaimana proses saat kita mencoba untuk pulih kembali. 

Bagi sebagian orang, mejadi bagian dari hubungan yang tidak sehat bisa jadi pengalaman yang dianggap buruk dan tidak ingin diceritakan. Tapi aku justru merasa hal ini bisa disampaikan dari perspektif yang lebih manis. Pengalaman cinta pertama rasanya sangat berperan terhadap bagaimana caraku melihat suatu hubungan. Pada akhirnya di titik ini aku melihat rasa cinta sebagai hal yang terkadang bisa menyakiti diri kita sendiri tapi di sisi lain juga menimbulkan adiksi terhadap perasaan itu. 

Musik memungkinkanku untuk menceritakan bagian dari diriku yang mungkin akan dianggap tidak terlalu menyenangkan bagi sebagian orang. Ini adalah pesona dari musik. Terkadang saat kita merasa depresi dan sedih yang berlebihan muncul pikiran-pikiran liar yang tentu saja tidak baik untuk kita wujudkan, tapi perasaan ini boleh kita sampaikan melalui musik. Seberapa kelam ataupun pelik masalah yang aku hadapi musik tetap memberikan ruang bagiku untuk menyampaikan apa yang kurasakan. Oleh karena itu seringkali aku menulis mengenai topik-topik yang dianggap suram ataupun tabu bagi banyak orang. 

Terkadang saat kita merasa depresi dan sedih yang berlebihan muncul pikiran-pikiran liar yang tentu saja tidak baik untuk kita wujudkan, tapi perasaan ini boleh kita sampaikan melalui musik.

Pada akhirnya melalui musik dan lirik yang ku tulis aku ingin menyampaikan bahwa tidak apa jika tidak baik-baik saja. Wajar jika pada waktu tertentu kamu merasa sedih atau depresi, karena setiap orang pada dasarnya pernah ada di titik terendah dalam hidupnya. Aku ingin membuat topik ini menjadi lebih normal untuk dibicarakan dan kita tidak perlu malu jika kita merasa tidak baik-baik saja secara mental. 

Wajar jika pada waktu tertentu kamu merasa sedih atau depresi, karena setiap orang pada dasarnya pernah ada di titik terendah dalam hidupnya.

Tidak perlu malu jika kamu gagal karena itu bukan hal yang memalukan. Aku masih ingat betapa kekhawatiran yang aku rasakan saat aku pertama kali menulis lagi dengan tema yang cukup gelap. Takut, malu dan cemas bercampur jadi satu. Tapi keberanianku menyampaikan kesedihan dan kegelisahan yang kumiliki ternyata juga membuatku lega dan bangga terhadap diriku sendiri. Rasanya seperti dinding penghalang di depanku runtuh, dan sekarang aku bisa berbagi banyak hal dengan orang lain melalui musik.

Keberanianku menyampaikan kesedihan dan kegelisahan yang kumiliki ternyata juga membuatku lega dan bangga terhadap diriku sendiri. Rasanya seperti dinding penghalang di depanku runtuh, dan sekarang aku bisa berbagi banyak hal dengan orang lain melalui musik.

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024