Circle Art & Culture

Keragaman Emosi dan Keindahan dalam Film

SeBioskop rasanya menjadi salah satu tempat yang dirindukan selama pandemi dalam beberapa tahun terakhir ini. Setelah keadaan sudah berangsur membaik, sekarang kita sudah bisa kembali menonton film bersama dengan orang-orang terkasih sambil tentu saja tetap mengikuti protokol yang berlaku. Setiap orang mungkin memiliki pengalamannya masing-masing saat mononton film, juga mungkin punya film andalan yang selalu diputar saat merasa jenuh atau mungkin butuh teman saat makan siang.

Film sebagai salah satu produk budaya juga bisa mengenalkan kita pada budaya dan juga hal-hal baru yang mungkin selama ini jarang kita temui sehari-hari. Bisa jadi karena hal tersebut merupakan budaya dari negara lain atau bisa juga karena kisah-kisah tersebut luput dari padangan kita saat berkegiatan. 

Ada banyak cara untuk bisa menikmati film, mulai dari menonton di layar ponsel, bioskop, hingga pemutaran dalam festival film. Film-film yang diputarkan dalam festival biasanya merupakan film yang memiliki ciri khas tersendiri dengan suguhan cerita yang mungkin jarang kita temui. Di tahun ini, Sundance Film Festival Asia kembali diselenggarakan Hadir secara online dan juga offline di Jakarta pada 25-28 Agustus 2022.

Sundance Film Festival: Asia akan menampilkan tujuh film panjang, terdiri dari empat karya fiksi dan tiga karya non-fiksi. Deretan film tersebut sudah melalui kurasi oleh tim programming Sundance. Di sepanjang penyelenggaraan festival, penonton juga berkesempatan untuk menyaksikan beragam panel diskusi dari pembicara yang berasal dari dalam dan luar negeri. 

Tidak hanya pemutaran film dan panel diskusi, untuk terus mendukung perkembangan industri perfilman, Sundance Institute juga akan mengadakah pelatihan penulisan naskah secara intensif selama festival berlangsung. Acara ini ditujukan untuk memberikan panggung serta dukungan bagi talenta-talenta baru dalam dunia perfilman Indonesia. Nantinya para talenta yang terpilih akan mendapatkan kesempatan dalam bentuk bimbingan kreatif dan kesempatan untuk berbincang dengan para pakar di industri film serta staf program Sundance Institute untuk mereka yang sedang mengerjakan film panjang pertama ataupun keduanya.

Sundance Film Festival: Asia berusaha untuk menawarkan kesempatan bagi individu-individu berbakat di dunia film independen untuk bisa saling berinteraksi dan memperdalam hubungan satu sama lain. Festival film ini akan dilangsungkan secara offline untuk pertama kali di Indonesia. Melalui acara ini diharapkan akan dapat memberikan pengalaman yang menghibur, keragaman emosi, dan juga keindahan melalui film-film yang disajikan pada para penonton di Indonesia.

Saat kita mungkin belum berkesempatan untuk bisa melihat banyak keragaman emosi dan keindahan, film memberikan kita peluang untuk bisa melihat hal tersebut bahkan dari rumah.

Tentu tidak semua hal dalam film bisa kita terima mentah-mentah, tapi kreativitas tanpa batas yang berusaha dihadirkan oleh individu-individu yang bergerak dibidangnya juga perlu mendapat dukungan. Terlebih untuk bisa lebih mengenalkan ragam keindahan yang dimiliki Indonesia pada dunia.

Related Articles

Card image
Circle
Kembali Merangkai Sebuah Keluarga

Selama aku tumbuh besar, aku tidak pernah merasa pantas untuk disayang. Mungkin karena aku tidak pernah merasakan kasih sayang hangat dari kedua orang tua saat kecil. Sejauh ingatan yang bisa aku kenang, sosok yang selalu hadir semasa aku kecil hingga remaja adalah Popo dan Kung-Kung.

By Greatmind
24 November 2023
Card image
Circle
Pernah Deep Talk Sama Orang Tua?

Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali lo ngobrol bareng ibu atau bapak? Bukan, bukan hanya sekedar bertanya sudah makan atau belum lalu kemudian selesai, melainkan perbincangan yang lebih mendalam mengenai apa yang sedang lo kerjakan atau usahakan.

By Greatmind x Folkative
26 August 2023
Card image
Circle
Berdaya dan Berkontribusi

Ketertarikanku untuk berbagi mengenai pengalaman dan tips pengembangan diri sebenarnya dimulai ketika aku bekerja di salah satu perusahaan konsultan keuangan di Jakarta. Saat itu, banyak yang bertanya melalui media sosial mengenai kiat untuk bisa bekarir di perusahaan tersebut. Lalu setelahnya, aku juga mulai berbagi mengenai topik pengembangan diri dan karir.

By Lavina Sabila
20 May 2023