Self Lifehacks

Weak Ties: Masa Depan

“Masa depan”,  kalau mendengar kata-kata itu, apa sih yang langsung terpikirkan? Apa kira-kira hubungan kita dengan masa depan?

By the way, sebelum menjawab pertanyaan ini, tentunya perlu juga dipikirkan, apa sih hubungan kita dengan masa lalu? Dan untuk itu saya selalu teringat quote;  Masa lalu itu seperti budaya negara lain. Mereka punya kebiasaan yang asing buat kita. “The past is a foreign country. They do things differently there."

Anyway, kalau lagi mikirin masa depan, ada orang yang menganggap masa depan itu seperti mengocok dadu. Ada sejumlah kemungkinan, tapi hasilnya yaaa tergantung yang mengocok. Dan ada faktor keberuntungan, bisa jadi dapat hasil bagus, bisa juga tidak.

Ada juga yang menganggap masa depan seperti duduk di roller coaster. Jadi, jalurnya sih sudah kelihatan, dan kita deg-degan karena pasti bakal menakutkan, tapi yang penting kita duduk diam, dan pasangkan sabuk pengaman.

Ada juga yang menganggap masa depan seperti kita lagi mendayung perahu mengarungi sungai. Jalurnya tidak akan berakhir, dan kita mau bergerak sejauh mana, itu terserah kita. Dan juga, setiap hari angin dan arusnya berbeda. Yang penting, kita mendayung perahu dengan mengikuti kondisi alam, supaya terus bergerak.

Ada sebuah quote dari filsuf Seneca: Jika kamu tidak tahu mau berlayar kemana, arah angin manapun akan terasa menghambat.

Saya mendengar quote ini saat pertama kali belajar tentang Foresight, atau Futures Thinking, alias...belajar berpikir tentang masa depan. Dan ini sulit sekali, yang pertama karena dalam bahasa Inggris dan banyak istilah yang belum ada terjemahannya, tapi juga karena ada mental block. Bagaimana caranya berpikir tentang masa depan, kan masa depan itu tidak bisa diprediksi?

Ini adalah reaksi yang paling sering didengar kalau lagi membicarakan masa depan. Yang bisa dipelajari dari Foresight adalah, walaupun masa depan tidak bisa diprediksi, tapi bisa diantisipasi. Dan itu bisa dilakukan secara sistematis.

Yang bisa dipelajari dari Foresight adalah, walaupun masa depan tidak bisa diprediksi, tapi bisa diantisipasi. Dan itu bisa dilakukan secara sistematis.

Ada beberapa istilah di dunia foresight yang mungkin sudah familiar, misalnya black swan atau scenario building, dan ada juga yang masih asing, misalnya causal layered analysis, postnormal futures, Polak game, backcasting...Tapi secara umum, ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari foresight:

1. The future doesn't come from nowhere. Sebenarnya ada arus-arus kecil yang menunjukkan kita lagi menuju ke mana. Kadang sebelum kita buru-buru memecahkan masalah, kita perlu mendengarkannya. Apakah ini isu berulang, dan ada nggak ya trend yang bisa dibaca?

2. Ada lebih dari satu masa depan. Karena itu studinya sering disebut Futures Studies, jamak. Nah, dalam membicarakan alternatif masa depan, kita harus berani membicarakan bukan cuma skenario yang bagus-bagus, tapi juga skenario yang tidak diinginkan, atau istilahnya disowned future. Misalnya, yang bayar cicilan rumah, gimana kalau Jakarta tenggelam atau harus pindah ke ibukota baru? Mungkin ini pertanyaan yang tidak nyaman, tapi kalau kata seorang ahli foresight, bertanya "what if" sekarang, akan mencegah bertanya "what now?" di masa depan 

Masa depan tidak bisa diprediksi, tapi bisa dibicarakan bareng.

3.  Masa depan tidak bisa diprediksi, tapi bisa dibicarakan bareng. Kata seorang teman, bahasa Indonesianya "foresight" itu kan bukan ramalan, melainkan prakiraan. Futures thinking mengajarkan untuk bersama-sama memikirkan masa depan macam apa yang ingin kita tinggali, alias preferred future. Makanya foresight itu sering dipakai sebagai bentuk mengumpulkan aspirasi masyarakat dalam membentuk kebijakan publik. Karena belum cukup untuk mengatakan, di 2045 masyarakat mau hidup enak. Kita harus bisa mengartikulasikan, mau hidup yang seperti apa? Hubungan sosial apa yang dicari? Bagaimana kita berinteraksi dengan teknologi dan alam? Baru-baru ini Jakarta melarang penggunaan kantong plastik, which is great news. Tapi sudah cukup gak untuk mencegah kota ini tenggelam dari masalah lain? Atau dari sekarang semua sekolah perlu mengajarkan murid untuk membuat biopori di rumah? Dengan membayangkan masa depan, kita bisa menarik garis ke perilaku yang perlu kita lakukan hari ini.

Seperti kata Alan Kay, the best way to predict the future, is to invent it.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024