Self Work & Money

Pengembangan Diri

Dalam hidup, kita punya banyak kegelisahan tentang masa depan. Mempertanyakan pekerjaan apa yang cocok untuk kita. Saya termasuk orang yang beruntung karena telah mengenal self-development sejak masih berada di SMA. Ternyata manfaat sering membaca buku-buku psikologi yang berhubungan dengan self-development atau pengembangan diri bisa membantu saya untuk melihat diri sebagai sesuatu yang bisa dibentuk atau dikembangkan. Ketika kita memosisikan diri sebagai sesuatu yang bisa dikembangkan, kita bisa tidak terbawa arus atau apa yang orang bilang tanpa tahu jati diri sebenarnya. Oleh sebab itu, memahami self-development amat penting untuk segala aspek hidup. Terutama untuk karier. 

Ketika kita memosisikan diri sebagai sesuatu yang bisa dikembangkan, kita bisa tidak terbawa arus atau apa yang orang bilang tanpa tahu jati diri sebenarnya.

Topik self-development sendiri sangatlah luas. Memelajarinya, bisa membantu kita melihat ke dalam dan ke luar diri. Saat melihat ke dalam, kita bisa belajar mengenal diri sendiri. Mengetahui apa yang kita suka atau tidak suka lakukan. Sementara saat melihat ke luar, kita bisa menelaah kegelisahan atas apa yang dimiliki dari meneliti orang-orang di sekitar. Apa kelemahan dan kelebihan orang lain yang kita punya dan tidak punya? Apa yang bisa kita pelajari dari mereka? Memahami self-development pun bisa mendorong kita untuk meningkatkan hal-hal yang bisa membuat diri lebih baik. Hal-hal yang kita butuhkan saat ini. 

Setiap orang berada di tingkat pengembangan diri yang berbeda-beda sehingga kebutuhan pengembangannya pun berbeda. Ada yang butuh mengembangkan diri perihal jenjang karier, ada yang butuh pengembangan diri di bidang public speaking, ada pula yang butuh mengembangkan diri soal finansial. Meskipun begitu, satu yang pasti adalah memahami self-development bertujuan untuk membantu kita mencapai gol besar dalam hidup. Terkadang, kita belum tahu apa gol tersebut. Namun sambil berjalan, sambil terus berusaha mengembangkan diri, kita bisa terus mencari dan mendefinisikan gol-gol yang diinginkan. 

Setiap orang berada di tingkat pengembangan diri yang berbeda-beda sehingga kebutuhan pengembangannya pun berbeda.

Sebenarnya kita perlu memahami self-development sedini mungkin agar bisa melihat secara objektif kemampuan diri. Kita harus tahu posisi diri ada di mana dan ke mana arah yang nantinya bisa membantu kita mencapai tujuan. Self-development adalah kunci untuk mendorong pengembangan karier kita. Tanpa adanya usaha untuk terus mengembangkan potensi diri, kita bisa ketinggalan dari orang lain yang terus melakukan terobosan baru. Kita harus tahu kekuatan diri dan apa yang bisa dilakukan dari kekuatan tersebut. Jadi, kita tahu kemampuan apa yang harus diasah dan pilihan apa saja yang kita punya nantinya dari kemampuan-kemampuan tersebut. Maka, kita bisa memaksimalkan potensi diri dan memberikan performa terbaik dalam pekerjaan. Apapun itu jenis pekerjaannya. 

Tentu saja, setelah lulus kuliah kita tidak langsung bisa melakukan akselerasi tersebut. Dulu ketika baru lulus, saya pun pernah berpikir, “Bagaimana caranya alumni-alumni bisa dapat pekerjaan bagus ya?”. Tapi saya merasa tidak banyak tempat untuk bertanya tentang jalan sampai ke sana. Ternyata yang luput dari perhatian saya dan mungkin sebagian orang yang baru pertama kali bekerja adalah bahwa untuk sampai ke tingkat pekerjaan yang bagus, jalannya bukan garis lurus. Bisa jadi seseorang yang sampai di sana juga tidak pernah merencanakannya. Semuanya perlu proses dan kita tidak akan pernah berhenti berproses. Oleh karena itu, saya dan partner Anizabella Putri Lesmana memulai Kindred Spirits, sebuah wadah untuk berbagi cerita dan perjalanan kami untuk bisa membantu teman-teman yang baru lulus kuliah mempersiapkan  diri ke dunia kerja dan mewujudkan aspirasi terbesar mereka dengan menjadi versi terbaik dirinya sendiri.

Ternyata yang luput dari perhatian saya dan mungkin sebagian orang yang baru pertama kali bekerja, adalah bahwa untuk sampai ke tingkat pekerjaan yang bagus, jalannya bukan garis lurus.

Nantinya, kami akan mengadakan KS Meet Up, yaitu kegiatan untuk komunitas untuk saling belajar mengenai karir, yang akan dibagi menjadi tiga rangkaian sesi. Sesi pertama, mereka bisa belajar dari para wanita karier dengan ragam pekerjaan yang berbeda-beda. Sesi kedua adalah sesi career roadmap yang akan membantu mereka menggali apa yang sebenarnya mereka mau lakukan dan bagaimana caranya sampai ke sana. Di sesi ini, mereka akan belajar untuk merinci langkah dan strategi untuk berproses hingga mendapatkan mimpi yang diharapkan. Walaupun kami juga akan tetap mengingatkan mereka untuk tetap fleksibel dalam berproses. Sebab semua rencana yang sudah dibuat bisa saja berubah di tengah jalan. Kita bisa bertemu dengan jalan-jalan baru yang juga berpotensi menunjang karier di masa depan. Di sesi terakhir, mereka juga bisa belajar mempersiapkan CV dan wawancara kerja. Harapannya, dengan tiga sesi tersebut mereka bisa terus mengembangkan diri dan memaksimalkan potensi yang dimiliki demi mencapai cita-cita. 

 

Related Articles

Card image
Self
Lesson Learned: Depresi

Merasa sedih itu bagian dari hidup, tapi kalau sampai berlarut-larut dan menganggu aktivitas itu pertanda ada yang perlu dibenahi atau kamu perlu segera cari bantuan professional. Kita tidak bisa sepenuhnya mengontrol atau mengendalikan apa yang terjadi dan kita alami dalam hidup, tapi kita bisa mengendalikan cara kita memproses pengalaman tersebut. Tidak mudah tapi kita pasti bisa.

By Trisa Triandesa
31 July 2021
Card image
Self
Kesehatan Mental Harus Dibicarakan

Bicara tentang kesehatan mental, masih banyak sekali orang di masyarakat kita yang belum percaya bahwa seseorang bisa memiliki gangguan mental. Akhirnya, orang-orang yang mengalami hal tersebut enggan untuk menceritakan apa yang dirasakan dan memendamnya sendiri. Padahal ia sangat membutuhkan pertolongan untuk keluar dari kemelut benaknya. 

By Carissa Perruset
31 July 2021
Card image
Self
Yang Pergi dan Tak Terlupakan

Bagi kita kepergian orang yang dekat apalagi kita sayangi memang membawa derita dan luka mendalam. Apalagi orang tersebut begitu baik atau berjasa. Kenangan tentang mereka terkadang begitu indah tiada bercela. Tidak jarang proses berduka dialami dalam jangka waktu yang tidak singkat.

By Dr. Clara Moningka
31 July 2021