Society Science & Tech

Atasi Kelelahan Karena Teknologi

Banyak hal dalam keseharian kita yang dilakukan di depan layar. Kita menggunakan beragam perangkat digital untuk menyederhanakan dan mempersingkat aktivitas harian kita. Mulai dari mencari resep makanan hingga melihat perkiraan cuaca. Teknologi pada akhirnya telah mengubah cara kita memanfaatkan waktu. Maka, perlu diingat bahwa kita harus bisa tetap fokus menetapkan prioritas saat bekerja. Paparan teknologi dan internet yang berlebihan untuk tujuan pekerjaan atau hiburan dapat menyebabkan kelelahan fisik dan emosional. Untuk penggunaannya memang butuh diatur, tujuan pengelolaan penggunaan teknologi dan internet adalah untuk menemukan keseimbangan, mengurangi kelelahan pikiran, dan mewujudkan kesehatan digital bagi diri kita sendiri. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan agar dapat memaanfaatkan teknologi dengan lebih sadar.

 

Mengatur Waktu Kerja dan Istirahat

Sebelum mulai bekerja, coba sempatkan waktu untuk menentukan terget harian yang ingin dicapai, agar lebih mudah untuk fokus dalam mengerjakan tugas tertentu. Jika memungkinkan, coba pisahkan ruang kerja dan ruang istirahat, sehingga saat kita bekerja kita tidak mudah tergiur untuk rebahan setiap 10 menit. Saat jam istirahat, nonaktifkan notifikasi dan letakan laptop di tempat yang tidak terlihat. Tetapkan waktu yang jelas kapan kita akan bekerja dan kapan kita bisa istirahat. Coba pertimbangkan untuk membatasi waktu penggunaan aplikasi atau situs tertentu. 

Jika memungkinkan, coba pisahkan ruang kerja dan ruang istirahat, sehingga saat kita bekerja kita tidak mudah tergiur untuk rebahan setiap 10 menit. 

 

Gunakan Suara Untuk Membantu Melakukan Aktivitas Fisik

Saat bekerja di rumah seringkali kita mendapatkan panggilan video secara beruntun. Ada baiknya memberi jeda di antara rapat virtual untuk mengistirahatkan pikiran. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik per minggu. Kamu bisa mencoba mengaktifkan perintah suara dalam ponsel, seperti Google Assistance, sehingga dapat menjadi pengingat agar kita melakukan aktivitas fisik. Coba lakukan peregangan ringan setiap 2 jam sekali, jangan membiasakan diri duduk di depan meja seharian penuh. Sebesar atau sekecil apa pun itu, aktivitas fisik dapat memberikan manfaat kesehatan yang membantu meningkatkan kesehatan mental dan kualitas tidur.

Saat bekerja di rumah seringkali kita mendapatkan panggilan video secara beruntun. Ada baiknya memberi jeda di antara rapat virtual untuk mengistirahatkan pikiran. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik per minggu

 

Pulihkan Pikiran Untuk Menjaga Fokus dan Energi

Baik di hari kerja maupun akhir pekan, latih tubuh kita untuk tidur dan bangun pada waktu yang teratur untuk membangun ritme sirkadian yang stabil dan meningkatkan kualitas tidur. Kamu juga bisa mencoba "Mode Waktu Tidur" di Android yang akan otomatis mengaktifkan fitur "Jangan Ganggu" dan membuat layar perangkat kita jadi hitam pada waktu yang kita pilih. Coba untuk berhenti menggunakan ponsel mendekati waktu tidur untuk meningkatkan kualitas tidur kita. Paparan cahaya biru dari ponsel dapat berdampak negatif pada siklus tidur alamai karena menunda pelepasan hormon melatonin dan membuat otak terus terjaga.

Meluasnya kehadiran teknologi di kehidupan kita sehari-hari harus digunakan untuk hal yang berguna, memberikan manfaat, dan untuk membantu semua orang mencapai keseimbangan yang sesuai untuk masing-masing individu.

Meluasnya kehadiran teknologi di kehidupan kita sehari-hari harus digunakan untuk hal yang berguna, memberikan manfaat, dan untuk membantu semua orang mencapai keseimbangan yang sesuai untuk masing-masing individu.

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023