Self Lifehacks

Optimisasi Waktu demi Produktivitas

Berbicara tentang produktivitas, hal ini sering kali disamakan dengan menjadi sibuk. Di era yang sudah serba cepat saat ini, ada banyak kesempatan yang kemudian terbuka, hingga rasanya kita tidak punya cukup waktu untuk bisa mengoptimalkan semua kemungkinan yang ada. Sebenarnya waktu adalah hal yang sangat relatif, dalam artian bisa terasa sangat banyak ataupun sangat sedikit, tergantung bagaimana cara kita menentukan prioritas pada aktivitas yang kita jalani sehari-hari.

Sebenarnya waktu adalah hal yang sangat relatif, dalam artian bisa terasa sangat banyak ataupun sangat sedikit, tergantung bagaimana cara kita menentukan prioritas pada aktivitas yang kita jalani sehari-hari.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menentukan prioritas. Pertama, coba rancang hari kita sebelum kita tidur di hari sebelumnya. Alih-alih menghabiskan waktu dengan melihat-lihat media sosial, kita mungkin bisa menghabiskan waktu 30 menit sebelum tidur untuk merefleksikan kembali apa yang sudah kita lakukan seharian lalu merancang hal-hal penting apa yang perlu kita selesaikan di hari esok. Dengan begitu, di pagi hari kita bangun dengan keadaan sudah siap untuk melakukan prioritas yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Alih-alih menghabiskan waktu dengan melihat-lihat media sosial, kita mungkin bisa menghabiskan waktu 30 menit sebelum tidur untuk merefleksikan kembali apa yang sudah kita lakukan seharian lalu merancang hal-hal penting apa yang perlu kita selesaikan di hari esok.

Berikutnya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan gadget kita untuk menyusun jadwal harian. Misalnya, dengan mengorganisir kegiatan kita sehari-hari dalam google calendar, selain membantu kita dalam membagi waktu, ini juga menjadi bantuan agar kita tidak lupa untuk mengerjakan tugas atau menghadiri meeting yang sudah kita janjikan.  

Smartwatch juga bisa menjadi salah satu opsi yang dapat membantu kita agar bisa lebih produktif. Tidak hanya membantu dalam mengatur prioritas pekerjaan sehari-hari, penggunaan smartwatch juga bisa membantu kita dalam menyeimbangkan pekerjaan dan kesehatan kita. Hal ini juga menjadi perhatian dari Garmin. Terlebih dengan fitur health and wellness yang dapat membantu kita untuk bisa tetap memiliki   work-life balance dalam rutinitas harian.

Kegiatan yang berulang dan banyaknya aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan bisa sangat memengaruhi kesehatan kita, baik secara fisik maupun psikis. Fitur body battery juga bisa membantu kita untuk mengelola energi kita dalam menjalani hari. Ini bisa membantu kita untuk mengoptimalkan waktu istirahat kita agar bisa lebih produktif. Dengan desain yang fashionable, smartwatch satu ini juga sudah pasti akan cocok digunakan dalam setiap aktivitas yang kita jalani.

Sebagai sebuah brand yang menjadi leader dalam inovasi smartwatch, Garmin juga akan menyelenggarakan sebuah seminar bertajuk Maintaining Health and Wellness While Building an Epix Business” pada 27 Juni 2023 di All Seasons Thamrin. Untuk hadir kamu juga bisa mengisi form registrasi terlebih dahulu. Di acara ini kita akan bersama-sama mengeksplorasi strategi para expert dalam menemukan harmoni antara pekerjaan dan kehidupan personal kita.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024