Self Health & Wellness

Penuhi Kebutuhan Saat Diet

Yulia Baltschun

@yuliabaltschun

Praktisi Diet & Kebugaran

Salah satu rintangan yang kerap kita rasakan saat ingin menurunkan berat badan adalah menjaga nafsu makan. Tak jarang beberapa orang memaksakan diri menahan rasa lapar hingga memengaruhi aktivitas harian seperti mudah lelah atau jadi lebih sensitif dan meledak karena hal-hal sepele. Sebenarnya poin pertama yang harus kita pahami adalah nafsu makan bukan lah hal yang buruk. Nafsu makan berlebih lah yang harus kita perhatikan. Mengatur atau menstabilkan nafsu makan juga tidak sama dengan menahan nafsu makan. Jika nafsu makan kita sudah stabil, kita tak perlu lagi menahan rasa lapar. Ada berbagai cara yang bisa diterapkan saat ingin mulai mengatur nafsu makan.

Tak jarang beberapa orang memaksakan diri menahan rasa lapar hingga memengaruhi aktivitas harian seperti mudah lelah atau jadi lebih sensitif dan meledak karena hal-hal sepele. Sebenarnya poin pertama yang harus kita pahami adalah nafsu makan bukan lah hal yang buruk. Nafsu makan berlebih lah yang harus kita perhatikan.

Pertama, dengan memenuhi kebutuhan protein dan lemak harian. Dengan asupan gizi yang cukup, metabolisme tubuh kita juga akan lebih optimal. Intinya, protein bisa membantu kita untuk merasa kenyang lebih lama. Terkadang kita terlalu takut untuk makan “lemak”, padahal jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup ternyata bisa turut membantu mengendalikan nafsu makan kita. Tubuh kita membutuhkan beragam nutrisi jadi dangan takut selama dikonsumsi dalam batas wajar.

Kedua, perbanyak konsumsi makanan dengan tekstur yang lebih keras. Mengunyah dengan lebih banyak ternyata dapat memberikan efek yang luar biasa terhadap rasa kenyang. Sistem pencernaan kita dimulai dari mulut sampai ke anus. Jadi, saat kita mengunyah, usus akan memberikan sinyal untuk menekan hormon lapar dan menaikkan hormon kenyang. Pertanyaan selanjutnya, baiknya berapa kali kita harus mengunyah makanan? Untuk daging-dagingan atau kacang-kacangan dengan tekstur yang lebih kenyal idealnya kita mengunyah sebanyak  ± 40 kali kunyahan. Jika kita mengonsumsi makanan yang lebih lembut seperti semangka atau labu kukus, kita cukup mengunyah ± 10-15 kali kunyahan.

Mengunyah dengan lebih banyak ternyata dapat memberikan efek yang luar biasa terhadap rasa kenyang.Jadi, saat kita mengunyah, usus akan memberikan sinyal untuk menekan hormon lapar dan menaikkan hormon kenyang.

Cara ketiga adalah dengan minum air sebelum makan. Usahakan minum sekitar 200-500 mL air mineral 30 menit sebelum makan. Berdasarkan penelitian European Journal of Nutrition, orang yang minum air terlebih dahulu akan makan 22% lebih sedikit. Penelitian yang dilakukan terhadap orang yang obesitas menunjukkan individu yang minum 500 mL air sebelum makan mengalami 44% penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan yang tidak. Tips keempat, perbaiki pola tidurmu. Tidak hanya kuantitas tetapi juga kualitas, seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya.

Tips terakhir adalah dengan menurunkan jumlah lemak perut (visceral fat). Ketika lemak perut kita masih tinggi, tubuh juga akan sulit untuk memiliki hormon yang stabil. Faktanya, memang untuk para pejuang diet yang baru memulai usahanya mungkin cukup kesulitan dalam mengatur nafsu makan karena jumlah lemak perut yang tinggi dan bereaksi dengan hormon dalam tubuh. Kalaupun kamu sudah mencoba cara-cara diatas dan masih belum melihat hasil. Sabar, jika lemak viceral fat dalam tubuhmu berkurang, perlahan-lahan nafsu makanmu akan lebih mudah dikendalikan, kok!. 

Jadi, jangan lagi menahan diri untuk tidak makan seharian, ya! Kamu tidak perlu lagi menderita karena tidak makan atau minum obat-obatan yang belum jelas khasiatnya. Ketika kita ingin mulai menerapkan pola hidup sehat, penting untuk terlebih dahulu mengenali diri kita sendiri. Karea setiap individu unik dan berbeda begitu juga dengan supan gizi yang kita butuhkan dalam sehari.Ingat, diet terbaik adalah diet yang dilandasi pemahaman akan kebutuhan tubuhmu.

Ketika kita ingin mulai menerapkan pola hidup sehat, penting untuk terlebih dahulu mengenali diri kita sendiri. Karea setiap individu unik dan berbeda begitu juga dengan supan gizi yang kita butuhkan dalam sehari.Ingat, diet terbaik adalah diet yang dilandasi pemahaman akan kebutuhan tubuhmu.

Related Articles

Card image
Self
Ekspresi Diri dan Gaya Hidup

Saya juga setuju dengan ungkapan bahwa fashion adalah cara mengekspresikan diri. Kalau saya bertemu dengan orang, kita bisa melihat karakternya dari apa yang ia kenakan. Baju adalah salah satu medium kita bisa melihat dan “menilai” orang. Jadi bisa dikatakan bahwa baju yang kita kenakan sebenarnya bisa menjadi ungkapan bahwa kita ini adalah bagian dari komunitas tertentu. Mungkin komunitas skateboard, band, atau komunitas-komunitas lainnya. Urban Sneaker Society juga berusaha menggabungkan banyak komunitas agar bisa bertemu satu-sama lain.

By Jeffry Jouw
04 December 2021
Card image
Self
Merangkul Kegagalan

Kegagalan tentu bukan hasil yang diharapkan bagi semua orang yang sedang berjuang. Banyak diantara kita yang mungkin tengah atau telah melalui masa sulit, baik karena pandemi maupun karena masalah pribadi. Sayangnya kegagalan bukan hal yang bisa kita hindari. Kegagalan akan selalu hadir sebagai bagian penting dalam proses pembelajaran hidup yang masih akan kita jalani hari ini dan seterusnya.

By Greatmind X Festival Pulih
04 December 2021
Card image
Self
Berjalan Untuk Berubah

Masing-masing manusia punya perjalanan yang berbeda-beda. Katanya, dalam perjalanan itu yang paling penting bukan destinasinya, melainkan proses dan cerita yang terjadi sepanjang perjalanan. Katanya juga, cerita dalam perjalanan lah yang menjadikan siapa kita sekarang ini. Tapi yang pasti, melalui perjalanan kita berubah dan bertumbuh.

By Greatmind x Festival Film 100% Manusia
04 December 2021