Self Lifehacks

Pelajaran dari Perjalanan

Ketika melihat kembali ke belakang, ternyata perjalanan kami untuk sampai ke titik ini sangat panjang. Diawali dari pertemanan semasa SMP hingga akhirnya kembali bertemu dan memutuskan untuk bermusik bersama saat memasuki tahun kedua kuliah. Siapa sangka kami akan berjalan hingga saat ini dengan nama Right Night. Tidak ada makna khusus dari nama band ini. Sebuah nama yang berangkat dari keinginan untuk bisa hadir dengan nama yang sederhana dan mudah diingat. Lambat laun, nama Right Night ternyata menjadi manifestasi bagi kami karena ada banyak hal-hal menarik yang justru datang di malam hari.

Mulai dari ide dalam membuat lagu atau juga obrolan yang kita lakukan di malam hari, entah bersama kawan-kawan atau juga pasangan. Terutama di perjalanan pulang ke rumah. Momen ini yang kemudian menjadi sumber awal inspirasi lagu terbaru kami “Drive You Home”. Di usia pertengahan dua puluhan ini, waktu bertemu orang-orang yang kita sayangi rasanya menjadi semakin sempit, dihimpit segala pekerjaan yang harus diselesaikan.

Maka, perjalanan pulang kini terasa lebih berharga dari sebelumnya. Di tengah kemacetan kota Jakarta yang selalu sibuk menuju ke rumah ada banyak percakapan yang kemudian hadir, terutama bersama pasangan. Tapi di momen ini kita belajar, berdiskusi, dan juga bersama-sama mendewasakan diri.

Perjalanan selalu memberikan banyak kesan, apalagi kalau dijalani dengan orang-orang terdekat. Salah satu momen yang tidak akan kami lupakan adalah saat kami pergi ke salah satu daerah di Jakarta Pusat untuk membeli bass. Sebenarnya agar ironis untuk dianggap lucu, bahkan agak jahat.

Saat perjalanan pulang kami berdua harus membawa bass yang baru saja dibeli dengan memegangnya di atas motor, di tengah perjalanan tanpa sengaja kami bertemu dengan seorang ibu yang sepertinya hilang konsentrasi di jalan sehingga tidak sadar mobil di depannya berhenti mendadak. Alhasil seluruh belanjaan yang ia bawa berhamburan ke jalan dan langsung dikelilingi oleh pengendara ojek online. Momennya memang agak menyedihkan tapi kalau diingat kembali secara keseluruhan, ini jadi momen yang berkesan karena itu sekaligus menjadi pertama band kami dimulai.

Momen berkesan bersama pasangan tentu lebih banyak lagi. Tapi saat bersama dengan pasangan terkadang momen sederhana seperti perbincangan saat mengantarkannya pulang sudah jadi kenangan yang spesial. Ada banyak momen pendewasaan yang kita dapatkan dari kesempatan untuk berbincang dari hati ke hati bersama pasangan dalam perjalanan. Momen singkat di perjalanan pulang menjadi sangat berharga karena dengan kesibukan yang ada tidak tau kapan waktu tercepat yang memungkinkan kita untuk kembali bertemu dan berbincang.

Ada banyak momen pendewasaan yang kita dapatkan dari kesempatan untuk berbincang dari hati ke hati bersama pasangan dalam perjalanan. - Aji Rahadian

Sering kali kita juga mendapat pertanyaan untuk memilih antara pasangan atau sahabat. Tentu jawabannya akan sangat subjektif, tergantung pada konteks situasi dan tahapan hidup yang sedang kita jalani. Saat masih sekolah mungkin sahabat adalah pilihan yang lumrah untuk diambil, tapi di tahapan hidup saat ini rasanya pasangan menjadi prioritas yang lebih utama.

Tidak ada orang yang benar-benar memahami diri kita dengan segala perasaan dan latar belakangnya, bahkan orang tua sekalipun. Jadi, terkadang kita butuh banyak individu dalam hidup kita dengan perannya masing-masing. Saat sudah memiliki pasangan, tentu ia akan jadi prioritas, tapi bukan berarti orang-orang lain dalam hidup kita menjadi tidak penting.

Momen kita bersama orang tersayang memang sebentar tapi kenangan bertahan selamanya. Salah satu cara untuk menyimpan kenangan yang kami pilih adalah melalui lagu. Musik adalah cara kami memahat momen berharga dalam hidup agar dapat dikenang lebih lama.

Musik adalah cara kami memahat momen berharga dalam hidup agar dapat dikenang lebih lama. - Farhan 

Kami berharap melalui lagu “Drive You Home” teman-teman bisa merasakan sensasi nostalgia dengan melodi yang dihadirkan. Khususnya nuansa musik era 2000-an awal. Semoga setiap mendengarkan lagu ini, teman-teman bisa mengingat kembali kejadian menyenangkan yang pernah terjadi di masa lalu.

Lagu ini juga sekaligus menjadi persiapan kami dalam pengerjaan album pertama Right Night. Di album perdana ini nantinya kami ingin mengeksplorasi lebih banyak aliran musik untuk dihadirkan bagi teman-teman. Kami sangat tidak sabar untuk bisa membagikannya kepada kalian, semoga teman-teman juga demikian.  

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024