Circle Lifehacks

Berdiskusi Dengan Sehat

Greatmind

@greatmind.id

Redaksi

Ilustrasi Oleh: Salv Studio

Berbeda pendapat itu adalah hal yang biasa. Tetapi menghargai pendapat orang lain itu juga harus dibiasakan. Perlu perjuangan memang, apalagi saat pendapat kita berseberangan. Ada yang harus diingat, memutuskan pilihan dan pendapat itu juga didasari oleh wawasan, pandangan, serta pengalaman pribadi yang berbeda-beda.

Upayakan untuk selalu berdiskusi ketimbang harus berdebat kusir. Diskusi bersama dengan banyak orang bisa memperluas wawasan kita – juga bisa menemukan kesepakatan bersama untuk menemukan jalan keluar. Kita dapat membongkar suatu topik, membuat rencana aksi, atau menyelesaikan suatu masalah. Yang menjadi hal penting untuk diketahui, setiap orang punya peran yang sama kadarnya. Tidak ada pendapat yang buruk. Hargailah setiap pendapat karena setiap orang harus punya kontribusi.

Berbeda pendapat itu adalah hal yang biasa. Tetapi menghargai pendapat orang lain itu juga harus dibiasakan.

Sebelum memasuki diskusi, upayakan setiap ‘peserta’ melakukan riset agar apa yang diutarakan menjadi berbobot dan akan baik karena berdasarkan fakta sekaligus data. Bisa juga mengajukan pertanyaan untuk mendorong diskusi.

Meskipun demikian, saat belum memahami beberapa hal, ada baiknya juga mendapatkan informasi untuk klarifikasi. Kadang-kadang, orang mungkin tidak mengekspresikan diri sebaik yang mereka inginkan karena kurang informasi. Tetapi jika hal itu bisa ditanggulangi sebelum diskusi berlangsung maka apa yang menjadi sudut pandang kita akan cukup jelas.

Satu hal yang menarik menjelang pemilu adalah kita jadi terbiasa berdiskusi dengan orang yang acak. Pernahkah kita tiba-tiba berbincang dengan pengemudi taksi online tentang pilihannya? Manfaat diskusi juga memberi kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang biasanya tidak diajak bicara. Hal ini juga berarti ada kesempatan untuk belajar dari pengalaman orang lain yang akan memperluas wawasan. Jangan terlalu fokus dengan apa yang diyakini, karena dapat menutup kemungkinan mempelajari sesuatu yang baru.

Jangan terlalu fokus dengan apa yang diyakini, karena dapat menutup kemungkinan mempelajari sesuatu yang baru.

Bisa saja dalam sebuah diskusi ada kejutan pemikiran dari orang lain. Apapun itu, cobalah untuk berpikir sejenak sebelum merespons. Cobalah untuk menempatkan diri pada posisi orang lain untuk melihat dari mana pemikiran itu berasal.

Mendengarkan, adalah satu bagian penting dari diskusi. Dengarkan apa yang orang lain katakan. Berada dalam diskusi yang terpenting adalah pendapat dan kesepakatan bersama.

Untuk mendengarkan dengan baik, jangan hanya memikirkan apa yang ingin dikatakan. Sebaiknya, cobalah membuat catatan singkat meskipun hanya di benak tentang apa yang dikatakan orang lain, sehingga kita bisa menjadi rujukan saat mengemukakan pendapat. Namun sebaliknya, jika tidak memahami sesuatu, ajukan pertanyaan tindak lanjut. Orang lain kemungkinan akan menghargai bahwa ada ketertarikan dengan apa yang mereka katakan.

Yang tidak kalah penting, saat memiliki pemikiran yang bagus, pertahankan hingga tiba waktu yang tepat untuk dipaparkan. Jangan memotong pendapat orang lain saat mereka membagikan pemikiran. Kita dapat menuliskan beberapa kata untuk mengingatkan diri sendiri untuk membagikannya begitu giliran berbicara.

Cobalah untuk menempatkan diri pada posisi orang lain untuk melihat dari mana pemikiran itu berasal.

Related Articles

Card image
Circle
Kembali Merangkai Sebuah Keluarga

Selama aku tumbuh besar, aku tidak pernah merasa pantas untuk disayang. Mungkin karena aku tidak pernah merasakan kasih sayang hangat dari kedua orang tua saat kecil. Sejauh ingatan yang bisa aku kenang, sosok yang selalu hadir semasa aku kecil hingga remaja adalah Popo dan Kung-Kung.

By Greatmind
24 November 2023
Card image
Circle
Pernah Deep Talk Sama Orang Tua?

Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali lo ngobrol bareng ibu atau bapak? Bukan, bukan hanya sekedar bertanya sudah makan atau belum lalu kemudian selesai, melainkan perbincangan yang lebih mendalam mengenai apa yang sedang lo kerjakan atau usahakan.

By Greatmind x Folkative
26 August 2023
Card image
Circle
Berdaya dan Berkontribusi

Ketertarikanku untuk berbagi mengenai pengalaman dan tips pengembangan diri sebenarnya dimulai ketika aku bekerja di salah satu perusahaan konsultan keuangan di Jakarta. Saat itu, banyak yang bertanya melalui media sosial mengenai kiat untuk bisa bekarir di perusahaan tersebut. Lalu setelahnya, aku juga mulai berbagi mengenai topik pengembangan diri dan karir.

By Lavina Sabila
20 May 2023