Self Lifehacks

Secercah Kebahagiaan di Tengah Kegilaan Hidup

Sebagai seseorang yang lahir dan tumbuh besar di Hong Kong, aku sepertinya banyak menghabiskan hidupku di tengah hutan beton. Aku terbiasa hidup di tengah kota yang dipadati oleh bangunan-bangunan beton yang menjulang tinggi hingga ke langit. Perjalanan hidup ini kemudian membuatku berandai-andai bagaimana kalau aku bisa membuat taman bunga untuk diriku sendiri? Tempat dimana aku bisa sedikit berbahagia dan bernapas lega.

Aku terbiasa hidup di tengah kota yang dipadati oleh bangunan-bangunan beton yang menjulang tinggi hingga ke langit. Perjalanan hidup ini kemudian membuatku berandai-andai bagaimana kalau aku bisa membuat taman bunga untuk diriku sendiri? Tempat dimana aku bisa sedikit berbahagia dan bernapas lega.

Selama ini mungkin aku terbiasa dengan hidup di rumah yang sempit dengan harga sewa yang tidak masuk akal, ditambah lagi dengan harga segala kebutuhan hidup yang terus meroket tidak karuan. Lantas aku kemudian berpikir bagaimana cara menemukan kebahagiaan di tengah perjuangan hidup ini? Sampai akhirnya aku menemukan musik sebagai mediumku untuk berekspresi, berandai-andai, dan membuat duniaku sendiri.

Ceritaku ini kemudian aku tuangkan dalam sebuah lagu yang berjudul “Flower Town”. Ini adalah lagu pertama yang aku rilis sebagai seorang musisi di tahun 2020 lalu. Memulai karir di tengah pandemi membuatku merasakan dinamika perjalanan karir yang cukup berwarna. Aku bersyukur sekaligus berbangga pada diriku sendiri karena akhirnya aku bisa memberanikan diri untuk menulis dan merilis sendiri musik berdasarkan hal-hal yang selama ini aku pendam di kepala.

Saat mulai berkarir sebenarnya aku juga memiliki banyak keraguan. Apakah aku bisa menyelesaikan karya ini atau apakah musik yang aku buat layak untuk bisa didengarkan dan aku bagikan ke banyak orang. Kadang aku tidak yakin hasilnya cukup baik, tapi setelah keadaan dunia semakin stabil dan aku memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para pendengarku secara online ternyata aku bersyukur ada orang yang mendengarkan lagu yang aku buat.

Menjalani hidup di tengah pandemi memang bukan perkara mudah, ada banyak batasan yang harus kita turuti untuk kepentingan bersama. Kegelisahanku selama masa-masa tersebut juga aku tuangkan dalam sebuah lagu bertajuk “Spaceship”. Musik rasanya memungkinkanku untuk bisa menemukan kedamaian dengan diri sendiri, sekaligus juga mengajak teman-teman yang mendengarkan untuk ikut mencari cara berbahagia dengan dirinya sendiri.

Di tahun 2023 ini akhirnya aku mendokumentasikan perjalananku sebagai seorang musisi dan juga individu dalam mini album Apollo 23. Aku sering kali memperkenalkan musikku dengan istilah cosmic pop karena terkadang aku mendambahkan elemen-elemen alam dalam karya musik yang aku buat, khususnya elemen air. Aku merasa air adalah elemen yang sangat berperan dalam kehidupan manusia, bahkan sumber utama bagi kehidupan kita, begitu juga dengan karya-karya musikku. Kalau didengarkan dengan lebih seksama, hampir semua musik yang sudah aku rilis terdapat elemen suara air di dalamnya.

Aku juga terkadang merenungkan kembali, sebenarnya apa alasanku tertarik dengan topik-topik yang berhubungan dengan alam dan semesta. Mungkin salah satu alasannya dimulai sejak aku duduk di bangku SMP. Kala itu ibuku cukup berambisi agar aku bisa mengasah kemampuan Berbahasa Inggris dengan lebih baik, maka setiap malam aku dan adikku akan menonton tayangan Planet Earth atau Discovery Channel saat makan malam bersama keluarga. Hal ini ternyata memengaruhiku di alam bawah sadar. Bahkan saat SMA aku mengambil kelas kimia, biologi, dan musik walaupun memang sepertinya perpaduan disiplin ilmu ini terlihat agak acak. Tapi aku rasa potongan dari beragam memori ini kemudian membentuk caraku dalam berkarya setelah dewasa.

Bisa dikatakan aku adalah orang yang lebih aktif di pagi hari. Aku suka sekali sinar matahari dan selalu merasa bersemangat di setiap pagi. Jadi, aku berharap melalui lagu-lagu yang aku buat, teman-teman juga bisa merasa berbahagia terhadap dirimu sendiri, pekerjaan yang kamu jalankan, atau apapun itu. Semoga kamu bisa menemukan beragam kebahagiaan kecil di kehidupanmu. Penting untuk tetap bisa menemukan cara berbahagia di tengan segala kegilaan yang terjadi di dunia. Kadang kita bisa merasa sendirian dan cemas karena banyak hal, tapi aku harap laguku bisa memberikan secercah kegembiraan bagi siapapun yang menyenangkan.

Semoga kamu bisa menemukan beragam kebahagiaan kecil di kehidupanmu. Penting untuk tetap bisa menemukan cara berbahagia di tengah segala kegilaan yang terjadi di dunia.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024