Self Health & Wellness

Ungkapan Dukungan Pada Diri Sendiri

Pernahkah kamu merasa lelah karena selalu berusaha berlari mengimbangi kecepatan manusia-manusia lain dalam hidup?

Tidak mudah memang untuk melambat saat dunia seakan memaksa kita untuk melangkah lebih cepat, lebih baik, dan lebih luar biasa dari oran lain. Hanya untuk membuat diri kita tidak tertinggal dengan yang lain. Kini kita hidup di zaman ketika teknologi berdampak secara positif dan juga negatif secara bersamaan.

Tidak mudah memang untuk melambat saat dunia seakan memaksa kita untuk melangkah lebih cepat, lebih baik, dan lebih luar biasa dari oran lain. Hanya untuk membuat diri kita tidak tertinggal dengan yang lain. Kini kita hidup di zaman ketika teknologi berdampak secara positif dan juga negatif secara bersamaan.

Kehadiran teknologi tentu memudahkan hidup kita untuk bisa menyelesaikan tugas dan juga memperoleh berbagai informasi dari seluruh dunia dalam sekejap mata. Di sisi lain, kecepatan akses informasi serta media sosial juga memberikan kita tekanan tak kasat mata untuk bisa mengimbangi langkah dengan pencapaian orang lain yang bisa kita lihat hanya dengan sebuah klik di ponsel.

Kecemasan yang muncul karena takut merasa tertinggal merupakan sebuah fenomena yang sangat umum kita temui. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu menenangkan diri dan juga mengurangi rasa bersalah saat butuh melambat dan mengambil langkah sejenak.

Pertama, coba luangkan satu hari dalam sepekan untuk bisa melakukan aktivitas tanpa ponsel atau internet. Ada banyak hal menarik yang bisa kita temui dan nikmati di luar layar yang selama ini selalu kita tatap di siang dan malam.

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mengucapkan afirmasi positif pada diri sendiri. Afirmasi positif adalah kalimat atau pernyataan positif yang dapat diucapkan kepada diri sendiri secara berulang. Umumnya sebagai bentuk manifestasi mimpi, tujuan, atau juga bentuk dukungan kepada diri kita sendiri.

Sudah banyak penelitian yang mendukung pengaruh baik dari ungkapan afirmasi positif kepada diri sendiri. Salah satunya adalah temuan bahwa mengungkapkan kalimat afirmasi positif pada diri sendiri ternyata bisa menghasilkan stress buffering effect yang dapat membantu mengurangi efek gangguan pada kesehatan mental seorang individu khususnya saat berada dibawah tekanan sosial yang berlebih.

Kalimat afirmasi positif akan menjadi opsi yang efektif untuk menenangkan diri ketika kita bisa mengidentifikasi nilai-nilai penting dalam diri kita yang kemudian diwujudkan dalam kalimat-kalimat konkrit. Kelimat ini kemudian kita ungkapkan kepada diri sendiri secara berulang.

Dibandingkan kalimat positif yang terlalu general, ungkapan kalimat afirmasi positif yang sesuai dengan kekhawatiran secara spesifik tentu akan lebih berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental kita. Kalau saat ini kamu sedang khawatir karena merasa tertinggal atau bahkan merasa bersalah saat mengambil jeda, Greatmind bersama KegelisahArt menghadirkan koleksi kartu afirmasi “Slow” yang bisa membantu kamu menenangkan diri dan membiarkan dirimu beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Setiap harinya kamu bisa mengawali pagi dengan satu kartu afirmasi “Slow” dan mengungkapkan kalimat yang ada di dalamnya kepada diri sendiri. Kartu afirmasi “Slow” juga bisa kamu gunakan kapan pun dirimu merasa cemas dan gunakan kalimat afirmasi yang tertulis di dalamnya untuk bisa menenangkan kekhawatiran yang ada di kepala.

Kartu afirmasi “Slow” kini sudah bisa kamu dapatkan di Tokopedia maupun Shopee KegelisahArt. Tidak hanya untuk diri sendiri, kartu afirmasi juga bisa kamu hadiahkan kepada orang-orang terdekat sebagai bentuk dukungan bagi mereka yang sedang berusaha menenangkan diri dan mengurangi rasa bersalah saat harus beristirahat sejenak. Karena hidup adalah sebuah perjalanan bukan pelarian.

 

 

 

Referensi:

https://www.washingtonpost.com/wellness/2022/05/02/do-self-affirmations-work/

https://www.berkeleywellbeing.com/positive-affirmations.html

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024