Self Lifehacks

Seni Mengatur Waktu

Happy Salma

@happysalma

Produser, Aktris, dan Pengusaha Kreatif

Banyak hal dalam hidup kita yang tidak dapat kita atur. Jadi jika ada, mengapa tidak kita atur sebaik mungkin? Itu yang saya pikir setiap kali berusaha mengatur jadwal saya. Berada di tengah lalu lintas kegiatan yang cukup padat tentu tidak mudah. Selain menjadi ibu dan istri, tahun ini saya juga membuka tiga toko ritel untuk brand saya Tulola Jewelry di Jakarta. Lalu Titimangsa Foundation yang saya kelola juga sedang mempersiapkan pertunjukan pada akhir November ini di mana saya berperan sebagai produser, dan ditambah lagi dengan persiapan bermain film lainnya.

Tidak hanya disibukan dengan pekerjaan saja. Setelah saya menikah, saya pindah ke Bali mengikuti suami. Bersama keluarga di sini, sudah pasti kami punya acara dan kegiatan adat yang harus dilakoni. Awalnya untuk saya tentu saja berat. Karena seumur hidup, saya tidak pernah berdekatan dengan situasi semacam itu. Tetapi di Bali, kegiatan adat sudah menjadi bagian dari kehidupan. Hal itu membuat saya berefleksi. Sejak lama saya selalu bicara tentang keinginan besar melestarikan budaya. Lalu saya mengerti, apa yang dilakukan oleh suami saya dan keluarganya adalah langkah konkret untuk merawat dan menghidupkan budaya.

Banyak hal dalam hidup kita yang tidak dapat kita atur. Jadi, jika ada mengapa tidak kita atur sebaik mungkin?

Keluarga suami saya memang punya tanggung jawab terhadap adat, untuk saya itu menjadi tantangan tersendiri. Terutama dalam mengatur waktu saya antara pekerjaan dan peran dalam keluarga. Tapi saya berkomitmen untuk melakukannya dengan ikhlas dan senang hati. Untuk itu, saya butuh cara untuk mengatur semua kegiatan dengan baik agar tidak ada yang bertabrakan.

Sebenarnya, berada di Bali sangat membantu saya untuk memiliki pola pengaturan waktu yang lebih baik. Pertama, saya jauh dari riuhnya Jakarta. Saya berjarak dengan situasi yang serba cepat. Sekarang saya punya banyak ruang untuk mengevaluasi diri dan berpikir ulang tentang cara saya berkegiatan. Di Jakarta, kegiatan saya sering bertumpuk karena semuanya serasa ingin saya ambil. Mungkin karena saya adalah orang yang selalu punya banyak energi. Tetapi ketika saya di Bali, semuanya seperti terarah. Karena jarak yang ada membuat saya mampu menilai segala sesuatu lebih jelas.

Berjarak dari riuhnya Jakarta membuat saya mampu menilai segala sesuatu lebih jelas dan memiliki pola pengaturan waktu yang lebih baik.

Ada peran penting keluarga yang saya temukan dalam proses pengaturan kegiatan saya. Semua ini hanya bisa terjadi karena sistem dukungan yang sangat baik. Menurut saya, kuncinya ada di keluarga. Saya bersyukur mendapatkan suami yang suportif , mertua yang selalu bisa jadi tempat berbagi, saudara, kakak, adik dan asisten rumah tangga yang bisa diandalkan ketika saya harus jauh dari anak-anak.

Selain itu juga saya punya tim yang mumpuni. Mereka membuat saya berani untuk membuat terobosan-terobosan baru. Seperti menyelenggarakan acara, membuka toko, membuat pertunjukan atau film. Semua terjadi karena saya punya tim yang bagus. Tim yang saya punya adalah para pendukung saya dalam berkegiatan. Mereka membuat semuanya mungkin untuk dikontrol dari jarak jauh.

Peran keluarga sangat penting dalam proses pengaturan kegiatan saya. Kuncinya adalah keluarga.

Karena saya tinggal di Bali dan kegiatan saya masih banyak berpusat di Jakarta, hal terpenting kedua adalah perencanaan. Syuting dan pertunjukan adalah dua kegiatan yang perencanaannya sangat jelas sehingga pas untuk saya. Rencana untuk Tulola hingga akhir tahun depan juga saya sudah punya. Sehingga meminimalisir situasi yang tumpang tindih. Walaupun di tengahnya tetap banyak kemungkinan perubahan, paling tidak kita punya gambaran besar. Saya juga terbuka, kok, untuk ruang dinamis itu. Sama seperti sifat dasar seni yang selalu menimbulkan banyak reaksi dan kejutan.

Perencanaan yang sudah dibuat itu memungkinkan saya untuk memadatkan pekerjaan ketika ada di Jakarta. Jadi sampai di Jakarta, saya hanya tinggal aksi. Saya cukup aktif bolak balik Jakarta. Kadang pulang pergi di hari yang sama atau mungkin dua kali sebulan untuk jumlah hari yang lebih panjang (semalam atau dua malam). Tapi semuanya sudah terencana. Bahkan sulit untuk saya melakukan hal-hal spontan di luar schedule.

Perencanaan ini dilakukan tentu saja demi memiliki hidup yang seimbang. Idealnya, saya ingin terus ada bersama dengan anak-anak. Tapi bagaimanapun, sulit pada prakteknya memiliki hidup yang ideal. Karena bagi saya, penting juga untuk tetap aktif dan kreatif. Ini juga contoh baik untuk anak-anak bahwa perempuan dan ibu juga punya pilihan dalam hidup. Tapi untungnya, saya dan suami mempunyai pekerjaan yang fleksibel. Artinya, kami sendiri yang mengatur jadwal kerja. Saya mengerti mungkin sulit untuk orang yang bekerja pagi hingga sore di kantor misalnya.

Sama seperti sifat dasar seni yang selalu menimbulkan reaksi dan kejutan, saya juga terbuka untuk ruang dinamis itu.

Menurut saya, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengatur waktu adalah delegasi atau pembagian tugas. Kebetulan di tiap-tiap pekerjaan, saya yang membuat keputusan. Jadi untuk membuat semua kegiatan saya berjalan bersamaan dengan mulus, saya akan membagi pekerjaan pada orang-orang yang sudah dipercaya. Selain itu, kita juga harus tahu batas. Jika memang sudah terlalu banyak, sebaiknya berhenti terlebih dahulu kemudian atur ulang rencana.

Namun, pada akhirnya kita juga tidak bisa mengatur sepenuhnya. Ketika masalah muncul kita mungkin panik dan sedih. Tidak menyenangkan ketika sudah diatur sedemikian rupa ternyata hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Tapi untuk saya, semua pasti ada solusinya. Jadi tidak perlu dibuat ribet dengan reaksi yang meledak-ledak. Oke, pembagian waktu tidak sesuai harapan, lalu adakah cara lain yang bisa dilakukan? Jika saat ini tidak ada jalan keluar, ya mungkin lain kali. Yang penting, kita sudah berusaha maksimal.

Kita perlu tenang untuk bisa mengatur waktu dengan baik dan bekerja fokus. Banyak orang melarikan diri ke hal lain seperti keluarga atau liburan untuk menenangkan diri dari stres. Menurut saya, keluarga itu bukan properti. Jika sedang ribet atau marah, saya tidak mau melarikan diri ke anak-anak misalnya. Saya harus bisa menurunkan tensi ini sendiri tanpa menjadikan siapapun alasan.

Kita perlu tenang untuk bisa mengatur waktu dengan baik dan bekerja fokus.

Dalam hidup pasti ada terang dan redup. Itu hal yang biasa. Kunci ketenangannya ada pada diri kita sendiri. Saya sudah cukup senang karena bisa tetap aktif dan kreatif dalam kegiatan-kegiatan saya. Di samping itu, tetap punya waktu yang berkualitas untuk anak-anak, suami, dan keluarga.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024