Self Lifehacks

Tenang dalam Berbuat Baik

Menghadapi ataupun berdamai dengan rasa sedih ataupun momen kehilangan tentu pengalamannya akan selalu berbeda bagi setiap orang. Aku juga mungkin tidak berada dalam posisi yang tepat untuk mengajari, karena itu adalah hal yang sulit untuk dijawab. Maka, sekarang aku hanya akan berbagi cerita dari sudut pandangku sendiri. Ada banyak cara pandang baru yang aku temukan dalam beberapa waktu ke belakang, terutama selama dua tahun terakhir. Aku merasa kehidupan itu nggak akan selalu di atas untuk waktu yang lami tapi juga tidak akan dibawah selamanya. 

Aku juga memberanikan diri untuk menuliskan lagu mengenai higher power, mengenai Tuhan, karena aku rasa setiap aku menghadapi masalah dan merasa sedang ada di bawah karena alasan apa pun. Bisa jadi karena masalah sehari-hari atau mengahapi masa kehilangan atau mungkin juga masalah-masalah lainnya akan ada kekuatan yang lebih besar yang tidak aku pahami sepenuhnya yang selalu bisa mengangkat dan menuntun kita kembali. Jadi, aku belajar untuk memiliki rasa pasrah di saat-saat tertentu, ini adalah salah satu jawaban yang aku rasakan dalam menghadapi rasa sedih ataupun kehilangan.

Aku belajar untuk memiliki rasa pasrah di saat-saat tertentu, ini adalah salah satu jawaban yang aku rasakan dalam menghadapi rasa sedih ataupun kehilangan.

Meskipun mungkin aku pernah mengalami banyak keresahan akan rasa sedih dan perasaan tidak nyaman lainnya, tapi aku bisa merasa tenang saat aku tau orang-orang yang aku sayang dalam keadaan baik-baik saja. Aku merasa paling tenang saat aku tau orang-orang di sekelilingku dalam keadaan yang baik. Saat aku tau mereka sedang menjalankan hidup dengan tenang. 

Baik itu keluarga, ibu, adik, teman dekat, sahabat, atapun orang-orang yang sering kali membantuku dalam karir. Aku merasa paling tenang kalau mereka baik-baik saja dan saat aku tau bahwa aku tidak melukai hati mereka. Aku juga percaya akan hukum karma, jadi setiap hari aku hanya berusaha untuk berbuat baik pada siapa pun yang aku temui dan mencoba untuk selalu bersabar. Semoga karma baik tersebut berbalik kembali.

Baik itu keluarga, ibu, adik, teman dekat, sahabat, atapun orang-orang yang sering kali membantuku dalam karir. Aku merasa paling tenang kalau mereka baik-baik saja dan saat aku tau bahwa aku tidak melukai hati mereka.

Baru-baru ini juga akan baru merilis album baru bertajuk “Water Will Find Me”. Banyak hal yang aku ceritakan melalui lagu-lagu yang ada di dalamnya. Salah satu lagu yang ada di dalam album ini, “Dan Terang”, menceritakan tentang Tuhan dan caranya untuk bisa membantu dan menuntun kita dalam menghadapi masalah dalam hidup. Durasi beberapa lagu dalam album ini juga ada yang cukup panjang sekitar delapan hingga sepuluh menit, tidak ada alasan khusus aku hanya ingin menyampaikan pesan yang ada lewat setiap lagu dengan sebaik-baiknya.

Saat teman-teman mendengarkan seluruh lagu dalam album ini sebenarnya aku juga tidak memiliki ekspektasi yang berlebihan. Saat kamu bisa merasa bahwa ada orang lain di luar sana yang juga merasakan apa yang pernah atau sedang kamu alami, itu sudah lebih dari cukup. Aku hanya selalu berusaha untuk jujur apa adanya, tanpa pretensi apa-apa dan kalau itu bisa sampai ke siapa pun yang mendengarkan musik Reruntuh itu sudah sangat cukup. 

 

Related Articles

Card image
Self
Keluar dari Hubungan Beracun

Sebenarnya, pada saat itu teman-teman disekelilingku juga sudah mengingatkan bahwa hubungan yang aku jalani sudah tidak sehat. Baik untuk aku maupun partnerku saat itu, dan menyarankan untuk menyudahi hubungan tersebut.

By Gusty Pratama
01 October 2022
Card image
Self
Belajar Melepaskan

Setiap orang punya caranya masing-masing dalam menjalani hubungan dengan orang lain, baik itu dalam hal pertemanan maupun percintaan. Ada yang lebih nyaman menjadi independen, tapi ada pula yang cenderung lebih mudah bergantung atau berharap pada orang lain.

By Shakila
01 October 2022
Card image
Self
Seni Belajar

Kalau mendengar kata belajar, bagi saya ini adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Saya selalu senang mencari tau banyak hal. Sedari kecil sampai dengan sekarang hal yang paling saya gemari adalah membaca buku, saat di lokasi shooting pun saya suka belajar.

By Alyssa Soebandono
01 October 2022