Self Lifehacks

Peran Aroma dalam Kualitas Mood Harian

Saat berbicara tentang kesehatan mental, ada banyak topik yang kemudian termasuk di dalamnya. Termasuk tentang mood. Definisi mood berdasarkan Cambridge Dictionary adalah bagaimana perasaan kita di waktu tertentu. Berbeda dengan emosi, mood cenderung lebih general dan tidak intens, ia bisa berubah seiring dengan waktu dan situasi yang sedang dialami.

Mood kita dalam keseharian bisa dipicu oleh banyak faktor. Termasuk situasi atau kejadian, interaksi sosial, hormon, cuaca, rasa lapar, atau juga kondisi kesehatan. Melihat banyaknya faktor yang bisa memengaruhi mood kita sehari-hari, tak jarang kita mendengar banyak tips atau saran untuk bisa meningkatkan mood. Biasanya hal ini dilakukan untuk mendukung produktivitas kita maupun aktivitas yang kita lakukan.

Mood kita dalam keseharian bisa dipicu oleh banyak faktor. Termasuk situasi atau kejadian, interaksi sosial, hormon, cuaca, rasa lapar, atau juga kondisi kesehatan.

Salah satu yang biasanya dianjurkan adalah menggunakan aromatherapy. Penelitian mengenai hubungan penggunaan aromatherapy dengan mood memang belum terlalu banyak, namun beberapa diantaranya cukup menjanjikan. Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Conrad dan Adams yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa di paruh kedua percobaan menunjukkan peningkatan hasil yang cukup signifikan dalam mengatasi kecemasan dan depresi yang dialami oleh perempuan setelah melahirkan.

Peran aroma dalam membantu kecemasan dan depresi memang bukan sebagai metode penyembuhan utama, melainkan sebagai pendukung untuk memelihara kesehatan mental. Kendati demikian, indera penciuman kita memang terhubung langsung dengan amygdala di otak yang berfungsi untuk mengatur perasaan.

Peran aroma dalam membantu kecemasan dan depresi memang bukan sebagai metode penyembuhan utama, melainkan sebagai pendukung untuk memelihara kesehatan mental.

Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba menghadirkan aroma yang sesuai dengan kebutuhan kita untuk bisa meningkatkan mood harian. Ada banyak cara untuk menghadirkan aroma dalam keseharian, salah satunya adalah dengan menggunakan produk perawatan diri dengan aroma yang berkualitas atau juga penggunaan parfum.

Kini, ada satu lagi brand lokal yang juga menyajikan rangkaian aroma yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Slavina adalah brand terbaru yang dihadirkan oleh Nagita Slavina dan Raffi Ahmad.  Brand ini lahir dari kecintaan dan pengalaman pasangan selebritas ini dalam dunia wewangian yang bertujuan untuk menghadirkan produk perawatan personal yang tidak hanya memenuhi standar kualitas tinggi, tetapi juga menawarkan pengalaman sensoris yang memikat. Informasi lebih lanjut mengenai rangkaian produk terbaru dari Slavina juga bisa kamu akses melalui website www.slavina.id.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024