Circle Art & Culture

Kebahagiaan Seorang Penggemar

Budaya Korea, mulai dari musik, film, hingga fashion rasanya kini menjadi topik yang sudah sangat sering kita dengar sehari-hari. Sebenarnya Kpop sendiri sudah cukup lama memiliki penggemar di Indonesia, tapi mungkin memang belum sebanyak sekarang dengan perkembangan media sosial yang ada. 

Kalau ditanya apa sebenarnya poin menarik dari Kpop yang berhasil menarik minat banyak orang, pertama memang perlu diakui musiknya sendiri memang memiliki gaya yang berbeda dan mudah diingat. Kedua, teknologi yang mendukung. Zaman sekarang music video Kpop juga tak jarang didukung oleh teknologi seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan lain sebagainya. Ketiga, topik yang diangkat dalam lagu semakin relevan. Belakangan ini banyak lagu Kpop yang tidak hanya bercerita tentang senang-sennag tapi juga membahas tentang self love.

Sekarang ini memang popularitas Kpop di tanah air jadi lebih besar, didukung oleh pesatnya perkembangan internet dan media sosial. Menurutku ini adalah salah satu alasan utama mengapa Kpop menjadi benar-benar dikenal, terlebih di Indonesia. Di awal tahun 2000-an, terbilang lebih susah untuk mengakses informasi mengenai idola kita, mungkin hanya bisa didapatkan melalui majalah yang tidak terbit setiap hari. 

Ketika kita membahas mengenai makna fans atau penggemar, menurut saya pribadi sebenarnya sesederhana orang-orang yang menikmati karya seniman terkait. Mungkin akan ada orang yang membagi klasifikasi fans, bergantung apa saja yang sudah dilakukan untuk idola. Saat mengidolakan seseorang, kebanyakan fans pasti menginginkan yang terbaik bagi orang yang mereka gemari. Beberapa perilaku yang aku amati dari penggemar Kpop, khususnya di Indonesia, sebenarnya mereka sudah bahagia dengan melihat idolnya tersenyum bahagia. 

Belakangan ini mungkin beberapa kali kita mendengar kejadian-kejadian kurang menyenangkan dari fans karena mungkin terlalu ingin menjaga orang yang diidolakan. Menurutku, untuk menjadi penggemar dengan pola pikir yang sehat kita harus tetap mengingat bahwa apa pun yang kita lakukan dan bicarakan jangan sampai mengganggu privasi orang yang kita gemari.

Menurutku, untuk menjadi penggemar dengan pola pikir yang sehat kita harus tetap mengingat bahwa apa pun yang kita lakukan dan bicarakan jangan sampai mengganggu privasi orang yang kita gemari.

Terkadang juga ada sesama fans yang berselisih, itu terjadi karena mereka pikir opini mereka benar dan lebih baik dari orang lain. Maka, sebagai penggemar kita juga perlu belajar toleransi dan berdamai dengan opini orang lain yang mungkin berbeda. Belajar hidup dalam damai dengan toleransi.

Terlepas dari hal-hal kurang menyenangkan tersebut sebenarnya banyak hal baik yang bisa kita dapatkan saat menjadi seorang fans. Dalam aspek sederhana tentu kita akan mendapat kebahagiaan. Ada sumber kebahagiaan sederhana yang kita dapatkan dari mengidolakan seseorang. Lebih dalam lagi, aku merasa kita uga bisa belajar banyak hal dari idola kita. Contohnya kerja keras, disiplin, dan kerendahan hati yang mereka tunjukan. 

Sebenarnya banyak hal baik yang bisa kita dapatkan saat menjadi seorang fans. Lebih dalam lagi, aku merasa kita uga bisa belajar banyak hal dari idola kita. Contohnya kerja keras, disiplin, dan kerendahan hati yang mereka tunjukan. 

Sebagai penggemar tentu kita juga ingin mengenal lebih dekat sosok idola kita, hal ini juga yang ingin dilakukan oleh KVIBES. Sebuah platform yang bertujuan untuk menghubungan fans Kpop di Indonesia untuk bisa sali berjejaring dan bergabung dalam satu komunitas. Berawal dari platform media sosial kini kita juga baru saja meluncurkan website. Nantinya website dari KVIBES akan digunakan untuk berbagai event dan juga sarana membagikan informasi seputar Kpop. Pada tanggal 23 Juli 2022, juga akan diadakan event FESTIVIBES. Akan ada beragam kegiatan yang bisa kamu ikuti, mulai dari kelas menari dan bahasa hingga berbelanja produk-produk Korea. Di malam hari nanti juga akan ada NOREVIBES, jadi kamu bisa sing along lagu-lagu kesukaan kamu bersama teman-teman yang lain.

Aku berharap melalui event ini kita bisa menyambut semua kalangan fans untuk bisa bersenang-senang dan saling mengenal satu sama lain. Karena memang di Indonesia, komunitas penggemar Kpop yang membuat kita bisa merasa lebih dekat dengan idola. Melalui FESTIVIBES, aku berharap juga bisa membuat kamu one step closer to your idol dan kita bisa seru-seruan bareng di sana. Sampai jumpa!

Related Articles

Card image
Circle
Menikmati Waktu

Saat mendengar kata “timeline ideal” sebagai individu sebenarnya hanya sebuah cara untuk membuat hidup kita lebih tertata. Punya lini masa dalam hidup menurutku di satu sisi bisa membantu kita untuk menentukan apa yang ingin kita jalani agar tidak kewalahan akan banyak hal.

By Satine Zaneta
01 October 2022
Card image
Circle
Mendukung Pemulihan Ekonomi Kreatif

Menjaga lebih sulit daripada mendapatkan sesuatu. Sepertinya istilah tersebut cukup sering kita dengar. Biasanya berhubungan dengan prestasi atau mungkin pencapaian yang bisa diraih oleh seorang individu. Memang mungkin benar.

By Greatmind
17 September 2022
Card image
Circle
Saling Mendukung Untuk Pulih Bersama

Dua tahun terakhir tentu menjadi masa-masa penuh tantangan bagi banyak orang. Mulai dari para pelajar yang harus rela tidak berjumpa tatap muka dengan teman-teman di sekolah, para pekerja kantoran yang tiba-tiba memiliki jam kerja yang lebih kabur, hingga para pengusaha dengan skala kecil dan menengah yang harus mengencangkan ikat pinggang bahkan gulung tikar dalam masa ini.

By Greatmind
27 August 2022