Self Lifehacks

Ragam Pengalaman Bagi Generasi Muda

Masa muda adalah saat dimana kita mengumpulkan segala pengalaman, entah itu baik ataupun kurang menyenangkan. Pengalaman bisa kita dapatkan dengan dua cara, yaitu dengan menjalaninya sendiri ataupun lewat cerita dari orang lain yang pernah mengalami hal tersebut.

Generasi muda selalu mengemban tugas untuk bisa menciptakan lingkungan dan keadaan yang lebih baik di masa mendatang. Tentu saja setiap generasi datang dengan tantangan yang selalu berbeda satu dengan yang lainnya. Kalau dulu mungkin akses informasi dan pendidikan masih menjadi tantangan utama yang harus dilalui. Kini informasi yang melimpah justru menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang.

Generasi muda selalu mengemban tugas untuk bisa menciptakan lingkungan dan keadaan yang lebih baik di masa mendatang. Tentu saja setiap generasi datang dengan tantangan yang selalu berbeda satu dengan yang lainnya.

Masing-masing dari kita tentu akan memaknai setiap pengalaman dengan berbeda, meski mungkin kita melalui suatu hal bersama-sama. Misalnya saja saat kita melalui ujian tengah semester dengan teman-teman di sekolah atau masa orientasi di kampus bersama teman-teman satu angkatan, cara masing-masing individu dalam menyikapi momen tersebut akan selalu berbeda dan ini yang membuat setiap orang unik dengan caranya masing-masing.

Untuk bisa mendukung generasi muda dalam menyongsong masa depan, Young On Top (YOT) baru saja selesai menyelenggarakan event tahunan terbesarnya Young On Top National Conference (YOTNC) 2022. Gelaran tahun ini dilakukan secara offline di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka. Event ini diselenggarakan dengan tujuan untuk bisa memfasilitasi agar Gen Z bisa menyerap inspirasi dan juga pengalaman yang berguna untuk perjalanan karir serta bisnis. Ada banyak pembicara yang hadir dalam acara ini, diantaranya Nadiem Makarim, Dian Sastrowardoyo, Billy Boen, Ernanda Putra, dan masih banyak nama-nama lainnya.

Gelaran acara YOTNC tahun ini telah berhasil menyita perhatian dari 2000 orang, untuk hadir ke area The Kasablanka Hall. Beragam topik dihadirkan dalam acara ini, mulai dari industri teknologi, kreatif, dan perfilman, purposed-based business, digitalisasi dan digital transformation, literasi digital, investasi dan finansial, marketing, potensi agritech, content creation, hingga inspirasi agar generasi muda bisa lebih bersemangat dalam mewujudkan tujuan mereka.

Kita mungkin terkadang bisa merasa lelah dengan segala informasi yang hadir secara terus menerus, tapi ketika kita mampu menyaring informasi apa yang penting bagi kita. Di sinilah kita bisa banyak belajar dan mengumpulkan lebih banyak pengalaman baru.

Tentu saja meskipun kita sudah banyak belajar dari pengalaman orang lain, bukan berarti kita akan selalu berhasil melewati rintangan. Kembali lagi, setiap orang pasti punya jalan ceritanya masing-masing, tapi semoga cerita tersebut masih dan terus bisa kita nikmati perjalanannya. 

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024