Self Health & Wellness

You Are What You Eat

Perkembangan teknologi dan peradaban manusia membawa perubahan gaya hidup. Aktivitas yang tinggi, tekanan pekerjaan, dan tingkat stress menyebabkan manusia modern menjadi lebih mudah terjangkit penyakit. Belum lagi ditambah kondisi lingkungan yang makin penuh polusi dan pola konsumsi yang buruk.

Berangkat dari masalah ini, muncul kesadaran yang tinggi di tengah masyarakat modern mengenai pentingnya gaya hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih selektif. Seiring dengan meningkatnya kesadaran ini, industri makanan dan minuman – terutama produk kemasan yang sering dianggap sebagai biang penyakit, turut berbenah dan menghadirkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat kini semakin meluas, tidak hanya di kota besar seperti Jakarta, namun meluas hingga ke pelosok daerah. Menarik untuk melihat bahwa orang-orang semakin aware dengan apa yang mereka konsumsi. Namun sayangnya, beberapa masih menjadikan gaya hidup sehat ini sebagai “tren” semata dan bukan sebagai pilihan yang mesti diyakini hingga seterusnya.

Begitu banyak salah kaprah tentang gaya hidup sehat yang sering ditanyakan kepada saya. Yang paling sering saya dapat adalah, “Chef, minum infused water bisa bikin kurus nggak sih?” Pertanyaan-pertanyaan mendasar semacam itu yang justru sebaiknya dipahami terlebih dahulu sebelum menjalankan gaya hidup sehat.

Oh, untuk menjawab pertanyaan itu, infused water mau diminum sebanyak apa juga tidak akan bikin kurus!

Selain itu, persepsi masyarakat terhadap diet juga masih sedikit terdistorsi. Umumnya orang mengira diet hanya untuk menurunkan berat badan. Nyatanya, diet adalah pengaturan pola konsumsi yang disesuaikan dengan kondisi tubuh yang tujuannya beragam: bisa menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, karena ada penyakit tertentu atau alergi. Definisi ini lah yang seharusnya diluruskan.

Arti makanan sehat sebetulnya adalah makanan yang bervariasi. Kalau sekarang kita sering dijejali dengan istilah superfood, sesungguhnya there is no such thing as superfood. Tidak ada makanan yang punya nutrisi super banyak – kalau ditanyakan ke dokter, superfood itu hanya ASI alias air susu ibu.

Apa sesungguhnya kunci dari gaya hidup sehat? Kuncinya adalah self-control. Makanan apa pun itu sehat… asalkan tahu porsinya. Tidak ada makanan yang tidak sehat, yang ada hanya gaya hidup yang tidak sehat.  Karena kehidupan modern yang begitu sibuk terkadang memaksa kita untuk lebih sering mengonsumsi makanan dan minuman kemasan, maka self-control harus dimiliki seutuhnya.

Agar masyarakat lebih paham dengan apa yang di makan – terutama makanan dan minuman kemasan, semua jawabannya ada di label. Semua kandungan tercantum di sana, kita sebagai konsumen hanya tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing orang.

Mungkin memang butuh waktu bagi masyarakat Indonesia untuk benar-benar melek dengan yang Namanya gaya hidup sehat. Berbeda dengan negara tetangga seperti Singapura misalnya yang sudah lebih paham mengenai konsep-konsep ini. Namun bagi saya, apabila tingkat edukasi dan ekonomi masyarakat semakin meningkat, kesadaran akan hal-hal seperti ini pun akan turut naik. Kita doakan saja ya bisa tercapai dalam waktu dekat agar tercipta generasi baru Indonesia yang sehat.

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024