Self Health & Wellness

Menggapai Pola Hidup Sehat

Yulia Baltschun

@yuliabaltschun

Praktisi Diet & Kebugaran

Belakangan ini rasanya sangat mudah dijumpai percakapan seputar upaya untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Obrolan terkait usaha untuk menjaga kesehatan sudah menjadi topik paling umum dalam perbincangan kita sehari-hari. Mulai dari rekomendasi multivitamin hingga suplemen-suplemen tambahan lainnya. Sepertinya kita lupa bahwa sumber tenaga utama yang dibutuhkan oleh tubuh kita berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Sepertinya kita lupa bahwa sumber tenaga utama yang dibutuhkan oleh tubuh kita berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Sehari penuh tubuh kita bekerja tanpa henti. Tanpa kita sadari, sistem imun tubuh kita terus berusaha memastikan kita tetap sehat secara terus-menerus. Aku yakin kita semua memiliki tujuan yang sama yaitu sehat. Salah satu cara yang seringkali luput dari perhatian banyak orang adalah dengan menjaga pola makan yang seimbang. Makan lebih banyak tidak menjamin kebutuhan sel imun kita tercukupi.

Makan lebih banyak tidak menjamin kebutuhan sel imun kita tercukupi.

Terdapat banyak faktor yang dapat memaksimalkan kerja sistem imun kita. Di antaranya adalah jenis dan jumlah makanan yang kita konsumsi, kuantitas dan kualitas tidur,  stress level, aktivitas fisik, serta faktor pendukung lain seperti suplemen. Faktor utama yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari kita adalah bagaimana kita memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita melalui asupan makanan sehari-hari.

Banyak yang menghindari diet pada masa pandemi ini. Katanya, “udahlah nggak usah diet, ngapain diet nanti malah turun imunnya. Nanti malah kena covid,” dan kalimat-kalimat serupa lainnya. Persepsi ini butuh kita luruskan. Bukan berarti kita harus makan sebanyak mungkin untuk sehat, melainkan dengan jumlah yang cukup dan gizi yang seimbang. Meningkatkan porsi makan tanpa diimbangi dengan gizi yang cukup justru bisa menimbulkan obesitas yang tentu saja berbanding terbalik dengan tujuan kita untuk bisa lebih sehat.

Berat badan yang berlebih nyatanya menjadi salah satu faktor risiko seseorang terkena Covid-19. Sebuah studi menunjukkan bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang terinfeksi Covid-19 hingga 113%, dan 74% berisiko masuk ICU. Di Indonesia, dari 5200 orang yang terkena Covid, 35% di antaranya termasuk dalam kategori obesitas. Fakta-fakta ini yang memperkuat alasan mengapa makan lebih banyak bukan solusi saat ini. Quality before quantity.

Aku paham bahwa memang bisa jadi membingungkan bagi kita yang baru ingin memulai untuk menerapkan pola hidup sehat. Bagaimana cara mengatur pola makan, olahraga, istirahat, dan lain sebagainya. Luapan informasi yang tersedia di internet memang butuh usaha tersendiri untuk dapat dipilah sesuai kebutuhan kita. Untuk itu, aku berusaha membantu menyediakan informasi yang memang sesuai melalui buku "I Hate Diet" yang aku tulis berdasarkan penelitian-penelitian yang sudah ada.

Cara paling sederhana untuk menguatkan diri kita di era ini adalah dengan memperbaiki jenis makanan yang kita konsumsi. Kadang terlalu sederhana hingga banyak yang menganggap remeh cara ini. Padahal, ini bisa jadi adalah jalan paling efektif yang bisa kita lakukan untuk menguatkan diri kita sendiri. Tidak mudah memang untuk bisa menjaga pola hidup sehat secara konsisten. Butuh tekad dan juga pengetahuan yang cukup untuk bisa memastikan bahwa kebutuhan tubuh kita terpenuhi dengan baik. 

Cara paling sederhana untuk menguatkan diri kita di era ini adalah dengan memperbaiki jenis makanan yang kita konsumsi.

 

Related Articles

Card image
Self
Ekspresi Diri dan Gaya Hidup

Saya juga setuju dengan ungkapan bahwa fashion adalah cara mengekspresikan diri. Kalau saya bertemu dengan orang, kita bisa melihat karakternya dari apa yang ia kenakan. Baju adalah salah satu medium kita bisa melihat dan “menilai” orang. Jadi bisa dikatakan bahwa baju yang kita kenakan sebenarnya bisa menjadi ungkapan bahwa kita ini adalah bagian dari komunitas tertentu. Mungkin komunitas skateboard, band, atau komunitas-komunitas lainnya. Urban Sneaker Society juga berusaha menggabungkan banyak komunitas agar bisa bertemu satu-sama lain.

By Jeffry Jouw
04 December 2021
Card image
Self
Merangkul Kegagalan

Kegagalan tentu bukan hasil yang diharapkan bagi semua orang yang sedang berjuang. Banyak diantara kita yang mungkin tengah atau telah melalui masa sulit, baik karena pandemi maupun karena masalah pribadi. Sayangnya kegagalan bukan hal yang bisa kita hindari. Kegagalan akan selalu hadir sebagai bagian penting dalam proses pembelajaran hidup yang masih akan kita jalani hari ini dan seterusnya.

By Greatmind X Festival Pulih
04 December 2021
Card image
Self
Berjalan Untuk Berubah

Masing-masing manusia punya perjalanan yang berbeda-beda. Katanya, dalam perjalanan itu yang paling penting bukan destinasinya, melainkan proses dan cerita yang terjadi sepanjang perjalanan. Katanya juga, cerita dalam perjalanan lah yang menjadikan siapa kita sekarang ini. Tapi yang pasti, melalui perjalanan kita berubah dan bertumbuh.

By Greatmind x Festival Film 100% Manusia
04 December 2021