Self Planet & People

On Marissa's Mind: Kekuatan Dari Tumbuhan

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

Makin banyak kalangan milenial, terutama di Eropa, yang mengubah pola makan mereka menjadi pola makan nabati atau plant-based diet. Makin banyak manusia sadar tentang keuntungan pola makan nabati bagi kesehatan diri dan kesehatan bumi. Bagi Anda yang sungguh cinta hewan, pola makan nabati mengurangi penderitaan hewan. Saat ini puluhan ribu generasi milenial membuat Berlin, London, dan Paris menjadi kota-kota terdepan yang ramah bagi penganut pola makan nabati. Indonesia tidak mau ketinggalan, menurut indeks vegetarian global dari Oliver’s Travel, Indonesia berada di posisi 16 dari 183 negara yang ramah bagi pecinta makanan nabati. Apa itu pola makan nabati? Setidaknya ada dua 

Vegan: tidak mengonsumsi produk hewan seperti daging, telur, atau produk susu. 

Vegetarian: tidak mengonsumsi daging hewan, tetapi masih mengonsumsi telur atau produk susu. 

Orang yang menganut pola makan nabati mengurangi resiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan penyakit degeneratif. Ahli biokimia gizi Colin Campbell selama 20 tahun meneliti dampak protein hewani pada tubuh manusia. Penelitian yang ia tuangkan dalam 417 halaman buku The China Study menunjukkan bahwa protein hewani mendorong pertumbuhan kanker pada manusia – seperti kanker payudara, prostat, dan usus. 

Secara ilmiah, orang yang menganut pola makan nabati cenderung lebih bisa mengontrol rasa cemas dan stres karena protein hewani menghasilkan asam arakidonat dalam tubuh kita yang memicu rasa cemas dan stres. Secara spiritual, sebagian orang percaya manusia menyerap energi. Ketika manusia mengonsumsi daging dari hewan yang merasa takut, cemas, dan marah di akhir hidupnya, maka energi itu juga lah yang masuk dalam tubuh manusia. 

Lalu benarkah manusia jadi lemas dan kurang gizi jika hanya makan makanan nabati?

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024