Self Work & Money

Strategi Berbelanja Yang Sehat

Ada berbagai cara me time dan setiap orang tentu memiliki versinya masing-masing. Menonton film sendiri di bioskop, berkebun, membaca buku, atau bahkan berbelanja sering kali menjadi cara kita untuk punya waktu dengan diri sendiri. Kendati demikian, kalau kita berbicara tentang kesenangan saat berbelanja, tak jarang hal ini diikuti oleh narasi tentang menjaga diri untuk tidak boros, atau harus mengurangi pengeluaran untuk masa depan.

Hal ini tentu tidak salah, mempersiapkan diri untuk masa depan secara finansial memang perlu dilakukan, terlebih dengan situasi saat ini. Di mana keadaan kita bisa berubah kapan saja dalam sekejap mata. Lantas apakah kita tidak boleh berbelanja? Ini jawabannya juga tidak. Sebagai manusia biasa, tentulah ada beberapa hal yang kita inginkan. Setidaknya untuk sedikit menyenangkan hati.

Nah, agar tidak kalap dalam berbelanja, ada beberapa hal yang sekiranya bisa kita coba lakukan:

Pertama, coba buat list belanja yang kamu inginkan. Ini memang biasanya dilakukan untuk berbelanja keperluan harian. Tapi tips ini sebenarnya juga bisa dilakukan saat ingin berbelanja hal yang kita inginkan. Saat melihat suatu barang di internet, sebelum membeli, kita bisa catat terlebih dahulu di wishlist kita. Berikan jeda dan lihat kembali, apakah kita masih menginginkan barang tersebut. Cara ini bisa digunakan untuk menghindari pembelian impulsif. Tapi kalau memang masih terpikirkan, tidak ada salahnya sesekali menyenangkan diri sendiri.

Saat melihat suatu barang di internet, sebelum membeli, kita bisa catat terlebih dahulu di wishlist kita. Berikan jeda dan lihat kembali, apakah kita masih menginginkan barang tersebut. Cara ini bisa digunakan untuk menghindari pembelian impulsif.

Kedua, kita bisa menentukan kurun waktu kapan kita berbelanja. Daripada berbelanja langsung saat menerima gaji, kita bisa coba memindahkan waktu belanja di akhir bulan, sebelum menerima gaji di bulan berikutnya. Dengan begitu, kita tidak akan kesulitan dalam menjalani sisa hari menuju bulan berikutnya.

Ketiga adalah membeli barang berdasarkan kualitas. Ada sebuah istilah ‘mengalah untuk menang’, dalam hal ini artinya adalah membeli barang yang mungkin sedikit lebih mahal tapi dengan kualitas yang terjaga. Sehingga kita bisa menggunakan barang tersebut dengan lebih lama.

Kalau kamu sedang mencari tempat untuk membeli barang-barang berkualitas, voilà.id bisa menjadi opsi yang bisa kamu pilih. voilà.id sebagai sebuah luxury multi-brand store di Indonesia baru saja resmi membuka butik terbarunya di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Di sini, kamu bisa menemukan beragam fashion item, mulai dari koleksi fashion wanita hingga produk jam tangan untuk pria. Di voilà.id PIK, kamu juga bisa merasakan suasana berbelanja yang lebih hangat dan nyaman, sekaligus cuci mata dengan nuansa coastal area yang indah di PIK.

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024