Self Lifehacks

On Marissa's Mind: Sindrom Penipu

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

Fotografi Oleh: Andrew Trigg

Saya punya cerita. Beberapa tahun lalu penulis Neil Gaiman diundang ke sebuah acara penuh dengan orang-orang hebat: seniman, ilmuwan, penulis, dan penemu. Melihat mereka semua, Gaiman merasa semua orang hebat ini tidak lama lagi pasti akan menyadari bahwa Gaiman tidak pantas berada di antara mereka.

Gaiman nyempil di aula sisi paling belakang ketika hiburan musik berlangsung. Di sampingnya berdiri seorang lelaki tua. Lelaki ini ramah dan sopan. Mereka bicara banyak hal termasuk fakta bahwa Gaiman dan lelaki tua ini punya nama depan yang sama – Neil. Lelaki tua ini menunjuk ke kerumunan orang orang hebat dan berkata, “Saya melihat sekumpulan orang ini, saya berpikir, sedang apa saya di sini? Semua orang orang itu sudah menorehkan prestasi luar biasa. Sementara saya bisa berada di luar angkasa hanya karena saya menjalankan tugas.” Mendengar ini Gaiman berkata pada si lelaki tua, “Ya. Tapi anda adalah manusia pertama di bulan. Saya rasa itu punya arti.”

Neil Armstrong dan Neil Gaiman adalah salah dua dari orang-orang yang mengalami imposter syndrome atau sindrom penipu.

Sindrom penipu adalah pola psikologis di mana seseorang meragukan prestasinya sendiri dan mengalami rasa takut terus menerus bahwa suatu hari dia akan terungkap sebagai penipu. Seseorang dengan sindrom penipu merasa ia mencapai sukses hanya karena kebetulan atau keberuntungan semata, bukan karena keterampilan dan pengalamannya (Wikipedia/Pauline Rose Clance & Joe Langford, 1993).

Seseorang dengan sindrom penipu merasa ia mencapai sukses hanya karena kebetulan atau keberuntungan semata, bukan karena keterampilan dan pengalamannya.

Selain Gaiman dan Armstrong, mereka yang mengalami sindrom penipu di antaranya: Albert Einstein, Tom Hanks, Natalie Portman, Lady Gaga, Serena Williams, Maya Angelou, Michelle Obama, dan David Bowie. Semua orang pernah mengalami sindrom penipu setidaknya sekali dalam hidup. Jika Anda pernah punya perasaan Anda tidak pantas mendapatkan kesuksesan Anda dan khawatir suatu hari semua orang akan mengetahuinya, itu adalah sindrom penipu. Saya sendiri pun pernah mengalaminya beberapa kali.

Perasaan ini kerap muncul ketika kita meraih pencapaian yang menonjol, misal ketika masuk universitas bergengsi, mendapatkan promosi pekerjaan, memenangkan penghargaan, mendapat pujian, atau pengakuan publik. Hingga kini penelitian belum bisa membuktikan penyebab pasti sindrom ini. Sebagian ahli menyimpulkan ada kaitannya dengan sifat perfeksionis seseorang atau masa kecil di mana ia tumbuh besar dengan orang sekitar yang membuat ia merasa tidak pernah merasa cukup baik.

Media sosial juga bisa memicu sindrom penipu. Gambar di media sosial kebanyakan menunjukkan hidup yang “sempurna”; jalan-jalan ke pojok-pojok dunia nan eksotis, kulit mulus sempurna, pasangan romantis, atau keluarga harmonis dengan caption yang selalu manis. Tanpa kita sadari, kita mulai membandingkan laman media sosial orang sekitar yang kelihatannya tak bercela dengan hidup kita yang jauh dari sempurna.

Tanpa kita sadari, kita mulai membandingkan laman media sosial orang sekitar yang kelihatannya tak bercela dengan hidup kita yang jauh dari sempurna.

Sindrom penipu sebetulnya bisa menjaga kita untuk tidak congkak, terus berusaha, dan bekerja keras demi memberikan yang terbaik. Namun jika kadarnya berlebih kita jadi meragukan diri dan takut gagal sehingga akhirnya menunda-nunda menyelesaikan tugas, menumpulkan keberanian kita untuk mengambil kesempatan baru atau mengeksplor hal baru yang sebenarnya bisa meningkatkan keterampilan kita, dan membawa kepuasan dalam hidup.

Bagaimana mengatasi ketika sindrom penipu melanda?

Satu, ubah bingkai pikiran kita. Tidak ada manusia satu pun di dunia ini yang hidupnya sempurna. Ketika kita sedih, cemas, ragu, atau merasa bodoh, ingat bahwa kita tidak sendirian. Hampir semua orang lain juga merasakan hal yang sama, hanya saja tidak selalu mereka perlihatkan.

Dua, ketika kita mulai mempertanyakan kemampuan kita secara berlebih, duduk dan tulis prestasi serta kemampuan apa saja yang kita telah raih dan miliki selama ini. Apakah pencapaian itu menerima sebuah penghargaan prestisius, atau berhasil membuat orang terkasih yang tadinya bersedih, menjadi kembali tenang dan tersenyum. Lihat kembali catatan ini tiap kali rasa ragu diri datang.

Tiga, simpan baik-baik pujian atas kerja keras yang pernah kita terima. Ingat-ingat kembali pujian itu ketika sindrom penipu bertandang.

Keempat, berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Kembali ke cerita Neil Gaiman, ketika ia tahu seorang astronot Neil Armstrong kadang merasa seperti penipu, Gaiman menyimpulkan, kemungkinan besar masih banyak orang di luar sana yang merasakan hal yang sama. Pada akhirnya mungkin kita semua hanyalah orang-orang yang bekerja keras dan kadang beruntung namun tidak selalu mahir setiap saat. Mungkin kita hanya orang-orang yang berusaha sebaik mungkin dan itu, sebetulnya, sudah cukup.

Mungkin kita semua hanyalah orang-orang yang bekerja keras dan kadang beruntung namun tidak selalu mahir setiap saat. Mungkin kita hanya orang-orang yang berusaha sebaik mungkin dan itu, sebetulnya, sudah cukup.

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024